Comscore Tracker

5 Cara Kurangi Kebiasaan Berpikir Negatif, agar Kualitasmu Gak Turun

Supaya kamu gak kehilangan fokus dan arah

Setiap orang pasti pernah memiliki pikiran negatif, termasuk kamu salah satunya. Ada orang yang dalam kondisi tertentu mudah untuk menghilangkannya, namun ada pula orang yang kesulitan membuang pikiran negatifnya. Jika kamu adalah orang yang sulit untuk menghilangkannya, maka segeralah mencari cara untuk mengatasinya.

Apabila kamu membiarkannya berlarut, maka pikiran negatif tersebut bisa membuatmu kehilangan fokus dan arah hidup. Tentu hal tersebut dapat membuat kualitas hidupmu menurun. Terkadang seseorang memang membutuhkannya.

Namun agar pikiran negatifmu gak sampai berlebihan, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan kurang baik tersebut.

1. Identifikasi pikiran negatif yang muncul 

5 Cara Kurangi Kebiasaan Berpikir Negatif, agar Kualitasmu Gak Turunilustrasi laki-laki sedang merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan berpikir negatif adalah kenali dan identifikasi pikiran tersebut. Gak mudah untuk melakukannya, namun berusahalah untuk mencobanya. Terkadang apa yang muncul di pikiran tentang hal-hal negatif memang sangat mengganggu ketenangan jiwamu.

Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan untuk bisa mengenali dan mengidentifikasi bagaimana pikiran negatif tersebut bisa muncul. Ketika kamu mampu mengenalinya dengan baik, maka kamu juga akan mampu mengurangi kebiasaan berpikir negatif, bahkan kamu bisa juga menghilangkannya.

2. Tuliskan daftar hal-hal yang menjadi penyebab pikiran negatifmu 

5 Cara Kurangi Kebiasaan Berpikir Negatif, agar Kualitasmu Gak Turunilustrasi sedang menulis (pexels.com/George Milton)

Apabila kamu sudah berhasil mencari tahu, mengenali serta mengidentifikasinya, maka selanjutnya cobalah tuliskan daftar hal-hal yang menjadi penyebabnya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui langkah-langkah dan strategi apa yang tepat untuk mengendalikannya, agar jangan sampai berlebihan dan merusak kualitas hidupmu.

Cobalah tuliskan berdasarkan beberapa kategori. Misalnya, kategori pekerjaan yang kamu sendiri belum bisa memastikan tentang kejelasannya di masa depan. Atau, bisa juga dalam hal hubungan asmara yang tak kunjung menuju jenjang pernikahan, padahal sudah berpacaran lama, dan hal-hal lainnya.

Jika kamu menuliskan berdasarkan kategorinya, maka kamu gak akan kehilangan fokus dan arah ketika sedang mencari solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan yang muncul dari pikiran negatifmu. Dengan begitu, kamu gak akan tergoda untuk memikirkan hal-hal lain yang gak penting.

3. Lakukan meditasi 

5 Cara Kurangi Kebiasaan Berpikir Negatif, agar Kualitasmu Gak Turunilustrasi orang bermeditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dengan bermeditasi, selain kamu akan mendapat ketenangan, cara ini juga ampuh mengusir pikiran negatif yang sering muncul setiap harinya. Ketika kamu mendapatkan ketenangan, biasanya kamu juga akan mendapatkan sudut pandang baru yang lebih positif untuk menghadapi situasi di luar kendali yang kerap membuatmu merasa stres.

Bermeditasi adalah salah satu cara efektif untuk melatih kamu agar bisa memiliki pikiran yang jernih dan fokus dalam melakukan berbagai hal. Meditasi yang dilakukan secara rutin, akan membuatmu merasa lebih tenang, nyaman dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Luangkan waktu selama 10—20 menit, duduklah dengan tenang, pejamkan mata dan atur pernapasan secara perlahan.

Baca Juga: 5 Manfaat Meditasi Metta, Dapat Kurangi Stres dan Cemas

4. Bergaul dengan orang-orang yang positif 

5 Cara Kurangi Kebiasaan Berpikir Negatif, agar Kualitasmu Gak Turunilustrasi pertemanan (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Lingkungan pertemanan memang sangat memengaruhi diri seseorang, termasuk pikiran-pikiran negatif yang kerap muncul juga bisa terjadi akibat orang-orang di sekitarmu. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih lingkungan pertemanan yang bisa memberikanmu pengaruh positif dan selalu mendukungmu untuk melakukan hal-hal baik.

Apabila kamu adalah orang yang positif, namun kamu berada dalam lingkungan pertemanan yang negatif dalam jangka waktu lama, maka sangat besar kemungkinannya kamu akan ikut terpengaruh oleh mereka. Secara otomatis, cara berpikirmu juga akan seperti mereka selalu berpikiran negatif. Ketika kamu menghadapi sebuah permasalahan, pemikiranmu akan dipengaruhi juga oleh lingkungan sekitarmu selama ini.

5. Terapkan pola hidup yang sehat 

5 Cara Kurangi Kebiasaan Berpikir Negatif, agar Kualitasmu Gak Turunilustrasi mengonsumsi makanan sehat (pexels.com/Sam Lion)

Cara selanjutnya agar kamu bisa mengurangi kebiasaan berpikir negatif adalah dengan memiliki pola hidup sehat. Untuk memiliki hal ini, kamu bisa melakukannya dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat bergizi, serta beristirahat yang cukup.

Memiliki pola hidup sehat bisa menghindarkanmu dari rasa stres dan menjadikan suasana hatimu semakin bahagia serta pikiranmu akan menjadi positif. Coba perhatikan saja orang-orang yang memiliki pola hidup sehat, pasti mereka gak mudah merasa stres dan selalu bisa berpikir positif dalam segala situasi serta kondisi.

Pikiran negatif sebaiknya segera di atasi, karena hal tersebut mampu merusak suasana hatimu. Selain itu, gak hanya mengganggu kesehatan mentalmu saja, melainkan fisik juga. Dampak negatif lainnya juga bisa menghancurkan hubungan baikmu dengan orang lain.

Itulah kelima cara mengurangi kebiasaan berpikir negatif yang bisa membuatmu hilang fokus dan arah dalam menjalani hidup. Lakukan cara-cara di atas agar kualitas hidupmu terus meningkat dan menjadikanmu pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Mulai sekarang cobalah untuk selalu berpikir positif agar terwujud sesuatu yang berdampak positif juga.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Membersihkan Pikiran dari Hal Negatif

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya