Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dilakukan ketika Ingin Menyerah, Terapkan!

Meskipun wajar, namun jangan pernah berputus asa, ya!

Setiap orang rasanya pasti pernah berpikir untuk menyerah, bukan? Bahkan, pikiran seperti itu sebenarnya sudah ada sejak dini. Misalnya, saat mengerjakan tugas sekolah yang sulit. Sebelum cari solusi, kita pernah berpikir ingin menyerah begitu saja.

Memang, menyelesaikan atau memperjuangkan hal yang sulit itu melelahkan. Meskipun demikian, kalau kita mau berusaha pasti ada jalan keluarnya. Meskipun memang gak mudah, kita bisa, kok, pelan-pelan memahami penyebab dan cari solusi yang tepat.

Lantas apa saja yang perlu dilakukan ketika kita ingin menyerah? Simak daftar nasihat berikut ini sebagai bahan renunganmu, ya!

1. Mengenali diri dan perasaan dengan lebih baik

5 Hal yang Perlu Dilakukan ketika Ingin Menyerah, Terapkan!ilustrasi wanita refleksi diri (unsplash.com/michael austin)

Sering kali kita berpikir bahwa perasaan ingin menyerah disebabkan karena pengaruh dari luar. Misalnya, karena pekerjaan yang terlalu berat. Padahal, pikiran ini juga bisa timbul karena kita kurang mengenali diri sendiri. Seperti belum tahu betul hal yang disukai, tidak disukai, atau arah hidup yang sesuai dengan diri sendiri.

Misalnya, kamu masih bingung akan skill atau bidang pekerjaan tertentu yang sesuai dengan kemampuan. Akibatnya, ketika ada sesuatu yang menyulitkan, kita jadi gampang menyerah. Maka dari itu agar tidak gampang menyerah, pertama cobalah untuk mengenali diri sendiri.

Dengan cara seperti itu, kemungkinan kamu akan lebih paham tentang batasan, hal-hal yang perlu diperjuangkan, dan sebagainya. Namun, kalau kamu masih merasa bingung untuk mengenali diri sendiri, bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Misalnya dengan belajar skill baru, minta feedback dari orang lain, mengenali sisi emosional pada diri, dsb.

2. Mencari tahu penyebab ingin menyerah

5 Hal yang Perlu Dilakukan ketika Ingin Menyerah, Terapkan!ilustrasi dua pria berdiri (unsplash.com/cansadiking fuddin)

Masih mengacu pada poin sebelumnya, ada beberapa hal yang membuat kita ingin menyerah. Bukan hanya karena hambatan yang sudah diketahui, namun juga bisa terjadi karena hal-hal yang belum disadari. Nah, mencari tahu penyebab ingin menyerah ini penting dilakukan.

Misalnya, ternyata kamu jadi ingin menyerah karena sering mendapatkan komentar negatif dari orang lain. Meskipun komentar negatif ini bisa jadi pelajaran, namun dalam jangka panjang ini bisa berpengaruh buruk. Maka dari itu dengan menyadari penyebab ini, maka juga akan membantu kamu untuk mencari solusi.

Misalnya, saat merasa hilang semangat karena komentar negatif tadi. Kamu bisa mengalihkan pikiran tersebut dengan tidak terlalu banyak peduli. Namun, memanfaatkan waktu untuk lebih banyak belajar, atau mengevaluasi kesalahan

3. Mengingat pengalaman positif

5 Hal yang Perlu Dilakukan ketika Ingin Menyerah, Terapkan!ilustrasi wanita berpikir positif (unsplash.com/tim mossholder)

Pengalaman negatif sering kali menjadi faktor utama yang membuat kita ingin menyerah. Entah itu kegagalan, harapan yang gak sesuai ekspektasi, dsb. Namun di samping hal tersebut, tentunya kamu memiliki pengalaman positif yang bisa dijadikan semangat, kan.

Misalnya saat kita ingin jadi seorang penulis. Gak jarang kita juga akan mendapatkan kritikan atau penolakan, yang sering kali memicu perasaan patah semangat. Namun di sisi lain, pastinya kamu juga punya pengalaman baik yang perlu dijadikan motivasi.

Misalnya, ketika tulisan kamu ternyata memberikan pengaruh positif bagi orang lain, wawasan kamu jadi bertambah, dsb. Bukankah mengingat hal tersebut membuat perasaan kamu lebih tentram? Maka dari itu ketika ingin menyerah, ingat-ingat kembali pengalaman positif tersebut, ya.

Baca Juga: 5 Masalah yang Kamu Alami Saat Melakoni Hidup Tanpa Prinsip

4. Mengingat tujuan awal dan mencoba lagi 

5 Hal yang Perlu Dilakukan ketika Ingin Menyerah, Terapkan!ilustrasi wanita merenung (unsplash.com/sean Kong)

Setiap orang pasti memiliki tujuan awal saat akan mencoba sesuatu. Bahkan, orang yang awalnya ikut-ikutan pun pastinya memiliki tujuan yang hendak dicapai. Entah karena ingin mendapatkan kesuksesan, ingin berdampak bagi orang lain, atau bahkan mendapatkan popularitas, misalnya.

Nah, mencari tahu dan mengingat tujuan kamu sedari awal ini penting dilakukan. Sebab, ini bukan berarti berlebihan. Namun, tujuan justru bermanfaat untuk menambah motivasi kembali saat kamu ingin menyerah.

Jadi, carilah tujuan yang positif untuk meningkatkan motivasi tersebut. Kalau perlu bukan hanya motivasi saja, namun cari juga inspirasi. Mungkin dari buku-buku, atau tokoh inspiratif tertentu. Meskipun sederhana, ini akan mengingkatkan semangat dalam jangka panjang.

5. Ingat juga orang-orang tersayang dalam hidupmu

5 Hal yang Perlu Dilakukan ketika Ingin Menyerah, Terapkan!ilustrasi ayah dan anak (unsplash.com/nathan dumlao)

Mari akui bersama, bertahan di situasi yang sulit memang melelahkan. Terkadang, menyerah memang menjadi pilihan terakhir yang perlu dilakukan. Sebab gak selalu buruk, menyerah justru membuat kita gak buang-buang sumber daya dan juga menghindari stres.

Misalnya, kamu mencoba bertahan menjalani pekerjaan yang tidak memungkinkan kamu untuk berkembang. Semakin dipaksakan, justru akan membuat kamu merasa stres atau bahkan depresi. Maka dari itu dengan berhenti, kamu bisa fokus ke hal lain yang lebih bermanfaat.

Namun kalau apa yang diusahakan masih bisa diperjuangkan, cobalah untuk tidak cepat menyerah, ya. Kalau sulit, kamu bisa mengingat orang tersayang. Entah itu orangtua, pasangan, sahabat, kakak, adik, dan sebagainya. Sebab, kalau kamu menyerah pasti mereka juga akan sedih, bukan?

Sekali lagi, ingin menyerah merupakan kondisi yang manusiawi dan bahkan pernah dialami sebagian besar orang. Jika kamu pernah mengalami situasi tersebut, jangan terburu-buru menyalahkan diri dan berputus asa. Namun, jadikan semua kejadian tersebut sebagai pengalaman untuk berjuang lebih baik lagi kedepannya, ya.

Baca Juga: Butuh Ketekunan, 5 Profesi Ini Gak Cocok Kalau Kamu Gampang Menyerah

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya