Comscore Tracker

5 Cara Mendukung Sahabat yang Berusaha Keluar dari Zona Nyaman

Dukunganmu begitu berharga, lho!

Keluar dari zona nyaman bukanlah hal yang mudah. Ada banyak ketakutan, keraguan, dan berbagai rasa bimbang yang bisa membuat orang batal untuk keluar dari zona nyaman meski dia begitu ingin.

Jika sahabatmu saat ini sedang berusaha untuk melangkah keluar dari zona nyaman, meskipun masih berupa rencana yang belum terwujud, kamu wajib banget untuk memberikan dukungan kepadanya, lho.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan ketulusanmu dalam mendukung sahabat yang ingin keluar dari zona nyaman ini. Begini nih caranya.

1. Katakan dengan jelas bahwa kamu benar-benar mendukungnya

5 Cara Mendukung Sahabat yang Berusaha Keluar dari Zona Nyamanunsplash/Sam Manns

Banyak orang yang menganggap bahwa kata-kata tidak begitu penting, dan tindakan jelas lebih menunjukkan maksud kita yang sebenarnya. Nyatanya, gak semua orang bisa memahami tindakan kita dengan mudah dan ada banyak orang yang justru lebih suka didukung melalui kata-kata. Jadi, katakan dengan jelas kepada sahabatmu bahwa kamu mendukungnya sepenuh hati.

2. Sediakan waktumu untuk mendengarkan keluh kesahnya

5 Cara Mendukung Sahabat yang Berusaha Keluar dari Zona Nyamanunsplash/Joshua Ness

Banyaknya keraguan dan ketakutan yang dialami seseorang sebelum melangkah keluar dari zona nyaman, membuat dia memerlukan teman bercerita. Sebagai sahabat, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesah sahabatmu ini.

Gak perlu memberikan berbagai macam saran, cukup jadi pendengar dan berkomentar ketika diminta.

Baca Juga: 5 Alasan Kuat Kamu Harus Mencari Zona Nyamanmu Sendiri

3. Berikan link video motivasi atau buku-buku penyemangat

5 Cara Mendukung Sahabat yang Berusaha Keluar dari Zona Nyamanunsplash/Marvin Meyer

Bentuk dukungan lain yang juga bisa kamu berikan adalah dengan rajin membagikan beberapa link video motivasi, atau kalimat-kalimat di Instagram yang menginspirasi, atau kamu juga boleh membelikannya beberapa buku penyemangat. Melalui hal-hal kecil ini dia akan lebih sadar bahwa ada orang lain yang mendukung keputusannya untuk keluar dari zona nyaman.

4. Hindari terlalu sering menakut-nakutinya soal zona baru yang dia ambil

5 Cara Mendukung Sahabat yang Berusaha Keluar dari Zona Nyamanunsplash/Rosie Fraser

Memberi masukan tentu sangat boleh, namun jangan sampai kamu malah berujung menakut-nakutinya. Seseorang yang ingin keluar dari zona nyaman sudah punya banyak sekali ketakutan dalam dirinya tanpa perlu kamu takut-takutin lagi. Bisa-bisa kamu malah membuat dia mengurungkan niatnya untuk keluar dari zona nyaman, lho.

5. Jika ada, kamu juga bisa memberikan kontak relasi yang mungkin bisa menunjang karirnya

5 Cara Mendukung Sahabat yang Berusaha Keluar dari Zona Nyamanunsplash/NeONBRAND

Jika memungkinkan, kamu juga bisa memberikan nomor kontak orang yang bisa menjadi relasi bisnis sahabatmu ini. Misalnya, dia ingin merambah dunia kuliner, kamu bisa memberi kontak kerabatmu yang sudah sukses di bidang ini agar dia punya seseorang untuk berdiskusi secara langsung soal dunia kuliner. Begitu pun dalam bidang lainnya.

Dukungan dari sahabat adalah sesuatu yang bisa memotivasi kita untuk melakukan segala hal yang dirasa gak mungkin bagi orang lain. Jika ada sahabatmu yang ingin mengambil keputusan berat untuk keluar dari zona nyaman, sudah menjadi tugasmu untuk mendukung dia dengan berbagai cara. Setuju?

Baca Juga: 6 Tanda Nyata Kalau Kamu Iri dengan Kesuksesan Sahabatmu Sendiri

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya