Comscore Tracker

5 Cara Kurang Sopan Membalas Pesan Singkat Teman, Kelihatan Sombong

#IDNTimesLife Meskipun cuma basa-basi tapi tetap ada adabnya

Sekarang ini pasti hampir semua orang punya HP dan kegiatan saling berbalas pesan singkat itu hal yang biasa. Apalagi kondisinya kita masih menghadapi pandemi. Mau hangout bareng teman-teman juga khawatir. Alhasil, demi melepas rindu, berkirim pesan virtual jadi solusinya. Memang tidak ada yang istimewa dengan aktivitas berbalas pesan singkat ini. Tapi kamu tetap harus menjaga adab, lho. 

Meskipun gak langsung bertatap muka, bukan berarti kamu bisa seenaknya. Ditambah lagi, kamu malah sering menggunakan kelima cara kurang sopan ini saat sedang ngobrol via Whatsapp. Ya bukan apa-apa, sih tapi asal kamu tahu saja kalau sikapmu ini bisa membuat teman-temanmu beranggapan kalau kamu, tuh sombong, lho. 

1. Membalas nanti-nanti padahal kamu sendiri tengah online

5 Cara Kurang Sopan Membalas Pesan Singkat Teman, Kelihatan SombongPexels.com/Andrea Piacquadio

Memang gak ada yang mengharuskanmu untuk langsung membalas pesan dari temanmu itu, sih. Ditambah lagi kondisinya kamu sendiri sedang repot karena banyak urusan. Alhasil sampai sore pun belum sempat pegang HP. Beda cerita ketika kamu lagi santai dan seharian hanya berkutat dengan ponselmu.

Masa iya, sih statusnya online terus tapi membalas pesan dari teman saja gak sempat? Wajar, dong kalau temanmu merasa diremehkan dan menilai kamu tuh sombong banget. Belum lagi pesan yang dia kirimkan bersifat mendesak dan harus segera dibalas. 

3. Tahu teman lagi curhat, eh kamu malah gantian cerita tentang masalahmu sendiri

5 Cara Kurang Sopan Membalas Pesan Singkat Teman, Kelihatan SombongPexels.com/mikoto.raw

Curhat lewat pesan singkat memang menyenangkan. Karena terkadang kita jadi lebih lancar mengungkapkan perasaan lewat tulisan, ketimbang ngomong langsung berhadap-hadapan. Ini pula yang sedang dirasakan oleh temanmu. Dia ingin mengungkapkan uneg-unegnya ke kamu dengan harapan mendapatkan perhatianmu. 

Eh, tapi bukannya diberi nasihat atau sekadar masukan, yang dia dapat justru harus balik mendengarkan curhatanmu juga. Ya, kamu malah sibuk menceritakan masalahmu di tengah-tengah temanmu itu lagi butuh dukungan moral. Memang gak ada salahnya curhat juga, tapi gantian, dong. Bukannya main serobot begitu. Apalagi sampai menganggap masalah teman gak seberapa besar dibandingkan persoalanmu sendiri. Parah, sih. 

2. Membalas dengan emoticon atau kata-kata singkat sementara temanmu menulis panjang lebar

5 Cara Kurang Sopan Membalas Pesan Singkat Teman, Kelihatan SombongPexels.com/Tim Douglas

Temanmu lagi bercerita di Whatsapp, maka gak heran kalau isi pesannya rinci dan panjang lebar. Kebetulan kamu lagi malas membaca, apalagi menyimak apa yang dibicarakannya. Makanya, kamu banyak melewatkan poin penting yang dia jabarkan dalam pesannya itu. Mau mengabaikan begitu saja, gak enak juga karena sudah terlanjur dibaca.

Alhasil kamu menyiasatinya dengan mengirimkan emoticon sebagai balasan. Sudah capek-capek ngetik pesan biar kamu paham, eh ternyata timbal baliknya cuma sekadar gambar begitu. Siapa juga yang gak kecewa. Setidaknya berikan sedikit tanggapan. Jangan terang-terangan terlihat tidak peduli seperti ini, ya. 

Baca Juga: 5 Kegiatan Cowok yang Bikin Gak Balas Chat Cewek, Tahan Emosimu!

4. Memposting tangkapan layar percakapan kalian sebagai status tanpa menyuntingnya terlebih dahulu

5 Cara Kurang Sopan Membalas Pesan Singkat Teman, Kelihatan SombongPexels.com/Andrea Piacquadio

Terkadang karena merasa obrolan kalian seru dan ada yang lucu, kamu jadi sengaja menyimpannya dalam tangkapan layar. Kemudian mempostingnya sebagai status biar dilihat banyak orang. Memang tindakan itu gak salah, asalkan kamu sudah izin dulu ke temanmu. Apakah dia berkenan percakapan kalian dibagikan atau tidak. 

Atau paling tidak, sunting dulu bagian-bagian yang kurang layak dipublikasikan. Seperti menutupi nama atau foto lawan bicaramu. Langsung mengunggah begitu saja capture obrolan kalian hanya akan membuat orang lain yang membaca mengira kamu sedang pamer, nih. Entah pamer karena punya teman yang asik diajak ngobrol atau pamer karena kamu bisa kasih masukan yang bijak ke temanmu. Sementara temanmu bakal merasa kalau kamu tipe orang yang suka mengumbar-umbar privasi. 

5. Tidak membalas meskipun pesan itu sudah kamu baca dari tadi

5 Cara Kurang Sopan Membalas Pesan Singkat Teman, Kelihatan SombongPexels.com/Andrea Piacquadio

Ini, nih sikap yang paling gak ada akhlaknya dibanding yang lain. Ya, apalagi kalau bukan sengaja mengabaikan pesan dari teman, padahal jelas-jelas sudah membacanya. Mungkin bagimu pesan itu gak penting dan tidak perlu ditanggapi. Tapi temanmu bisa punya pikiran lain, lho.

Setidaknya berikan balasan yang sesuai meskipun itu gak gercep setelah dia mengirimkannya. Ditambah lagi isi pesannya itu penting, bukan sekadar basa-basi. Mengabaikannya begitu saja hanya akan membuat temanmu beranggapan kalau kamu tuh sombong, lho. 

Berbalas pesan meskipun cuma via daring tetap merupakan bentuk silaturahmi. Makanya diperlukan adab yang baik, supaya hubungan yang tadinya adem ayem tidak berubah jadi musuhan, hanya karena kamu gak bisa menjaga sikap. Jadi, mulai sekarang ada baiknya untuk tidak mengulangi kelima cara kurang sopan tadi, ya. 

Baca Juga: Biar Menyesal, 5 Balas Dendam Bisa Dilakukan ke Dia yang Selingkuh

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya