Comscore Tracker

Arti & Hukum Memberi Ucapan Barakallah Fii Umrik di Hari Ulang Tahun

Kamu sudah tahu artinya?

Mendapatkan ucapan selamat dan berbagai macam doa di hari ulang tahun memang bukan hal yang baru lagi, termasuk ketika mendapatkan ucapan "Barakallah fii umrik" dari seseorang.

Sering diucapkan dan didengar, sebenarnya apa arti "Barakallah fii umrik" serta hukum mengucapkannya pada hari ulang tahun? Untuk kamu yang ingin tahu, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Arti dan tulisan dari "Barakallah fii umrik"

Arti & Hukum Memberi Ucapan Barakallah Fii Umrik di Hari Ulang Tahunindependent.co.uk

Arti ucapan Barakallah fii umrik tak hanya sekedar ucapan, tapi juga mengandung sebuah arti dan doa di dalamnya. Artinya adalah semoga Allah memberkahimu dalam usiamu.

بارك الله في عمرك

''Barakallah fii umrik''

2. Jawaban untuk membalas ucapan "Barakallah fii umrik"

Arti & Hukum Memberi Ucapan Barakallah Fii Umrik di Hari Ulang Tahunrawpixel.com

Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita membalas doa yang telah diberikan dengan mendoakannya kembali. Sama seperti salam yang harus dijawab, ucapan "Barakallah fii umrik" pun juga harus dijawab dengan kalimat dan ucapan yang benar.

Untuk membalas ucapan Barakallah fii umrik dari laki-laki, kamu bisa mengucapkan ''wa fiika barakallah''. Sedangkan untuk perempuan, bisa mengucapkan ''wa fiiki barakallah''. Meski berbeda, keduanya sama-sama memiliki arti ''semoga Allah juga memberkahimu''.

3. Hukum mengucapkan "Barakallah fii umrik" di dalam Islam

Arti & Hukum Memberi Ucapan Barakallah Fii Umrik di Hari Ulang Tahunpexels.com/abdulmeilk majed

Menurut Nahdlatul Ulama (NU), mengucapkan "Barakallah fii umrik" atau kalimat selamat hukumnya termasuk mubah, yaitu jika dikerjakan tidak mendapat pahala ataupun dosa.

Tapi yang perlu diingat, hukum mubah akan berlaku jika dalam pengucapannya tidak mengandung munkar ataupun niat buruk yang bisa mendatangkan dosa.

Baca Juga: 10 Ide Souvenir Ulang Tahun Anak, Gak Cuma Bingkisan Snack Kemasan!

4. Adab dalam merayakan hari ulang tahun

Arti & Hukum Memberi Ucapan Barakallah Fii Umrik di Hari Ulang Tahununsplash.com/Sergei Solo

Hari ulang tahun atau hari kelahiran bisa dibilang sebagai salah satu hari yang cukup spesial dan sakral bagi kebanyakan orang. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang sering merayakan hari ulang tahun dengan penuh suka cita.

Sebagai umat muslim, untuk memperingati bertambahnya usia dan berkurangnya waktu berada di dunia ini, sudah sebaiknya jika kita tahu adab dalam merayakan hari ulang tahun.

Bukan dengan berpesta atau menghambur-hamburkan uang, justru dengan intropeksi diri dan mulai menjauhi segala perbuatan maksiat dan tak bermanfaat. Ini menjadi salah satu cara paling baik untuk merayakan hari ulang tahun.

5. Perlukah memberi kado atau hadiah di hari ulang tahun?

Arti & Hukum Memberi Ucapan Barakallah Fii Umrik di Hari Ulang Tahunpexels.com/Porapak Apichodilok

Memberi kado ketika ada teman atau keluarga yang sedang berulang tahun, telah menjadi tradisi turun-temurun. Hal ini tentu saja baik dan boleh dilakukan selagi tidak memberatkan dirimu sendiri. Menurut H.R. Bukhori, No.2585:

''Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya''

Jadi, selain boleh mengucapkan kalimat selamat ulang tahun, kamu juga boleh memberi hadiah atau kado selagi hal itu tidak memberatkan dirimu sendiri.

Semoga dari penjelasan yang sudah disampaikan di atas, kamu jadi semakin mengerti mengenai makna atau arti dari pengucapan "Barakallah fii umrik" dan penjelasan lainnya mengenai hari ulang tahun ya!

Baca Juga: 5 Ide Kado Ulang Tahun Buat Pacar yang Irit Budget Namun Berkesan 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Wendy Novianto
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya