Comscore Tracker

Kurangi Sifat Moody yang Kamu Punya, Ini 5 Cara Mudah Melakukannya

Sifat moody cuma bakal bikin kamu dijauhi orang lain

Siapa nih di sini yang sering dicap moody akibat suka berubah-ubah suasana hatinya? Gelar "moody" biasanya diberikan kepada orang yang awalnya senang, terus gak lama kemudian tiba-tiba jadi galau sendiri, atau tiba-tiba marah-marah gak jelas. Perlu kamu tahu, bahwa moody itu bukan sifat baik yang perlu dibiasakan, lho.

Kamu bahkan gak perlu bangga sama sekali jika diberi cap "moody". Itu artinya banyak orang yang suka gak mengerti dengan suasana hatimu dan lebih mungkin mereka gak terlalu menyukai perubahan-perubahan mood mu itu.

Emang siapa sih yang suka berdekatan dengan orang yang bisa tiba-tiba berubah mood nya? Kamu aja juga males kan? Makanya, untuk mengurangi sifat moody yang kamu punya, ini nih lima cara mudahnya.

1. Self-management yang baik harus dilatih

Kurangi Sifat Moody yang Kamu Punya, Ini 5 Cara Mudah Melakukannyapexels.com/Tiago Lino

Suasana hati yang ditunjukkan ke orang-orang memiliki kaitan erat dengan self-management atau manajemen diri yang baik. Kenapa? Karena orang yang memiliki kemampuan mengatur dirinya sendiri, pasti mampu memilih mana suasana hati yang tepat untuk ditunjukkan di depan orang lain.

Orang dengan manajemen diri yang baik juga pasti mampu mengontrol pikirannya sehingga mood nya gak gampang berganti-ganti dalam waktu sekejap.

2. Memiliki rasa empati akan membuat kamu lebih mampu mengendalikan mood di depan orang lain

Kurangi Sifat Moody yang Kamu Punya, Ini 5 Cara Mudah Melakukannyapexels.com/Kat Jayne

Rasa empati juga erat kaitannya dengan sifat moody ini. Makanya, agar gak gampang marah-marah di depan orang lain, kamu juga perlu mengasah rasa empati yang kamu miliki. Lebih peka lah pada orang yang sedang mengalami kesulitan, sehingga kamu gak mudah membentak orang lain ketika mereka melakukan kesalahan. 

Baca Juga: Wajib Coba! 5 Cara Mengembalikan Mood Baik yang Sempat Hilang 

3. Mood yang positif akan mendatangkan hal yang positif juga, percayai hal itu

Kurangi Sifat Moody yang Kamu Punya, Ini 5 Cara Mudah Melakukannyapexels.com/Clem Onojeghuo

Mempercayai bahwa mood yang positif akan mendatangkan hal positif akan menjadi langkah awal dimana kamu akan mulai selalu berusaha bersikap positif. Dengan begitu, apapun kondisi yang sedang kamu alami, moodmu tidak akan mudah berubah menjadi negatif. Ingat, di sini yang memiliki kekuasaan atas moodmu, ya dirimu sendiri.

4. Setiap kali moodmu memburuk ambillah waktu sejenak untuk menyendiri dan memperbaiki isi hatimu

Kurangi Sifat Moody yang Kamu Punya, Ini 5 Cara Mudah Melakukannyapexels.com/bruce mars

Gak ada salahnya mengambil waktu untuk sendiri setiap kali kamu merasa akan meledak marah. Hal ini bertujuan untuk membuat kamu lebih tenang dan lebih mampu memikirkan efek buruk yang ditimbulkan jika kamu meluapkan emosimu. Mengambil waktu sendiri gak perlu lama-lama kok, cukup 2-3 menit aja.

5. Senyum. Rasakan efek ajaib dari tersenyum, mood jelekmu bisa tiba-tiba menghilang hanya dengan sebuah senyuman, lho

Kurangi Sifat Moody yang Kamu Punya, Ini 5 Cara Mudah Melakukannyapexels.com/Designecologist

Sebuah senyuman, meskipun yang awalnya kamu paksakan, akan mampu mengubah mood mu lho. Gak percaya? Coba aja deh. Setiap kali mood mu tiba-tiba berubah tidak baik, carilah alasan untuk tersenyum dan lakukanlah. Maka, kamu akan segera merasa lebih baik.

Mood yang naik turun tidak hanya membuat orang lain gak ingin berdekatan denganmu, tapi juga gak baik buat kesehatan dan kecerdasan emosimu. Makanya, alangkah lebih baik jika kamu mampu mengendalikan moodmu pada situasi apapun.

Baca Juga: Percaya atau Gak, Ini Lho 5 Hal yang Sering Dilakukan Pas Mood Drop

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You