Comscore Tracker

5 Penjelasan Logis Kenapa Sifat Tamak Bikin Kita Sulit Bahagia

Jangan sampai punya sifat jelek satu ini ya

Pasti semua tau kan kalau sifat tamak adalah salah satu sifat buruk yang gak dianjurkan untuk kita miliki. Sifat tamak sangat rentan dimiliki oleh manusia karena pada hakikatnya manusia menyukai kekayaan dan berkelebihan dalam urusan harta. Tapi, memelihara sifat tamak dalam diri, tanpa disadari akan membuat kita sulit bahagia. Biar gampang memahami polanya, yuk simak poin-poin berikut.

1. Gak pernah merasa cukup dan selalu merasa kekurangan

5 Penjelasan Logis Kenapa Sifat Tamak Bikin Kita Sulit Bahagiaunsplash/Joel Muniz

Yang namanya tamak dan rakus, pastilah gak akan pernah merasa cukup. Perasaan selalu kurang yang tertanam dalam diri seperti ini, jika tidak bisa dikelola dengan baik dan menjadi sesuatu yang berlebihan, hanya akan membuat kita selalu gusar, tertekan, dan bahkan bisa jadi stres. 

Gak heran kan kalau kebanyakan orang kaya malah lebih rentan terserang stres dibanding orang yang kurang mampu?

2. Gampang iri melihat kebahagiaan orang lain

5 Penjelasan Logis Kenapa Sifat Tamak Bikin Kita Sulit Bahagiapexels/mentatdgt

Orang yang tamak biasanya tidak bisa suka melihat orang lain bahagia. Apalagi kalau urusan harta. Mereka gampang merasa iri dan dengki, hingga kebencian bisa menyerangnya dengan mudah. 

3. Susah bersyukur

5 Penjelasan Logis Kenapa Sifat Tamak Bikin Kita Sulit Bahagiaunsplash/Tyler Nix

Kunci kebahagiaan sebenarnya ada di dalam diri kita sendiri. Salah satu cara agar bisa bahagia adalah dengan mensyukuri setiap hal yang kita punya. Sayangnya, orang yang tamak nih biasanya paling susah untuk bersyukur. Karena mereka merasa apa yang dimilikinya sekarang masih kurang dan masih perlu diperbanyak lagi.

Baca Juga: Patut Bersyukur, 9 Bukti Ini Tunjukkan Kalau Kamu Pandai Bergaul

4. Rela melakukan apa saja bahkan hal yang gak benar sekalipun demi harta dan kekayaan

5 Penjelasan Logis Kenapa Sifat Tamak Bikin Kita Sulit Bahagiaunsplash/Lonely Planet

Menghalalkan segala cara agar bisa menyimpan harta lebih banyak adalah ciri khas paling menyebalkan dari orang tamak. Mereka bisa dengan mudahnya menjadikan orang lain tertindas demi kepentingan mereka sendiri. Apapun yang memberi keuntungan bagi mereka, rela mereka lakukan. Wah, jangan sampai jadi orang yang begini ya.

5. Menyimpan semua hartanya tanpa mau menggunakan

5 Penjelasan Logis Kenapa Sifat Tamak Bikin Kita Sulit Bahagiaunsplash/Sharon McCutcheon

Menyimpan harta sebanyak-banyaknya gak akan bikin kita bahagia jika kita sendiri tidak menikmatinya. Masalahnya, ini sering dilakukan oleh orang-orang tamak. Saking sayangnya sama harta yang mereka miliki, mereka enggan menggunakannya dan menumpuknya sebanyak-banyaknya. Gimana bisa bahagia kan? 

Gak pengen kan jadi orang yang tamak? Yuk hilangkan dari diri kita sifat satu ini ya.

Baca Juga: Bikin Bahagia, Ini 7 Tanda Kamu Orang yang Suka Bersyukur

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya