Comscore Tracker

5 Tipe Orang yang Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Layak Dipertahankan!

Tetap jaga kedekatan dengannya, ya

Dalam kehidupan selalu ada hal yang beragam. Salah satunya mengenai karakter setiap individu yang tidak sama antara satu sama lain. Ada yang kehadirannya bisa membuat kehidupanmu berdaya, bahkan ada pula mereka yang mampu menjatuhkan hidupmu, sehingga berdampak pada kesehatan mental.

Kamu perlu melakukan penyaringan terhadap segala hal yang menjadi fokus dalam hidup, khususnya mengenai lingkungan sosial di mana kamu berada. Maka, pilihlah mereka yang mau bersama-sama merangkulmu, bukan membuatmu jadi runtuh.

Untuk itu kamu perlu mengenali beberapa tipe atau karakter dari orang-orang yang baik dan tepat untuk kesehatan mentalmu. Simak ulasan berikut, ya!

1. Mereka yang mampu membuatmu merasa berdaya dalam menjalani kehidupan

5 Tipe Orang yang Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Layak Dipertahankan!ilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Carilah lingkungan atau teman yang mampu membuatmu selalu merasa berdaya. Artinya, kamu senantiasa merasa mampu dan penuh kekuatan dalam menjalani beragam teka-teki hidup ini. Setelahnya, tidak akan ada kata pesimis maupun ketakutan dalam dirimu.

Hal demikian tentu tercipta dari mereka, orang-orang terdekatmu yang penuh inspirasi. Sehingga kamu akan terus berusaha menjadi versi terbaik dari diri sendiri melalui proses dan pengalaman hidup yang penuh makna.

2. Mereka yang senantiasa mendukungmu dalam berbagai kondisi

5 Tipe Orang yang Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Layak Dipertahankan!ilustrasi saling mendukung (pexels.com/Liliana Drew)

Jika dalam hidup ini ada orang yang tega menjatuhkanmu, maka percayalah selalu ada mereka yang juga senantiasa mendukungmu. Sebab hidup ini selalu memberikan sesuatu sesuai dengan porsinya masing-masing.

Tugasmu adalah mengesampingkan mereka yang membawa dampak buruk bagi kesehatan mentalmu. Supaya, mereka yang tulus berada di pihakmu tidak kalah dengan bisikan-bisikan negatif yang sebenarnya tidak perlu kamu dengarkan. Sebab satu dukungan pun akan sangat berpengaruh ketika kamu juga mau membuka hati untuk hanya fokus mendengarnya.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bikin Kamu Memiliki Positive Vibes

3. Mereka yang bisa menjadi panutan dalam perilaku yang positif

5 Tipe Orang yang Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Layak Dipertahankan!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Elle Hughes)

Kebiasaan setiap orang tentu berbeda satu sama lain. Ini disebabkan lantaran banyak faktor, misalnya lingkungan bagaimana ia dibesarkan maupun sampai kepada hal-hal yang dikonsumsi oleh pikirannya setiap hari.

Orang-orang yang seharusnya menjadi lingkungan terdekatmu adalah mereka yang mampu memberikan dampak positif bagi dirimu. Sehingga secara alami, kamu akan mengikuti hal yang mereka lakukan. Jika demikian, maka kesehatan mentalmu akan tetap terjaga dengan baik.

4. Mereka yang mengutamakan rasa syukur daripada insecure

5 Tipe Orang yang Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Layak Dipertahankan!ilustrasi merasa bersyukur (pexels.com/Quang Thịnh)

Perasaan insecure atau tidak percaya diri menjadi salah awal mula kebiasaan overthinking. Padahal, kebiasaan demikian juga tak baik bagi kesehatan mentalmu. Pasalnya, pikiranmu menjadi penuh terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan sehingga justru menjadi beban.

Lebih baik, carilah lingkungan yang mengutamakan rasa syukur terhadap apa pun yang diberikan oleh Tuhan dalam hidup mereka. Dengan demikian, kehidupan akan jauh lebih damai dan pikiran pun terasa lebih tenteram.

5. Mereka yang bisa memberikan tantangan dalam proses berpikir dan bertindak dalam dirimu

5 Tipe Orang yang Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Layak Dipertahankan!ilustrasi memeluk diri sendiri (pexels.com/Yana Moroz)

Tipe terakhir mengenai orang yang baik bagi kesehatan mentalmu adalah mereka yang bisa memberikan tantangan tersendiri kepadamu. Artinya, mereka membantumu untuk keluar dari zona nyaman agar bertemu pada eksistensi dirimu yang sebenarnya.

Dengan tipe orang tersebut kamu akan mengalami perkembangan luar biasa dalam cara berpikir maupun bertindak. Sehingga, bukan tidak mungkin pula apabila kamu akan mencapai pada titik yang sebelumnya tidak pernah kamu bayangkan.

Lingkungan tentu menjadi peran penting dalam membentuk kebiasaan seseorang, baik dalam hal berpikir maupun bertindak. Kebiasaan yang keliru bisa menjadi ancaman awal bagi kesehatan mental seseorang. 

Untuk itu, sudah semestinya kita mengeliminasi orang-orang dalam lingkungan terdekat yang hanya memberikan dampak buruk. Jika saat ini kamu belum menemukan lingkungan yang tepat, maka teruslah mencari, jangan malah tenggelam di dalamnya. Sebaliknya, jika kamu sudah mememukan, maka pertahankan dan terus jaga kedekatan dengannya, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Bikin Jurnal Suasana Hati Itu Baik untuk Kesehatan Mental

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya