Comscore Tracker

Jangan Bingung, Ini 5 Cara untuk Bantu Mengenali Potensi Diri Sendiri

Biar kamu gak hilang arah 

Banyak orang yang terjebak dalam keadaan karena tidak percaya bahwa mereka layak untuk sukses. Padahal, setiap orang mampu melampaui posisinya saat ini. Masalah yang sebenarnya adalah, banyak orang yang tidak mengetahui potensi yang ia miliki, sehingga tidak berani melangkah dan membuat perubahan.

Potensi berasal dari pengembangan karakter dan apa yang ingin kita berikan kepada dunia. Dan dibutuhkan usaha untuk dapat mengenali dan mengasah potensi diri agar lebih berguna.

Jika kamu termasuk salah satu yang masih bingung dalam mengenali potensi diri sendiri, berikut beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk melihat potensimu.

1. Bulatkan tekad untuk berubah

Jangan Bingung, Ini 5 Cara untuk Bantu Mengenali Potensi Diri SendiriUnsplash.com/Austin Distel

Keputusan untuk berubah dan bertumbuh adalah alat yang ampuh yang dapat membantumu melangkah. Buatlah keputusan bahwa kamu akan memperbaiki kehidupanmu dan tidak akan menunda-nunda. Mulailah dengan membaca buku dan blog tentang psikologi, mendengarkan podcast, atau menghadiri seminar tentang pengembangan diri.

Melalui hal tersebut, ada banyak pelajaran dan tips yang akan kamu dapatkan guna membantu menemukan minat dan potensi diri sendiri.

2. Buat daftar pencapaian

Jangan Bingung, Ini 5 Cara untuk Bantu Mengenali Potensi Diri Sendiriunsplash.com/NeONBRAND

Kita semua membutuhkan pengingat bahwa kita cukup baik dan mampu untuk mencapai apa pun yang ingin dicapai. Sebab, tak sedikit yang melupakan kemampuan diri sendiri ketika menemui hambatan. Membuat daftar kumpulan semua pencapaian dapat membantumu mengingatkan kemampuanmu sehingga mencegah kamu dari merasa tidak percaya diri. Untuk itu, biasakan untuk mencatat semua pencapaianmu, baik besar maupun kecil. 

Perlu kamu ingat, pencapaian besar dan kecil sama-sama wajib diapresiasi dan diingat. Sebab, keyakinanmu akan potensi diri juga akan tumbuh ketika kamu sadar bahwa kamu telah banyak melakukan sesuatu.

Baca Juga: Jangan Sia-Siakan Masa Muda, Ini 5 Cara untuk Temukan Potensi Diri

3. Jangan membuat kemajuan orang lain sebagai patokan. Fokus saja pada diri sendiri 

Jangan Bingung, Ini 5 Cara untuk Bantu Mengenali Potensi Diri SendiriUnsplash.com/Product School

Jangan pernah berpikir bahwa pencapaianmu terlalu kecil untuk dibanggakan. Ya, pemikiran seperti ini kerap muncul ketika kamu membandingkan diri dengan orang lain.

Jadi, banggalah pada diri sendiri jika kamu membuat kemajuan. Sebagian orang membuat kemajuan lebih cepat daripada yang lainnya, dan hal ini sangatlah wajar. Yang perlu kamu pahami, hidup bukan seperti maraton. Dan kamu harus fokus pada apa yang dapat kamu lakukan.

Tidak peduli seberapa cepat atau lambat kamu membuat kemajuan, yang terpenting adalah kamu tidak pernah berhenti tumbuh, dan bergeraklah walaupun selangkah demi selangkah. Bersama dengan pengalamanmu, kamu akan menemukan minat dan potensi yang sangat berharga.

4. Dengarkan komentar orang lain tentangmu 

Jangan Bingung, Ini 5 Cara untuk Bantu Mengenali Potensi Diri SendiriUnsplash.com/Sebastian Herrmann

Mengetahui apa yang kamu kuasai dan apa yang kamu ingin lakukan dalam hidup akan membuat hidupmu lebih terarah. Jika kamu kesulitan mengetahui kekuatan dan kemampuanmu untuk mencapai sesuatu, ada gunanya meluangkan waktu untuk merenung dan memahami diri sendiri.

Jika kamu masih kesulitan menemukan minat dan kemampuanmu, coba perhatikan apa yang dikatakan orang lain tentangmu. Ini akan memberikanmu wawasan tentang beberapa bakat dan keterampilan yang mungkin belum kamu sadari. Apa yang orang lain lihat sebagai kekuatanmu, kemungkinan besar akan menjadi bidang yang bisa kamu lakukan dengan baik. Oleh sebab itu, biasakan untuk mendengar komentar orang lain tentang kamu.

5. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang kamu sayangi  

Jangan Bingung, Ini 5 Cara untuk Bantu Mengenali Potensi Diri Sendiriunsplash.com/Austin Distel

Orang yang kamu sayangi dan menyayangi kamu bisa jadi inspirasi untuk mengejar apa yang kamu inginkan dalam hidup. Mereka akan menjaga, mendukung, dan mendorongmu untuk mencapai tujuan dalam hidup. Jadi, pastikan kamu dikelilingi oleh orang-orang yang penuh kasih dan perhatian di sekitarmu untuk memberikan inspirasi guna mendorong potensi. Yang tak kalah penting, jauhi orang-orang beracun yang selalu merendahkan dan meragukan kemampuanmu agar kamu tidak merasa buruk tentang dirimu sendiri.

Semoga setelah mempraktikkan cara di atas, kamu jadi bisa mengenali potensi diri dan bisa lebih mantap dalam melangkah.

Baca Juga: 6 Cara Menemukan Potensi Diri Saat Menginjak Dewasa, Bersiaplah! 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya