Comscore Tracker

Punya Beragam Manfaat, Ini 5 Keistimewaan Bangun Tidur Sebelum Subuh

Kamu wajib cobain, nih bair gak bangun kesiangan terus!

Bangun tidur lebih baik dilakukan sebelum subuh atau sekitar jam 4 pagi karena akan memberi segudang manfaat untukmu. Salah satu di antaranya adalah membuat tubuhmu semakin bugar. Namun, ternyata bangun sebelum subuh juga memiliki sederet keistimewaan yang gak kalah menguntungkannya.

Bukan saja menguntungkan untuk diri sendiri tapi juga kesehatan kita, lho. Penasaran apa saja, sih keistimewaan bangun tidur sebelum subuh? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Punya waktu lebih untuk berolahraga

Punya Beragam Manfaat, Ini 5 Keistimewaan Bangun Tidur Sebelum SubuhUnsplash.com/Free To Use Sounds

Dengan bangun lebih awal kamu akan jadi punya banyak waktu untuk berolahraga. Apabila di sore hari kamu terlalu lelah karena segudang aktivitas dan tak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga, maka inilah waktu yang tepat.

Gak harus olahraga berat, kok olahraga seperti jogging, stretching, workout sederhana, yoga atau bahkan sekadar jalan kaki bisa kamu lakukan. Di samping itu udara subuh yang segar akan semakin membuatmu semangat dalam berolahraga.

2. Lebih mudah untuk berkonsentrasi

Punya Beragam Manfaat, Ini 5 Keistimewaan Bangun Tidur Sebelum SubuhUnsplash.com/THE 5TH

Saat bangun kesiangan gak hanya tubuh tapi pikiran kita juga akan mengalami keterkejutan dan dipaksa untuk menjalani segudang aktivitas. Pikiran kita hanya terfokus pada satu hal yakni bagaimana caranya agar gak terlambat.

Namun lain halnya bila kita bangun lebih awal atau sebelum subuh kita akan lebih siap untuk menjalani aktivitas dan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Karena sebelumnya kita telah mempersiapkan apa-apa saja yang akan kita lakukan ke depan. Jadi, semua urusan kita lebih tertata dan pikiran kita jauh lebih fokus dalam berkonsentrasi.                                                                                          

Baca Juga: 5 Cara agar Tubuh Lebih Berenergi saat Bangun Tidur

3. Meningkatkan kualitas tidur

Punya Beragam Manfaat, Ini 5 Keistimewaan Bangun Tidur Sebelum SubuhPexels.com/cottonbro

Siklus biologis tidur kita  jauh akan berjalan dengan baik jika kita terbiasa bangun pagi. Dengan kata lain, kita memiliki jam tidur yang baik serta teratur. Secara tidak langsung hal ini menyebabkan tidur kita menjadi jauh lebih berkualitas jika dibanding dengan mereka yang terbiasa bangun siang. Bila kamu belum terbiasa bangun sebelum subuh mulai coba, yuk agar secara tidak langsung membantumu meningkatkan kualitas tidur.

4. Lebih produktif

Punya Beragam Manfaat, Ini 5 Keistimewaan Bangun Tidur Sebelum SubuhUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Bangun sebelum subuh juga dapat meningkatkan produktivitas kita untuk menjalani hari-hari, lho. Badan serta pikiran kita akan terasa lebih segar dan jauh dari rasa mengantuk.  Dengan begitu kita akan jauh lebih produktif. Lain halnya jika kita bangun kesiangan, badan akan terasa lebih lelah.

Gak hanya itu kita juga akan diburu waktu supaya gak terlambat dalam beraktivitas entah itu bekerja, kuliah, atau sekolah. Selain itu keputusan yang kita ambil di pagi hari akan sangat berpengaruh pada beraneka macam aktivitas selama seharian. Untuk itulah banyak yang memilih untuk bangun sebelum subuh.

5. Jauh dari berbagai macam penyakit

Punya Beragam Manfaat, Ini 5 Keistimewaan Bangun Tidur Sebelum SubuhUnsplash.com/Engin Akyurt

Sudah bukan rahasia lagi, ya jika kekurangan jam tidur akan menyebabkan tubuh kita rentan terkena beragam penyakit. Oleh karenanya bangun sebelum subuh, wajib dicoba agar terhindar dari berbagai macam penyakit ini. Pasalnya kita akan jauh lebih aktif dan sehat jika dibanding mereka yang susah bangun pagi. Jadi, bagaimana apakah kamu ingin mulai mencoba untuk bangun sebelum subuh?

Demikian tadi, sederet keistimewaan bangun sebelum subuh. Gak ada salahnya, kan guys dicoba lagi pula ada banyak sekali manfaatnya. Semoga berhasil, ya.

Baca Juga: Lebih Disiplin, Ini 5 Tips Jitu agar Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarm

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya