Comscore Tracker

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seni

Jangan sampai kamu dimarahi gara-gara hal ini ya!

Pameran seni merupakan salah satu tempat yang paling menarik bagi para penikmat karya seni. Kita tidak akan tahu apa yang akan kita lihat dan seperti apa pengalaman yang akan kita dapatkan ketika mengunjungi sebuah pameran seni.

Namun, yang perlu diingat adalah ketika mengunjungi sebuah pameran seni ada beberapa hal yang sebenarnya tidak boleh kamu lakukan di sana.

1. Menyentuh karya seni

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seniunsplash.com/kxvn_lx

Seni yang biasanya ditampilkan dalam sebuah museum atau pameran biasanya hanya bisa dinikmati dengan cara mengamati atau dengan melihatnya saja. Jika tidak ada perintah atau instruksi yang menyatakan kamu bisa menyentuhnya, maka jangan lakukan ya!

2. Berisik atau berbicara terlalu keras

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seniunsplash.com/christianfregnan

Biasanya orang-orang yang datang ke pameran seni akan membutuhkan konsentrasi untuk bisa menikmati setiap momen ketika dia sedang melihat-lihat karya seni yang ditampilkan. Nah, kalau kamu tidak ingin dimarahi, maka jangan sampai kamu mengeluarkan suara berisik yang dapat mengganggu ketenangan para pengunjung yang lain ya!

3. Membawa makanan dan minuman

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seniunsplash.com/gardiept

Pameran seni bisa dibilang sebagai salah satu tempat yang 'sakral' bagi para penikmat karya seni. Maka dari itu, kebanyakan para pihak penyelenggara pameran seni akan melarang para pengunjung untuk membawa makanan dan minuman ke dalam ruangan.

Alasannya sederhana, mereka hanya tidak ingin orang lain yang sedang menikmati karya seni merasa terganggu dengan makanan dan minuman yang bisa saja berserakan di mana-mana, belum lagi jika makanan dan minuman itu tak sengaja mengotori karya seni yang sedang dipamerkan.

Baca Juga: 5 Alasan Ini Buktikan Kamu Perlu Datang ke Pameran Pendidikan

4. Sembarangan menyandar pada sekat atau dinding karya seni

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seniunsplash.com/yoyoqua

Biasanya karya seni yang ditampilkan di sebuah pameran atau museum akan memiliki sekat atau dinding-dinding pembatas antara karya seni yang satu dan dengan yang lainnya. Jika kamu merasa lelah, jangan sekali-sekali kamu mencoba untuk menyandarkan tubuhmu pada sekat dan dinding-dinding tersebut ya.

Bisa jadi, sekat atau dinding tersebut tidak cukup kuat untuk menahan berat tubuhmu. Kalau merasa lelah, kamu bisa kok mencari tempat duduk terdekat daripada harus menyender sembarangan.

5. Mengambil foto berlebihan

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seniunsplash.com/stalebg

Mengabadikan momen ketika datang ke sebuah pameran seni memang bukanlah hal yang salah, yang salah adalah ketika kamu terlalu berlebihan mengambil foto dengan karya seni yang sedang dipamerkan. Bukan hanya tidak menghargai karya seninya, namun kelakuanmu itu bisa sangat mengganggu pengunjung yang lain lho.

6. Tidak memperhatikan dan selalu melewati teks penjelasan pada karya seni

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seniunsplash.com/adrienolichon

Salah satu tujuan datang ke pameran seni yaitu untuk bisa menikmati sebuah karya seni dan mendapatkan sebuah pengetahuan baru dari karya tersebut, karena setiap karya seni yang ditampilkan pasti memiliki cerita dan nilai tersendiri.

Jika kamu selalu saja melawati dan tidak memperhatikan dengan seksama text penjelasan tentang karya seni tersebut, itu sama saja dengan kamu meremehkan dan tidak mengapresiasi karya seni yang telah diciptakan tersebut.

7. Berkomentar buruk tentang karya seni

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seniunsplash.com/bianca_isofache

Kamu tahu tidak bahwa setiap karya seni yang ditampilkan itu merupakan hasil kerja keras dari kreator atau seseorang yang telah membuatnya? Jika kamu merasa kurang menyukai hasil karya tersebut, kamu cukup diam dan melewatinya saja. Tidak perlu sampai berkomentar dengan kalimat yang buruk di depan karya seni tersebut, ya!

8. Menghalangi karya seni

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seniunsplash.com/flower28

Saking menikmati karya seni yang sedang ditampilkan, kita sering sampai tidak sadar bahwa kita sudah terlalu dekat dengan karya seni dan menutupi karya seni tersebut dari padangan para pengunjung lain. Ingat, yang datang ke pameran seni bukan hanya dirimu seorang saja. Jadi, cukup lihat dari jarak yang wajar dan bergantianlah dengan pengunjung yang lain untuk melihatnya ya!

9. Selalu update secara real time di sosial media

9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seniunsplash.com/aliciasteels

Mengunggah beberapa foto ke sosial media tentang pameran seni yang kamu datangi memang salah satu hal yang cukup wajar. Namun bukanlah hal yang baik, jika kamu terus-terusan terikat pada ponselmu dan terus meng-update di sosial mediamu.

Ingat, kamu datang ke pameran seni untuk bisa menikmati sebuah karya seni, bukannya untuk mencari bahan agar bisa update di sosial media!

Nah, itu dia beberapa hal yang sebaiknya jangan kamu lakukan saat datang ke pameran seni!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Membuat Karya Seni Itu Baik untuk Kesehatan Jiwamu

Diana Ekawati Photo Verified Writer Diana Ekawati

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya