Comscore Tracker

5 Alasan Mesti Berhenti Membandingkan Hidup dengan Orang Lain

Hanya akan menghambatmu untuk berkembang

Melihat orang seusiamu sudah meraih sukses lebih dulu, kadang membuatmu minder sendiri. Kamu pun bertanya-tanya, apa yang salah dengan pola hidupmu selama ini. Kok, dia bisa membeli rumah dan mobil di umurnya yang ke-23 tahun, sementara kamu saja masih sibuk kuliah dan belum bekerja. 

Ini, nih, kebiasaan yang bikin kamu down. Karena sibuk membanding-bandingkan pencapaian hidupmu dengan orang lain akan berdampak gak baik bagimu, lho.

Makanya, lebih baik stop dari sekarang. Ini lima alasannya, kenapa kamu gak perlu membandingkan hidupmu dengan orang lain. Simak baik-baik, siapa tahu kamu jadi sadar dan mau berhenti melakukannya. 

1. Setiap orang punya kurang dan lebihnya masing-masing

5 Alasan Mesti Berhenti Membandingkan Hidup dengan Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Percayalah semua orang di dunia ini tak hanya memiliki kelebihan, tapi juga kekurangannya masing-masing. Bahkan, artis papan atas dunia sekalipun pasti punya kelemahan. Hanya saja mereka pintar menutupinya dengan segudang prestasi yang bikin orang lain berdecak kagum.

Nah, kamu tentu memiliki kelebihanmu sendiri. Coba temukan itu dan kembangkan. Tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa meraih sukses seperti mereka. Tentu saja, dengan cara dan jalanmu sendiri, ya. 

2. Apa yang kamu pandang "wah" belum tentu sepenuhnya benar

5 Alasan Mesti Berhenti Membandingkan Hidup dengan Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Mengetahui teman-temanmu sering jalan-jalan ke luar negeri bersama pasangannya, kerap kali membuatmu iri. Kok, dia bisa, ya liburan mewah setiap tahun? Sedangkan kamu mau pulang kampung ke rumah orangtua saja, harus nabung berbulan-bulan. Rasanya dunia ini gak adil banget buatmu. 

Eh, nanti dulu belum tentu, lho, segala kemewahan yang kamu lihat itu benar-benar "wah". Bukannya menuduh macam-macam, ya, tapi gak menutup kemungkinan mereka juga menabung demi bisa liburan di akhir tahun. Kamu kan gak tahu, kalau temanmu itu irit makan dengan bawa bekal ke kantor setiap hari.

Mereka juga menahan diri untuk tidak belanja barang-barang mewah demi bisa mewujudkan liburan impiannya. Segala sesuatu yang kita dapatkan pasti membutuhkan proses dan pengorbanan. Jangan cuma lihat hasilnya saja, dong.

Baca Juga: 5 Cara Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain, Penting!

3. Orang hanya akan melihatmu sebagai sosok yang pesimis

5 Alasan Mesti Berhenti Membandingkan Hidup dengan Orang LainPexels.com/Keira Burton

Tahu gak, sih, kebiasaan ini bisa membuatmu dicap sebagai orang yang pesimis, lho. Sebab sedikit-sedikit kamu suka membandingkan dirimu dengan orang lain. Misalnya ketika kamu kalah dalam pertandingan basket antar sekolah.

Bukannya berkaca diri apa yang kurang. Eh, malah langsung berkata kalau kekalahan ini hal yang wajar. Sebab kemampuanmu juga cuma terbatas. Beda dengan mereka yang punya bakat sejak lahir. Gak perlu latihan keras pun pasti akan menang. Sebal juga, lho, lama-lama orang mendengarnya. Makanya, optimis sedikit, dong! 

4. Pasti ada juga orang yang memandangmu lebih darinya dan ingin berada di posisimu

5 Alasan Mesti Berhenti Membandingkan Hidup dengan Orang LainPexels.com/Tim Douglas

Selama ini kamu terlalu sering melihat ke atas. Mengagumi kesuksesan orang-orang secara berlebihan. Bahkan sampai merendahkan dirimu sendiri dengan terus membandingkan pencapaianmu dan mereka. Sampai kamu lupa untuk sekali-kali melihat ke bawah. Masih banyak, lho orang di luar sana yang hidupnya gak seberuntung kamu. 

Mereka gak punya pekerjaan apalagi tempat tinggal. Sementara meskipun masih rumah sewa, kamu ada tempat berteduh. Setiap bulan masih mendapatkan penghasilan pula.

Sama sepertimu, mereka juga memandang "wah" pada kehidupan yang kamu anggap sederhana ini. Kalau dikasih kesempatan buat tukar nasib denganmu, pasti mereka akan melakukannya dengan senang hati, lho. 

5. Kamu jadi tidak punya waktu untuk mengembangkan diri dan meraih cita-cita

5 Alasan Mesti Berhenti Membandingkan Hidup dengan Orang LainPexels.com/Masha Raymers

Setiap hari sibuk membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain, jangan kaget kalau pada akhirnya kamu jadi kehabisan waktu. Padahal daripada larut dalam kekaguman atas pencapaian mereka, mending kamu gunakan kesempatan yang ada untuk mengembangkan diri. 

Gimana mau berada di level yang sama dengan orang-orang itu, kalau kamu saja tidak percaya pada kemampuan yang dimiliki. Kamu pun bisa sukses, kok, tapi mungkin jalannya saja yang berbeda. Coba, deh, lebih berusaha lagi dan gak melulu berdiri menjadi bayang-bayang mereka.

 

Kagum pada kesuksesan orang lain memang gak ada salahnya. Asalkan itu kamu jadikan sebagai penyemangat dan inspirasi. Bagaimana caranya, kamu bisa meraih pencapaian yang sama tingginya. Makanya, daripada cuma memandang dari kejauhan karena merasa tidak selevel, lebih baik coba mendekat saja.

Cari tahu apa tipsnya, sehingga bisa berhasil seperti sekarang. Percaya, deh, orang yang sudah meraih kesuksesan hidup gak akan pelit ilmu, kok. Gimana, berani mencoba? 

Baca Juga: 5 Cara yang Membantumu Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya