Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Didapat Jika Kita Mampu Jadi Pendengar yang Baik

Perbanyaklah mendengar daripada bicara

Sebagai makhluk sosial, kita tentu sering berinteraksi dengan orang lain. Nah, dalam kegiatan berinteraksi ini terkadang kita punya kesempatan untuk bicara dan juga mendengar. Sayangnya, kebanyakan orang lebih suka ikut terlibat dalam percakapan sebagai orang yang berbicara dan berbagi cerita. 

Padahal menjadi seorang pendengar tidak hanya soal duduk diam dan mendengarkan kemudian memberi komentar jika diminta. Tidak hanya sebatas itu, menjadi pendengar adalah sebuah seni yang jarang dimiliki orang lain.

Menjadi pendengar yang baik juga akan membuat kamu mendapatkan lima keuntungan berikut nih.

1. Menghargai dan dihargai orang lain

5 Keuntungan yang Didapat Jika Kita Mampu Jadi Pendengar yang Baikunsplash/Kylie Haulk

Banyak orang yang lupa bahwa untuk menjadi pembicara yang baik dan dihargai orang lain, kunci utamanya adalah menjadi pendengar yang mampu menghargai siapapun yang berinteraksi dengannya. 

Ketika kita terbiasa mendengarkan dengan cermat lawan bicara kita, maka orang lain pasti akan merasa dihargai. Kemudian, jangan kaget kalau kamu juga menjadi lebih dihargai ketika ada kesempatan untuk berbicara. 

2. Lebih mudah menemukan solusi dari setiap permasalahan

5 Keuntungan yang Didapat Jika Kita Mampu Jadi Pendengar yang Baikspeakup-usa.com

Membiasakan diri menjadi pendengar yang baik adalah langkah awal untuk lebih mudah menemukan solusi. Sebagai contoh, saat kita dijadikan tempat curhat oleh sahabat kita, ketika kita menyimak ceritanya dengan sungguh-sungguh, pasti lebih mudah bagi kita untuk memberi saran dan masukan tentang apa yang harus dia lakukan dalam memecahkan masalahnya saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Agar Kamu Menjadi Pendengar yang Baik

3. Gak gampang menyalahkan orang lain

5 Keuntungan yang Didapat Jika Kita Mampu Jadi Pendengar yang Baikunsplash/You X Ventures

Orang yang memiliki kemampuan menjadi pendengar yang baik terbiasa menempatkan dirinya di posisi netral. Hal inilah yang kemudian menjadikannya tidak mudah menyalahkan dan men-judge orang hanya berdasarkan satu sudut pandang cerita saja. Dia selalu mau memperhatikan dengan detail dan juga lebih mau membuka diri terhadap cerita dari sudut pandang yang lain.

4. Lebih mudah disukai orang

5 Keuntungan yang Didapat Jika Kita Mampu Jadi Pendengar yang Baikunsplash/Austin Distel

Siapapun pasti senang berteman dan dekat dengan mereka yang mampu menempatkan diri sebagai pendengar yang baik. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan dari kita senang sekali berbicara dan menceritakan kisah hidup kita pada orang lain. Makanya, menemukan seorang pendengar setia yang tahu kapan harus memberi komentar sangatlah langka dan pasti akan disenangi banyak orang.

5. Membuka wawasan dan pengetahuan serta menambah pengalaman

5 Keuntungan yang Didapat Jika Kita Mampu Jadi Pendengar yang Baikunsplash/Evangeline Shaw

Mendengar adalah suatu kegiatan yang akan membuat wawasan kita terbuka dan pengetahuan kita akan bertambah. Melalui cerita orang lain kita akan bisa mengalami sesuatu secara tidak langsung. Sehingga, kita gak perlu mengalami hal yang tidak menyenangkan secara langsung namun kita sudah bisa mengambil pelajaran dari kejadian tersebut melalui cerita orang lain.

Banyak mendengar juga akan menambah pengetahuan kita terhadap banyak hal. Karena memang gak semua hal bisa ada di buku bacaan ataupun di internet.

Banyak banget kan keuntungan menjadi pendengar yang baik? Maka, biasakan dari sekarang yuk!

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Lebih Suka Jadi Pendengar, Gak Suka Banyak Omong

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya