Comscore Tracker

5 Cara Efektif Hilangkan Rasa Malas dan Keinginan untuk Terus Rebahan

Saatnya kembali produktif, lawan rasa malas dengan cara ini

Pandemi yang menyerang dunia sejak 3 tahun yang lalu membuat kebanyakan dari kita terpaksa harus melakukan berbagai kegiatan dari rumah. Gak bisa dimungkiri, hal ini kemudian mendatangkan kebiasaan baru yang jadi melekat dalam diri kita yaitu rebahan dan malas bergerak bahkan untuk sekedar keluar rumah. 

Lambat laun, kebiasaan ini jelas membuat kita lebih suka bermalas-malasan dan beberapa pekerjaan jadi terbengkalai. Kini, berbagai cara sudah dicoba untuk mengatasi pandemi yang kemarin sempat membatasi pergerakan kita. Saatnya kembali produktif dan melangkah maju, yuk hentikan kebiasaan malas dan keinginan untuk terus rebahan dengan lima cara efektif berikut ini. 

1. Paksa dirimu, lama-lama akan terbiasa dengan sendirinya

5 Cara Efektif Hilangkan Rasa Malas dan Keinginan untuk Terus Rebahanilustrasi orang pusing bekerja (Pexels.com/Yan Krukov)

Langkah awal yang harus dilakukan demi bisa berhenti malas adalah dengan memaksakan diri. Gak ada yang bisa membuat kita terbiasa bergerak dan kembali produktif jika bukan keinginan dari diri kita sendiri. Itulah kenapa kita harus tega dan tegas pada diri agar mau melangkah maju. 

Tanpa paksaan, kita gak akan berubah menjadi lebih baik. Tanpa memaksakan diri untuk memulai kebiasaan baik, gak akan ada perubahan yang berarti dalam diri kita. Paksa dan lama-lama kita pun akan terbiasa. 

2. Susun rencana dan target harian, mingguan, hingga tahunan

5 Cara Efektif Hilangkan Rasa Malas dan Keinginan untuk Terus Rebahanilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Miliki rencana dan target yang jelas agar apa yang kita lakukan setiap harinya bisa terpantau dan memiliki arah. Target harian harus berisi soal seberapa banyak pekerjaan yang harus kamu lakukan dan selesaikan hari ini, begitupun mingguan, bulanan, hingga tahunan. Target yang jelas membuat kita lebih punya gambaran. 

Perencanaan yang matang soal pekerjaan yang dilakukan juga membuat kita lebih tau soal skala prioritas. Dampak positifnya, kita jadi bisa menghalau rasa malas yang sebelumnya menggelayut di pikiran. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Adalah si Prokrastinasi, Tukang Nunda Pekerjaan 

3. Berikan self-reward demi bisa terus semangat

5 Cara Efektif Hilangkan Rasa Malas dan Keinginan untuk Terus Rebahanilustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Meski self-reward dipandang sebagai sebuah pemborosan yang gak perlu, nyatanya ini bisa memberi motivasi pada kita, lho. Ketika berhasil melakukan sesuatu atau mencapai target yang sudah ditetapkan, gak ada salahnya untuk mengapresiasi diri kita dengan self-reward. Gak perlu mahal atau bersifat boros, makan makanan enak atau sekadar beberapa menit berjalan di taman menghirup udara bersih juga sudah termasuk self-reward, lho. 

Menghargai kerja keras yang kita lakukan bisa membangkitkan keinginan kita untuk terus bekerja dengan lebih optimal. Gak ada salahnya kan memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Sebab, kalau bukan diri kita yang melakukan hal itu memangnya mau berharap pada siapa? 

4. Berteman dengan orang-orang yang juga rajin dan produktif serta positif

5 Cara Efektif Hilangkan Rasa Malas dan Keinginan untuk Terus Rebahanilustrasi orang berteman (Pexels.com/ELEVATE)

Teman sangat memberi pengaruh dalam hidup kita. Cara mereka berpikir dan memandang hidup ini bisa secara otomatis kita adaptasi. Mungkin, itu karena kita sering bertukar pikiran dan membicarakan berbagai hal dengannya. Jadi, ketika punya teman yang malas maka kita pun akan sangat mungkin ikut-ikutan malas. Pun sebaliknya. 

Itu kenapa penting banget untuk menyeleksi orang yang kita jadikan teman. Bertemanlah dengan mereka yang rajin, produktif, juga memiliki pikiran yang positif agar ke depannya kita juga bisa jadi seperti mereka. 

5. Membaca buku dan mengikuti akun-akun motivasi

5 Cara Efektif Hilangkan Rasa Malas dan Keinginan untuk Terus Rebahanilustrasi membaca di gadget (Pexels.com/picjumbo.com)

Apa yang kita serap dan masukkan ke dalam otak melalui berbagai hal yang didengar dan dilihat juga bisa mempengaruhi tindakan dan cara kita dalam mengambil keputusan. Rasa malas dan keinginan untuk terus rebahan akan bisa kita kurangi ketika kita membuka gadget dan melihat berbagai kalimat motivasi.

Makanya, perlu juga untuk mengikuti berbagai akun motivasi di setiap media sosial yang kamu punya. Minimal, hal ini bisa memberi percikan pencerahan yang mungkin sulit kamu dapat dari orang di sekitarmu. Atau, ini juga bisa jadi sedikit pengingat yang membuatmu lebih bersemangat. 

Terkadang, kita memang gampang sekali merasa lelah dan ingin bermalas-malasan. Namun, jangan selalu mengikuti keinginan yang satu ini. Ada kalanya kita harus memaksakan diri dan melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik.

Sudah produktif belum hari ini? 

Baca Juga: Sering Prokrastinasi, 6 Zodiak Ini Hobi Banget Menunda Pekerjaan 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya