Comscore Tracker

Awas Boros! 5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja Online

Pikirkan dulu sebelum memutuskan untuk membeli

Belanja online yaitu berbelanja melalui perantara situs jual beli online yang memungkinkan kita untuk membeli suatu barang tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan penjual. Cara belanja yang demikian terbilang cukup mudah dan praktis bagi sebagian besar orang. Apalagi bagi orang-orang yang ingin berbelanja namun tidak punya banyak waktu untuk datang ke toko secara langsung.

Tren belanja online ini semakin menjamur seiring dengan banyaknya aplikasi belanja online yang menawarkan berbagai macam keuntungan, salah satunya gratis ongkos kirim. Keuntungan yang didapatkan tersebut membuat orang menjadi hobi berbelanja online, hingga tanpa sadar sudah mulai kecanduan. Hati-hati, ini lima tanda yang menunjukkan bahwa kamu sudah kecanduan belanja online. Yuk, simak!

1. Ketagihan membuka aplikasi belanja online

Awas Boros! 5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja Onlineilustrasi orang belanja online (pexels.com/cottonbro)

Salah satu tanda yang sering kita lakukan tanpa sadar ketika kecanduan belanja adalah ketagihan untuk membuka aplikasi belanja online. Selalu ada perasaan yang timbul untuk terus-menerus ingin membuka aplikasi tersebut padahal tidak tahu sedang mencari suatu barang apa di sana. Biasanya kita akan menggunakan waktu untuk sekadar melihat-lihat barang yang ada di sana, meski sebenarnya barang tersebut tidak diperlukan.

Tanpa pikir panjang, lalu kita membeli barang yang tidak diperlukan tersebut hanya karena barang tersebut ternyata sesuai selera kita. Padahal membeli barang yang tidak diperlukan hanya akan menghambur-hamburkan uang untuk kesenangan semata. Untuk menghindari hal ini, lebih baik tidak usah membuka aplikasi belanja online jika tidak sedang benar-benar membutuhkan suatu barang.

2. Berulang kali menyesal setelah membeli sesuatu

Awas Boros! 5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja Onlineilustrasi orang belanja online (pexels.com/PhotoMIX Company)

Orang yang kecanduan belanja online akan merasa sangat bersemangat saat membeli suatu barang, namun akan menyesal setelahnya. Biasanya mereka menyesal karena merasa telah terlalu banyak menghabiskan uang untuk berbelanja. Atau bisa juga menyesal karena sudah membeli barang yang sebenarnya tidak sedang diperlukan. Namun anehnya walaupun sudah menyesal, mereka tetap akan mengulanginya.

Hal ini bisa terjadi pada diri kita ketika tidak berpikir panjang sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Lebih baik untuk mempertimbangkan apakah suatu barang yang akan kita beli tersebut benar-benar diperlukan atau tidak. Jangan langsung memutuskan untuk membeli suatu barang hanya karena barang tersebut terlihat begitu bagus dan unik tanpa tahu kegunaannya.

3. Sering tergiur dengan flash sale

Awas Boros! 5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja Onlineilustrasi orang belanja online (pexels.com/Negative Space)

Pada dasarnya, flash sale membuat para pembeli mendapatkan diskon secara besar-besaran jika berbelanja dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Adanya jangka waktu tersebut membuat banyak orang menjadi tergiur untuk cepat-cepat membeli barang tersebut sebelum waktu dan persediaan barangnya habis. Konsep belanja yang demikian membuat orang merasa tertantang.

Mereka yang tadinya tidak berkeinginan untuk membeli suatu barang, menjadi ingin membeli karena adanya flash sale. Tentu, perilaku ini jika terus menerus kita lakukan akan mengakibatkan pemborosan. Namun, membeli barang dari flash sale memang tidak ada salahnya jika barang tersebut benar-benar kita butuhkan dan bukan karena asal ikut-ikutan.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Mengatasi Hobi Belanja Online yang Gak Terkontrol, Catat!

4. Sering belanja karena diskon

Awas Boros! 5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja Onlineilustrasi orang belanja online (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Diskon adalah potongan atau pengurangan harga ketika kita membeli suatu barang. Ini merupakan salah satu strategi marketing untuk menarik banyak pembeli. Terlebih lagi, tidak setiap hari suatu barang tersebut dijual dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Sehingga tidak heran jika banyak orang menjadi tergoda untuk membeli suatu barang karena diskon yang ditawarkan.

Tanda yang menunjukkan bahwa kita telah kecanduan belanja online adalah selalu membeli suatu barang hanya karena diskon. Kita menjadi mudah memutuskan untuk membeli barang hanya karena barang tersebut terlihat lebih murah, padahal tidak terlalu membutuhkan barang tersebut. Perilaku ini membuat kita cenderung konsumtif dan pemborosan jika terus menerus dilakukan.

5. Mulai berhutang demi belanja online

Awas Boros! 5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja Onlineilustrasi orang belanja online (pexels.com/Olya Kobruseva)

Perkembangan zaman yang mengarah pada era digitalisasi membuat banyak kegiatan berubah menjadi online, termasuk kegiatan berhutang atau meminjam uang. Beberapa aplikasi belanja online di era sekarang telah dilengkapi dengan fitur pinjaman uang dan membeli dengan cara mencicil. Tentu, fitur ini sangat bermanfaat dan memudahkan kita ketika ingin membeli suatu barang namun belum memiliki uang yang cukup.

Namun, fitur ini juga memiliki dampak buruk jika kita terus menerus ketagihan untuk menggunakannya. Pinjaman uang kita akan semakin menumpuk seiring dengan banyaknya barang yang telah dibeli dengan fitur ini. Jika tidak terlalu genting, alangkah lebih baik untuk tidak menggunakan fitur pinjaman ini secara berkelanjutan.

Itulah lima tanda yang menunjukkan bahwa kamu telah kecanduan untuk belanja online. Pertimbangkan terlebih dahulu apakah suatu barang yang akan kita beli tersebut memang benar-benar diperlukan atau tidak. Selain itu, jangan terlalu sering membuka aplikasi belanja online jika memang tidak sedang mencari barang yang akan dibeli. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya