5 Pentingnya Self Love Sebelum Cari Pacar, Pahami Sebelum Bucin!

Sering kali kamu jadi galau ketika masa penantian jodohmu itu panjang. Kamu jadi merasa harus menurunkan standarmu, supaya orang lebih mudah untuk menjangkaumu. Padahal, saat sendiri inilah kamu bisa banyak waktu untuk mencintai diri sendiri.
Mencintai diri sendiri mutlak diperlukan. Sebab, dari sinilah kamu akan tahu value kamu sendiri. Nah, berikut lima alasan pentingnya self love sebelum punya pasangan.
1. Kamu jadi tahu nilai diri saat berhubungan dengan orang lain

pixabay.com/thanh9xnd123 Terlepas kamu duluan yang suka sama dia, tapi ingat ini gak mendiskon harga diri dan kapabilitas kamu sebagai calon pasangan hidup. Karena kamu cinta diri sendiri, otomatis kamu menginginkan yang terbaik dong buat kamu? Sehingga pasti kamu menjalani hidup seperti karier yang bagus pula. Jadi, kamu gak akan obral murah saat cari pasangan kelak.
2. Gak akan diperlakukan seenaknya oleh pasangan

pixabay.com/geralt Misalnya, kamu udah jelas-jelas sering diselingkuhin. Tapi, masih mau aja pacaran sama dia. Udah jelas-jelas cuma dimanfaatin, tapi kamu tetep aja mau mempertahankan hubungan. Nah, kalau sayang sama diri dan tahu seberapa berharganya kamu, maka kamu bakalan punya standar gimana sih orang harus memperlakukanmu.
3. Bisa mencapai kebahagiaan diri sendiri

pixabay.com/46173 Beda banget sama orang yang bahagianya kalau punya pasangan. Kalau jomlo udah deh serasa dunia mau kiamat. Pokoknya bahagia dia itu kalau punya seseorang di sampingnya. Sebaliknya, kamu yang mencintai diri sendiri akan lebih bisa menciptakan kebahagiaan buat diri sendiri. Karena kamu tau kamu sayang sama diri sendiri dan bahagia adalah kunci untuk hidup yang berkualitas.
4. Sudah jelas kamu akan bisa tahu bagaimana cara mencintai orang lain

pixabay.com/chermitove Jika kamu tahu cara membahagiakan diri sendiri, maka sudah pasti kamu juga akan bisa tau mencintai orang lain. Beda banget sama orang yang dengan dirinya aja dia acuh tak acuh. Dia pun gak tahu bagaimana cara peduli dan sayang sama orang lain, karena sama diri sendirinya aja dia toxic. Makanya, ayo mulai tingkatkan rasa cinta diri, ya!
5. Gak akan terlalu takut kalau ditinggal pasangan

pixabay.com/Mylene2401 Entah apapun alasan pergi, mungkin kamu akan sedih. Namun, kamu gak akan kehilangan akal sehat sehingga menyakiti diri sendiri. Karena sedari awal kamu tahu, hidupmu berharga dan kamu pantas bahagia dengan atau tanpa pasangan. Jadi, kerasa banget kan dampak dari sekadar cinta diri sendiri itu?Sekeras apa pun membuat orang cinta sama kamu, tetap aja dirimu sendirilah yang akan sangat loyal dan maksimal dalam mencintai diri sendiri. Maka, jangan sia-sialan waktu jomlo untuk mulai mencintai dirimu apa adanya, ya.
![[QUIZ] Apakah Kamu Orang yang Mencari Validasi Sebelum Ambil Keputusan?](https://image.idntimes.com/post/20260722/pexels-silverkblack-23496877_0bf18de9-e57b-4abd-90d1-1fdde5156a44.jpg)
![[QUIZ] Semakin Dewasa, Yakin Kamu Sebahagia Ini?](https://image.idntimes.com/post/20250611/1000326772.jpg)
![[QUIZ] Seberapa Yakin Kamu Bisa Jadi Teman yang Diandalkan?](https://image.idntimes.com/post/20260830/21981_530f9cb7-b5a1-4b26-b9eb-83fd195d4218.jpg)
![[QUIZ] Tebak Tipe Overthinking dari Caramu Menyelesaikan Kasus Ini](https://image.idntimes.com/post/20260830/pexels-liza-summer-6382721_9acc76a3-c63b-4893-a7ab-f663883de531.jpg)
![[QUIZ] Seberapa Yakin Mantan Gak Akan Kembali Menghubungimu?](https://image.idntimes.com/post/20260611/pexels-ron-lach-8889035_230c88aa-a3eb-4fb9-bf02-6eafce091fd5.jpg)














