Comscore Tracker

6 Kegiatan Ringan Sembari Menunggu Waktu Berbuka Puasa

#RamadanMasaKini Biar gak tiduran melulu

Ramadan sudah tiba! Akhirnya, seluruh umat muslim di dunia akan kembali menjalankan ibadah puasa. Di minggu pertama Ramadan, tentu kamu masih sering merasa lemas, apalagi pada jam jelang berbuka. Yaitu, antara setelah waktu ashar hingga menjelang magrib. Wajar kok, karena memang di hari-hari pertama tersebut tubuhmu masih menyesuaikan pola makan yang berbeda dari biasanya.

Kalau sudah begitu, bawaannya jadi ngantuk, ya. Enaknya dibuat tidur aja terus, biar bangun tidur udah buka puasa aja. Walaupun, tidur dianjurkan saat berpuasa, dan bisa memperolah pahala, tapi jangan terus jadi kebiasaan ya. Daripada tiduran melulu selama sebulan, mending lakukan kegiatan-kegiatan ringan yang lebih bermanfaat, selagi menunggu azan magrib berkumandang.

Misalnya, seperti mengerjakan enam kegiatan berikut. Dijamin deh, waktu ngabuburitmu jadi lebih berfaedah.

1. Olahraga ringan

6 Kegiatan Ringan Sembari Menunggu Waktu Berbuka PuasaUnsplash/Tegan Mierle

Banyak orang berpendapat, saat sedang berpuasa pantang untuk melakukan olahraga. Karena itu bisa menyebabkan badan jadi lemas dan mudah haus. Maka takutnya akan menyebabkan puasa menjadi batal, karena keinginan untuk minum yang sangat kuat. Sebenarnya gak juga, kok. Sah-sah saja kamu melakukan olahraga saat berpuasa, asalkan dengan porsi yang tepat dan gak begitu menguras tenaga.

Baiknya, lakukan olahraga yang ringan-ringan seperti jalan-jalan di treadmill, atau keliling komplek satu kali putaran. Kerjakan itu di saat jelang buka puasa, ya. Misalnya pada jam 4 atau 5 sore. Biar setelah olahraga, kamu gak perlu tunggu waktu yang lama untuk minum dan mengisi kembali cairan tubuh yang hilang tadi.

2. Memasak

6 Kegiatan Ringan Sembari Menunggu Waktu Berbuka PuasaUnsplash/Kristina Tripkovic

Walaupun lagi puasa, gak ada salahnya juga dong bantu-bantu ibu di dapur. Memasak gak akan membuat puasamu batal kok, selama gak mencicipi masakannya, ya. Mengolah makanan menjelang jam berbuka juga akan membantumu menghabiskan waktu. Tapi awas hati-hati tergoda, ya karena banyak makanan enak tersaji di depan mata, malah bikin kamu makin lapar dan gak sabar buat mencicipinya, deh.

Baca Juga: 7 Channel YouTube Islami Penuh Ilmu untuk Isi Waktu Ngabuburit

3. Jualan takjil

6 Kegiatan Ringan Sembari Menunggu Waktu Berbuka PuasaUnsplash/Hello I'm Nik

Saat Ramadan, banyak peluang bisnis musiman yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah dengan menjual takjil, alias makanan atau minuman manis yang biasa diburu orang untuk menu pembatal puasa nanti.

Tak perlu repot-repot sewa tempat kok, kamu bisa membuka lapak di depan rumah. Bikin takjil yang sekiranya paling laris dicari orang. Contohnya, kolak pisang, biji salak, es buah, atau makanan ringan seperti kroket dan risol mayo. Lumayan kan, bisa nambah uang jajan.

4. Ikut workshop

6 Kegiatan Ringan Sembari Menunggu Waktu Berbuka PuasaUnsplash/arief santoso

Kala bulan Ramadan, biasanya banyak digelar aneka workshop. Sebut saja, workshop tentang industri kreatif, kerajinan tangan, menulis dan sebagainya. Kamu tinggal pilih sesuai minat dan bidang yang ingin dipelajari. Dengan mengikuti workshop atau kelas kreatif, kamu bisa menambah teman, kolega bahkan mendapatkan inspirasi untuk mulai membuka usaha. Worth it banget, kan.

5. Window shopping

6 Kegiatan Ringan Sembari Menunggu Waktu Berbuka PuasaUnsplash/Gyorgy Bakos

Lagi puasa, ditambah cuaca sedang panas-panasnya, paling enak memang ngadem di mall, iya kan. Tapi kalau ke mall, nanti ujung-ujungnya jadi lapar mata dan belanja. Tenang, gak perlu harus keluar uang banyak buat shopping kok. Kamu bisa tetap ngadem di mall, sembari melakukan window shopping, alias lihat-lihat doang dari satu toko ke toko yang lain. Gak masalah dong, siapa tahu kan ada barang bagus yang kamu cari. Tinggal lain hari, kalau uangnya udah cukup balik lagi deh buat bawa pulang barang idaman tersebut.

Sedikit saran, ketika akan berniat window shopping ke mall. Bawa uang cash secukupnya, dan tinggalkan kartu kredit atau debit di rumah, ya.

6. Maraton film

6 Kegiatan Ringan Sembari Menunggu Waktu Berbuka PuasaUnsplash/Victoria Heath

The last but not least, adalah maraton film. Siapa sih, yang gak suka nonton film, apalagi kalau kamu termasuk penggila drama Korea, tentu banyak waiting list judul-judul K-drama yang ngantri buat ditonton. Daripada bingung di rumah aja selama puasa, mending habiskan sore dengan bersantai sambil nonton film favorit di kamar. Dijamin waktu gak bakal kerasa, dan tahu-tahu udah waktunya buka aja.

Jadi dari keenam kegiatan ringan barusan, mana nih yang paling menarik dilakukan saat ngabuburit besok?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You