Comscore Tracker

5 Cara Menyiasati Rasa Bosan karena Rutinitas Sehari-hari

Yuk, semangat lagi!

Rasa bosan itu lumrah terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Tidak memandang usia, jenis kelamin apalagi status sosial. Jadi wajar jika saat ini kamu merasa jenuh dengan aktivitas sehari-harimu.

Tapi, jangan sampai kebosanan itu diabaikan dan pada akhirnya justru mengganggu kewajibanmu, ya. Sebaiknya, ketika kamu dilanda perasaan jenuh harus bangun pagi, sarapan, kerja, ketemu klien, makan siang, meeting, pulang ke rumah, makan malam, tidur dan sebagainya hampir setiap hari, ya siasati, dong.

Bukan dengan lari dari rutinitas begitu saja, namun gunakan kelima cara berikut sebagai solusinya. Niscaya, setelah ini pikiranmu akan lebih segar dan siap kembali berkegiatan seperti biasanya. 

1. Berhenti sejenak dan ambil waktu untuk istirahat

5 Cara Menyiasati Rasa Bosan karena Rutinitas Sehari-hariPexels.com/Polina Zimmerman

Rasa bosan pasti membuatmu susah fokus dan berkonsentrasi. Nah, gak usah dipaksakan untuk langsung lanjut beraktivitas, deh. Sebaliknya, bila memungkinkan ambil waktu istirahat walau sebentar. Syukur-syukur kamu bisa tidur siang barang 30 menit saja.

Istirahat itu penting, lho. Supaya pikiranmu kembali rileks dan tubuh juga menjadi segar. Percuma memaksakan diri berkegiatan, kalau kondisinya lagi gak fit begini. Toh, nanti hasilnya juga gak bakal maksimal, kan. 

2. Ubah jadwal harianmu supaya gak monoton terus setiap hari

5 Cara Menyiasati Rasa Bosan karena Rutinitas Sehari-hariPexels.com/RODNAE Productions

Salah satu penyebab utama timbul rasa bosan adalah rutinitas harian yang itu-itu saja. Hampir setiap hari, kamu mesti melakoni sederet kegiatan yang diulang-ulang. Mulai dari menyiapkan sarapan, membersihkan rumah, sampai menemani anak-anak hingga mereka terlelap. Layak, kalau kamu sampai ke titik jenuh.

Nah, cobalah untuk mengubah kegiatanmu. Bisa dengan menukar waktu atau menghilangkan aktivitas yang dianggap gak perlu. Dengan adanya sedikit perubahan ini, kamu jadi merasa lebih semangat menjalaninya, kan? 

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Perlu Beristirahat dari Rutinitas, Pergilah Berlibur!

3. Beli barang-barang yang selama ini kamu inginkan

5 Cara Menyiasati Rasa Bosan karena Rutinitas Sehari-hariPexels.com/Sam Lion

Ingat, selama ini kamu sudah bekerja keras. Ada saatnya kamu mesti mengusir rasa bosan dengan memberikan penghargaan pada dirimu sendiri. Belilah barang-barang yang selama ini kamu impikan.

Gak masalah, kan, sekali-kali keluar uang lebih banyak? Toh, kamu juga pantas mendapatkannya, kok. Terkadang perasaan jenuh itu muncul karena selama ini kamu hanya banting tulang saja, tapi gak sempat menikmati hasilnya. Nah, sekarang saatnya untuk membahagiakan dirimu sendiri. Enjoy, ya!

4. Perbanyak interaksi dengan teman lama yang sudah jarang kamu temui

5 Cara Menyiasati Rasa Bosan karena Rutinitas Sehari-hariPexels.com/Tim Douglas

Kesepian juga bisa membuatmu merasa bosan, lho. Apalagi setiap hari harus bertemu dengan orang yang sama terus. Ya, bukan berarti kamu menganggap teman satu kantor itu bikin jenuh, ya.

Hanya saja sebagai makhluk sosial, kamu juga ingin berinteraksi dengan orang di luar pekerjaan. Misalnya saja coba hubungi teman lama semasa sekolah dulu. Ajak mereka untuk mengadakan reuni kecil saat akhir pekan nanti.

Supaya setelah bertemu dan ngobrol bersama, kamu gak hanya menawar rasa rindu, tapi juga mendapat pengalaman baru. Pasti mood-mu bakal membaik sendiri, kok. Jadi besok kembali siap menghadapi rutinitas, deh. 

5. Banyak-banyak bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini

5 Cara Menyiasati Rasa Bosan karena Rutinitas Sehari-hariPexels.com/Ava Motive

Terakhir dan gak kalah pentingnya adalah harus selalu bersyukur. Meskipun aktivitas sehari-hari yang kamu kerjakan itu monoton dan suka bikin bosan, tapi kamu termasuk beruntung. Masih diberi kesehatan, teman-teman yang loyal dan juga pekerjaan.

Banyak orang di luar sana yang bersedia menggantikan posisimu sekarang. Makanya, jangan terlalu lama menatap ke atas terus. Sekali-kali lihatlah ke bawah. Syukuri apa yang dimiliki saat ini. Jangan hanya karena jenuh, kamu jadi mengabaikannya, ya. 

 

Meskipun perasaan bosan itu wajar dialami setiap orang, tapi bukan berarti kamu bisa menikmatinya begitu saja. Apalagi sampai membiarkan perasaan jenuh itu mengacaukan aktivitasmu.

Dengan menerapkan kelima cara di atas, semoga kamu bisa berdamai dengan kebosanan dan sukses mengatasinya. Sehingga, tidak ada istilah berlarut-larut dan pada akhirnya tanggung jawabmu jadi keteteran. Pokoknya semangat terus, ya! 

Baca Juga: Ternyata 5 Rutinitas Pagi Ini Bisa Bantu Kamu Semangat Kerja, Setuju?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya