Comscore Tracker

Bisa Bikin Rugi, 7 Tanda Ini Bukti Kamu Terlalu Percaya Orang Lain

Terlalu percaya bikin sakit hati

“Aku tertipu, aku terjebak. Aku terperangkap muslihatmu.”

Hayo ada yang tahu gak lirik lagu ini? Yup, lagu dari grup band Hello berjudul Ular Berbisa ini memang lekat banget sama kehidupan kita lho. Saat kita menaruh kepercayaan tinggi pada seseorang ternyata kebohongan dan tipu daya yang didapat. Persis macam ular yang punya racun yang perlahan menggerogoti hidup manusia.

Tapi, meski sering dibohongi kita masih saja percaya. Serasa mereka bukanlah sosok yang buruk. Padahal, ada bahaya yang mengintai jika kamu masih meneruskan hubungan yang jelas-jelas tidak sehat seperti itu. Nah, biar sadar kamu perlu tahu tujuh tanda yang tunjukkan dirimu mudah percaya orang lain. 

1. Mudah diperdaya orang yang kamu percaya

Bisa Bikin Rugi, 7 Tanda Ini Bukti Kamu Terlalu Percaya Orang Lainimdb.com

Seseorang yang terlalu percaya pada orang lain akan mudah diperdaya oleh bujuk rayuan. Mereka yakin saja dengan apa yang diucapkan oleh si ‘penipu’. Kalau sudah begini hal-hal buruk akan menimpamu dan keuntungan semakin diraup oleh ‘penipu’.

2. Memberi kelonggaran pada yang menipumu

Bisa Bikin Rugi, 7 Tanda Ini Bukti Kamu Terlalu Percaya Orang Lainweeklystandard.com

Meski sering diperdaya, nyatanya kamu memaafkannya dan memberi kesempatan untuk berubah. Memang tak ada yang salah dengan itu. Namun, jika kesalahan itu terus berulang terjadi dan sikapmu masih seperti itu maka kamu telah memberi kelonggaran bagi mereka untuk berbuat hal yang sama.

3. Langsung percaya tanpa bertanya

Bisa Bikin Rugi, 7 Tanda Ini Bukti Kamu Terlalu Percaya Orang Lainimdb.com

Mudahnya dirimu percaya pada orang lain tampak pada sikapmu yang apatis untuk bertanya pada orang lain, terlebih yang memperdayamu. Kamu langsung sangat yakin dengan ujaran yang diucapkan oleh ‘penipu’.

Padahal, bisa jadi ujaran mereka berbeda dengan kenyataan yang dilakukannya. Kalau sudah begini, siap-siap saja menanggung malu dan kerugian dari si penipu.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Pacarmu Setia Bertahan Meski Pernah Kamu Bohongi

4. Terlalu mudah memaafkan

Bisa Bikin Rugi, 7 Tanda Ini Bukti Kamu Terlalu Percaya Orang Lainhollywoodreporter.com

Kesalahan-kesalahan yang dibuat si ‘penipu’ tak membuat dirimu jera. Justru, kamu malah memaafkan ‘kenakalan’ dan kecurangan yang dibuat oleh mereka. Nah, mudahnya kamu memaafkan inilah yang makin membuka peluang bagi para pembohong melakukan kesalahan yang berulang. Bikin capek kan?

5. Ragu menyuarakan pendapat

Bisa Bikin Rugi, 7 Tanda Ini Bukti Kamu Terlalu Percaya Orang Lainimdb.com

Ketika kamu begitu percaya pada orang lain ada rasa ragu untuk menyuarakan pendapat. Kamu lebih bermain di zona nyaman dengan ikut saja apa yang dikatakan oleh si pembohong. Padahal, belum tentu yang disuarakan oleh mereka itu benar lho. So, masih mau seperti ini?

6. Pendirianmu tak teguh

Bisa Bikin Rugi, 7 Tanda Ini Bukti Kamu Terlalu Percaya Orang Lainimdb.com

Selain ragu mengajukan pendapat, kamu yang terlalu percaya juga tak punya pendirian diri yang tetap. Kamu gampang diombang-ambing oleh ucapan si ‘penipu’ yang kamu anggap terpercaya. Kalau dibiarkan begini terus kamu hanya akan jadi anak bawang yang tak punya jati diri.

7. Berani menceritakan semua rahasiamu pada ‘penipu’

Bisa Bikin Rugi, 7 Tanda Ini Bukti Kamu Terlalu Percaya Orang Laintime.com

Meski rekam jejak si pembohong kerap menimbulkan masalah, faktanya kamu tetap percaya saja pada mereka. Kepercayaan yang begitu tinggi ini membuatmu begitu yakin bahwa mereka orang yang tepat untuk menjaga rahasia. Padahal, ini bisa dijadikan bahan keusilan untuk bikin kamu menanggung malu.

Menjalin interaksi dengan sesama manusia adalah hal yang lumrah. Namun, jika itu dilandasi dengan kebohongan maka rasa sakit hatilah yang jadi hasilnya. Pintarlah memilih dan menjalin hubungan untuk kebaikanmu ya!

Baca Juga: 5 Zodiak Cewek yang Punya Intuisi Kuat, Gak Gampang Dibohongin!

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya