Comscore Tracker

5 Cara Mengapresiasi Diri Sendiri yang Harus Kamu Coba dari Sekarang!

#IDNTimesLife Bikin tambah semangat, lho!

Ketika orang lain melakukan sesuatu yang menakjubkan atau luar biasa menurut kita, maka mudah sekali untuk melontarkan sebuah pujian pada orang tersebut. Terutama jika mereka adalah orang terdekat kita yang kita sayangi. Namun, kita sering lupa pada satu orang yang paling dekat dengan kita yaitu diri kita sendiri. Seberapa sering kamu memuji dan mengapresiasi dirimu sejauh ini?

Padahal, satu-satunya orang yang paling bisa diandalkan dalam segala situasi adalah diri kita sendiri. Selain itu, orang yang paling kita butuhkan dalam segala kondisi juga diri kita sendiri. Tentunya penyemangat yang paling hebat untuk kita adalah diri kita juga. Coba deh 5 cara berikut untuk mengapresiasi dirimu. Dijamin, bikin tambah semangat menjalani hari.

1. Berterima kasih dan minta maaflah pada diri sendiri secara rutin

5 Cara Mengapresiasi Diri Sendiri yang Harus Kamu Coba dari Sekarang!pexels.com/Pixabay

Cara pertama yang paling sederhana namun juga paling sering dilupakan orang lain adalah mengucapkan terima kash dan meminta maaf pada diri sendiri. Sudah begitu banyak hal yang kita lalui, baik suka maupun duka, susah maupun senang.

Semuanya harus bisa kita apresiasi dengan cara berterima kasih kepada diri ini karena sudah mau melalui semuanya bersama-sama. Minta maaf juga berguna agar kita bisa menghargai setiap momen berat dengan jiwa yang gak patah semangat.

2. Kurangi kebiasaan menyesal dan merutuki diri sendiri

5 Cara Mengapresiasi Diri Sendiri yang Harus Kamu Coba dari Sekarang!pexels.com/Bruce mars

Agar bisa mengapresiasi diri sendiri, pastinya kita harus mengurangi atau bahkan jika bisa, menghentikan kebiasaan merutuk. Menyesali dan merutuki semua yang sudah terjadi hanya akan membuat diri kita merasa bersalah dan semakin kehilangan semangat. Gak cuma itu aja, kita pun jadi enggan berusaha maksimal dalam melakukan apa pun.

3. Bahagiakan dirimu dengan menikmati makanan yang sehat dan istirahat yang cukup

5 Cara Mengapresiasi Diri Sendiri yang Harus Kamu Coba dari Sekarang!pexels.com/Andrea Piacquadio

Bentuk apresiasi yang lain adalah yang gak kalah pentingnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang enak dan sehat serta jangan lupa beristirahat yang cukup. Terus menerus memaksakan diri untuk bekerja dan produktif tentu sangat melelahkan. Ujung-ujungnya, kinerja kita juga bisa menurun jika gak diimbangi dengan istirahat. Setuju kan?

Baca Juga: 5 Pentingnya Self Love Sebelum Cari Pacar, Pahami Sebelum Bucin!

4. Sesekali, pergilah membeli barang yang memang kamu inginkan sejak lama

5 Cara Mengapresiasi Diri Sendiri yang Harus Kamu Coba dari Sekarang!unsplash.com/Cam Morin

Bekerja, menghasilkan uang dan kemudian menabung memang penting untuk masa depan. Tapi, jangan lupa bahwa kita juga perlu menikmati uang tersebut sesekali. Jangan terlalu pelit pada diri sendiri.

Kamu perlu lho memberi apresiasi atau sekadar berterima kasih pada diri dengan membeli barang yang memang kamu inginkan sejak lama. Membuat anggaran untuk keperluan ini juga gak masalah, guys.

5. Memuji hasil karya atau pekerjaan yang berhasil kamu buat juga perlu dilakukan, lho

5 Cara Mengapresiasi Diri Sendiri yang Harus Kamu Coba dari Sekarang!unsplash.com/Brooke Cagle

Last but not least, jangan lupa untuk memuji hasil karya yang sudah berhasil kamu buat. Selama gak berlebihan, gak akan ada yang marah kok kalau kamu melakukan tindakan satu ini. Niatkanlah pujian tersebut juga sebagai bahan motivasi bagi orang lain. Jadi, isinya gak cuma sekadar pamer aja kan.

Selain 5 hal di atas, ada banyak cara lain juga yang bisa dilakukan untuk mengapresiasi dirimu sendiri. Tujuannya adalah agar kamu bisa mensyukuri setiap hari yang kamu jalani dan tetap semangat meski cobaan terus datang silih berganti. Sudahkah kamu mengapresiasi dirimu hari ini?

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Kenali Perbedaan Antara Self-love dan Selfish

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya