Comscore Tracker

Tingkatkan Self-Esteem Melalui 5 Hal Ini, Hempaskan Mindermu!

#IDNTimesLife Stop membandingkan dirimu dengan orang lain

Self-esteem atau harga diri yang rendah bisa menyebabkan rasa minder atau kurang percaya diri. Perasaan ini perlu dikendalikan agar tidak menimbulkan efek negatif.

Ketika merasa minder, tekankan bahwa dirimu juga berharga. Tak seharusnya kamu terpaku pada hal-hal negatif dan terus menyalahkan diri sendiri. Self-esteem dapat ditingkatkan dengan melakukan beberapa hal di bawah ini. Simak, ya!

1. Lakukan self talk yang positif

Tingkatkan Self-Esteem Melalui 5 Hal Ini, Hempaskan Mindermu!ilustrasi self-talk (Pexels.com/ Jessica Ticozzelli)

Jangan salah, melakukan self talk atau berbicara dengan diri sendiri bukan hal yang aneh, asal kamu tidak melakukannya di sembarang tempat. Kegiatan ini justru akan membuat kamu lebih paham cara menghargai diri sendiri, yang tentu ada korelasinya dengan self-esteem.

Melakukan self talk sama halnya dengan berdiskusi, kamu mengajukan pertanyaan sedangkan dirimu juga yang memberikan solusi. Maka, buang kata-kata negatif seperti 'aku gak mungkin bisa seperti dia' ganti dengan pertanyaan 'apa usaha yang perlu aku lakukan untuk mengoptimalkan kemampuanku?'

2. Miliki target dan harapan yang bersifat realistis

Tingkatkan Self-Esteem Melalui 5 Hal Ini, Hempaskan Mindermu!ilustrasi pria menulis (Pexels.com/ Armin Rimoldi)

Galau melihat pencapaian orang lain atau terus memikirkan kegagalan di masa lalu tidak akan mengubah apapun, kamu harus memiliki target sendiri. Hal ini juga bisa membuat self-esteem meningkat. Gak perlu muluk-muluk asal realistis. Contoh sederhananya, tahun ini kamu berupaya untuk lebih berhemat dan menabung, tujuanya untuk modal membangun usaha di tahun depan.

Target yang gak realistis yaitu ketika kamu mau membangun usaha, belum juga dirintis tapi kamu mentargetkan penghasilan puluhan juta. Semua itu butuh proses, tidak langsung begitu saja didapatkan. Ada masaknya kamu harus jatuh, bangun, dan jatuh lagi kemudian sukses. 

3. Dirimu juga butuh perhatian, sediakan waktu untuk diri sendiri

Tingkatkan Self-Esteem Melalui 5 Hal Ini, Hempaskan Mindermu!ilustrasi me tim (Pexels.com/ Anastasia Shuraeva)

Tak ada yang lebih penting kecuali memikirkan dirimu sendiri. Kesehatan fisik dan mental kamu harus dijaga dengan baik, maka sediakan waktu untuk me time, ya. Ini adalah hal yang paling kamu butuhkan untuk meningkatkan self-esteem. Kamu bisa menjalani hobi, olahraga, liburan, atau meditasi untuk menyegarkan pikiran serta mood kamu.

Baca Juga: Rendahnya Self Esteem, 5 Zodiak yang Gampang Minder dan Insecure 

4. Jangan selalu membandingkan dirimu dengan orang lain 

Tingkatkan Self-Esteem Melalui 5 Hal Ini, Hempaskan Mindermu!ilustrasi di kerumunan (Pexels.com/ Matheus Bertelli)

Kamu tak akan pernah cukup jika terbiasa membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Belajar saja untuk fokus pada apa yang ingin kamu raih, ya. Sejatinya, bagaimana kamu memandang orang lain, baik itu penampilan, pencapaian, gaya hidup, atau prestasi, tidak selalu akurat apabila hanya dilihat dari satu sisi atau melalui media sosial saja.

Ketika kamu terlalu ngotot untuk mengikuti standar orang lain yang kamu lihat, hal ini justru bisa membuat kamu kecewa dan cenderung melakukan usaha yang menyakiti diri sendiri.

Jangan menuntut dirimu untuk 'harus' menjadi seperti yang kamu bayangkan. Jadi versi terbaik dirimu sendiri dan hargai setiap hal-hal kecil, maka kamu akan lebih percaya diri.

5. Kenali kelebihan dan kekurangan diri

Tingkatkan Self-Esteem Melalui 5 Hal Ini, Hempaskan Mindermu!ilustrasi perempuan melukis (Pexels.com/ Andrea Piaqcuadio)

Seringkali, orang-orang merasa kurang berharga karena menuntut melakukan sesuatu dengan sempurna. Sehingga ketika gagal terpuruk, mereka menyalahkan diri sendiri.

Alangkah baiknya, kamu mengenal lebih dekat apa kekurangan dan kelebihan kamu. Kekurangan bukanlah sesuatu yang memalukan, malah, ketika kamu tahu kekuranganmu maka kamu bisa segera mengatasinya. Kalau sudah bisa mengatasi, self-esteem akan meningkat seiring berjalannya waktu, kok.

Self-esteem bisa meningkat apabila kamu tahu kelebihan dan kekuranganmu. Cari tahu apa saja kemampuan yang selama ini kamu miliki, gali dan asah kemampuan itu

Lalu apa yang menjadi kekuranganmu, apakah terlalu malas, suka menunda-nunda, takut mengambil resiko, pemalu, atau keras kepala. Terima hal tersebut dan ubah agar menjadi lebih baik. Semangat!

Baca Juga: 5 Manfaat Berani Mengakui Masa Lalu yang Kurang Baik, Jangan Minder!

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Just a beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya