Comscore Tracker

5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Introver

Semua anak introver merapat, yuk!

Kamu pasti sudah tahu tentang kepribadian introver, kepribadian yang hanya merasa lebih nyaman ketika sedang sendirian. Selain itu, orang introver juga lebih suka untuk membatasi diri jika dalam keramaian.

Untuk urusan memilih jurusan kuliah, orang yang berkepribadian introver pasti akan sangat mempertimbangkan jurusan yang ingin mereka ambil dengan sangat hati-hati. Mereka harus benar-benar yakin bahwa jurusan yang mereka pilih menawarkan kenyamanan dan rasa aman bagi mereka.

Untuk itu, berikut adalah beberapa jurusan kuliah yang sangat cocok bagi para introver. Bisa banget jadi inspirasmu, nih!

1. Sastra

5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Introverilustrasi anak sastra (pexels.com/cottonbro)

Jurusan sastra biasanya didominasi oleh anak-anak yang menyukai dunia tulis menulis dan buku. Mereka cenderung betah berlama-lama berada di depan laptop dan secarik kertas untuk menuangkan ide dan gagasan yang ada di pikiran mereka.

Kegiatan ini tentunya membutuhkan ketenangan dan konsentrasi yang tinggi. Oleh sebab itu, jurusan ini sangat cocok untuk orang yang berkepribadian introver.

2. Desain grafis

5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Introverilustrasi desain grafis (pexels.com/Pixabay)

Kamu orang yang suka menggambar? Atau orang yang betah berlama-lama di depan komputer atau laptop untuk menghasilkan suatu karya? Di Jurusan desain grafis, kamu dapat mengasah dan mengembangkan kemampuan gambarmu hingga memiliki nilai jual.

Di jurusan ini, kamu juga bisa belajar mengenai teknik penguasaan program tertentu yang berkaitan dengan grafis. Dewasa ini, lulusan dari jurusan kuliah desain grafis semakin banyak dibutuhkan di dunia kerja, lho!

Baca Juga: Sering Dicap Sombong, 5 Alasan Jadi Introver Kadang Gak Enak

3. Ilmu perpustakaan

5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Introverilustrasi membawa buku (pexels.com/cottonbro)

Jurusan yang satu ini memerlukan kemampuan untuk mengumpulkan, merapikan, dan menyimpan data secara teliti. Oleh karena itu, jurusan ini membutuhkan kemampuan manajemen dan teknologi informasi yang baik.

Jadi, jika kamu merupakan introver yang rapi dan teliti, bisa banget, nih, memilih kuliah jurusan perpustakaan. Pro tips, jurusan ini tentu tidak terlalu sering berinteraksi dengan banyak orang, lho.

4. Informatika

5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Introverilustrasi belajar teknologi (pexels.com/ThisIsEngineering)

Nah, bagi kamu yang suka dengan bidang teknologi dan gemar mengotak-atik komputer, jurusan ini adalah pilihan yang tepat buat kamu. Apalagi bagi kalian para introver, tuntutan untuk sibuk berlama-lama di depan komputer sepertinya sangat cocok bagi kalian.

Alih-alih banyak berinteraksi dengan manusia menggunakan bahasa linguistik, kamu bakal dituntut untuk lebih banyak berbicara dengan mesin menggunakan bahasa pemrograman. Pernyataan tersebut pasti jadi bikin jurusan ini lebih seksi, bukan? Benar begitu para introver?

5. Akuntansi

5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Introverilustrasi belajar akuntansi (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kamu termasuk orang yang suka menghitung dan merupakan orang yang teliti? Nah, jurusan yang satu ini cocok banget, nih, buat kamu yang berkepribadian introver.

Alasannya adalah karena jurusan ini sangat erat dengan urusan penghitungan dan ketelitian. Jadi, bidang ilmu yang satu ini tentu membutuhkan sosok karakter yang tidak banyak bicara dan punya ketelitian tinggi dalam berhitung. Tentu para introver bakal dengan senang hati melakoni peran ini.

Nah, itulah beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk kamu yang berkepribadian introver. Semoga bisa menginspirasi kamu dalam memutuskan jurusan kuliah yang akan kamu pilih, ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan sampai Salah!

Dyah Sekar aruni Photo Verified Writer Dyah Sekar aruni

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya