Comscore Tracker

5 Pentingnya Punya Sifat Rendah Hati agar Bisa Menjadi Orang Sukses

Tidak ada ruginya punya sifat rendah hati

Jarang disebutkan, namun salah satu sifat baik yang wajib dimiliki demi bisa mencapai kesuksesan dengan mudah adalah rendah hati. Ada banyak sekali contoh orang-orang rendah hati yang sudah bisa mencapai puncak kesuksesan dalam hidupnya. Bukan menjadi sombong, orang semacam ini justru akan semakin baik dan merendah ketika telah memiliki segalanya. 

Berbagai macam kebaikan yang dia lakukan justru mengantarkannya pada tangga menuju kesuksesan satu per satu. Gak heran kalau dia jadi semakin sukses setiap kali berbuat baik pada orang lain. Gak cuma itu aja, ada lima alasan lain kenapa kita perlu bersikap rendah hati demi bisa sukses, nih. 

1. Orang yang rendah hati itu tahu cara menghargai orang lain

5 Pentingnya Punya Sifat Rendah Hati agar Bisa Menjadi Orang Suksesilustrasi orang berteman (Pexels.com/ELEVATE)

Ibarat padi, semakin tua semakin merunduk. Itulah yang terjadi dengan orang rendah hati. Semakin sukses dan kaya dirinya, justru dia semakin merendah dan jauh dari kesombongan. Itulah yang menyebabkan mereka dipuji banyak orang.
 
Orang yang rendah hati gak pernah meremehkan apalagi menghina orang lain. Itu karena mereka tahu betul bahwa apa yang mereka miliki saat ini juga gak akan berhasil tanpa bantuan orang lain. 

2. Gak pernah berusaha mencari musuh, sehingga temannya ada di mana-mana

5 Pentingnya Punya Sifat Rendah Hati agar Bisa Menjadi Orang Suksesilustrasi selfie bareng (Pexels.com/RODNAE Productions)

Rendah hati biasanya dimiliki oleh orang yang sukses dengan usaha jatuh bangun berkali-kali. Orang semacam ini sudah ditempa oleh berbagai ujian dan cobaan sehingga mereka tahu betul bahwa keberadaan orang lain dan bantuan dari orang lain itu sangat berharga.

Dampak positifnya tentu dapat dilihat dari jumlah teman dan relasi yang mereka miliki. 
Akibat dari kerendahan hati yang dimiliki, orang seperti ini akan sangat menghindari permusuhan. Tentunya, akan ada beberapa yang gak suka dengan mereka namun gak sampai memusuhi secara terang-terangan karena mereka juga bukan tipikal yang akan meladeni orang-orang yang senang bermusuhan. 

Baca Juga: 9 Contoh Perilaku Rendah Hati yang Patut Ditiru dan Diacungi Jempol

3. Mendapat dukungan dari mana pun

5 Pentingnya Punya Sifat Rendah Hati agar Bisa Menjadi Orang Suksesilustrasi orang hangout (Pexels.com/Kindel Media)

Kenapa untuk sukses kita butuh rendah hati? Karena dengan kerendahan hati itulah kita bisa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari dukungan secara materi, mental, bantuan sukarela di saat tak terduga, dan lain sebagainya.

Kerendahan hati memang akan mendatangkan berbagai kebaikan yang gak kita sangka-sangka. Ketika membantu orang yang rendah hati, kita tentu gak merasa terbebani, kan? Itulah kenapa kita juga perlu untuk terus rendah hati agar orang lain mau membantu saat kita kesusahan tanpa merasa enggan sama sekali. 

4. Kerendahan hati akan membimbing kita untuk mengambil jalan yang benar

5 Pentingnya Punya Sifat Rendah Hati agar Bisa Menjadi Orang Suksesilustrasi orang introvert (Pexels.com/Zekai Zhu)

Melalui kerendahan hati yang terus dijaga, kita akan mengambil jalan yang benar ketika berada di pilihan yang rumit. Gak peduli seberapa menggiurkannya keuntungan yang akan didapat jika melakukan kecurangan misalnya, kita akan tetap rendah hati dan memilih jalan yang jujur meski keuntungannya gak seberapa. 

Orang rendah hati gak akan tergiur dengan sesuatu yang bukan haknya. Selain itu, kerendahan hati juga membuat kita merasa cukup dan puas sehingga jauh dari ketamakan dan sikap ingin mengambil keuntungan untuk diri sendiri. 

5. Dikelilingi dengan orang yang sama baiknya akan memudahkan kita menaklukan mimpi-mimpi

5 Pentingnya Punya Sifat Rendah Hati agar Bisa Menjadi Orang Suksesilustrasi orang bekerja (Pexels.com/ThisIsEngineering)

Secara alami, alam akan menyeleksi orang-orang yang berada di sekitarmu. Orang baik akan dikelilingi oleh orang baik pula. Begitu pun jika kamu menjadi orang yang rendah hati. Circle-mu pasti gak jauh dari mereka yang sama rendah hatinya.

Berada dekat dengan mereka yang punya kerendahan hati akan membuat jiwamu lebih tenang. Terhindar dari persaingan yang gak sehat akhirnya akan membawa kesuksesan jadi lebih dekat. 

Seiring berjalannya waktu, kita pasti akan semakin sadar bahwa untuk menjadi sukses gak cukup hanya dengan usaha yang habis-habisan. Kita juga memerlukan attitude atau sikap yang baik. Salah satunya adalah kerendahan hati. Nah, sudahkah kamu menerapkan hal ini dalam keseharian? 

Baca Juga: 9 Hal Positif yang Melekat pada Sosok Low Profile, Tetap Rendah Hati!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya