Comscore Tracker

5 Cara Merespons Kenyataan yang Tidak Sesuai Harapan

Tetap tenang karena keadaan masih bisa dikendalikan

Setiap manusia pasti punya harapan akan kehidupan yang dijalaninya. Entah terkait pekerjaan, asmara, sosial, dan sebagainya. Namun, faktanya tidak semua harapan bisa terwujud nyata sesuai yang diinginkan.

Akan tetapi, kehidupan tidak berhenti, maka kamu perlu belajar meresponsnya dengan baik dan bijaksana tentang kenyataan yang tidak sesuai harapan tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa kamu upayakan.

1. Terima dengan ikhlas

5 Cara Merespons Kenyataan yang Tidak Sesuai Harapanilustrasi orang menerima kenyataan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penerimaan adalah hal utama yang perlu dilakukan dalam menyikapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, cobalah belajar menerimanya dengan ikhlas. Sadari bahwa dalam hidup ini memang ada hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan, termasuk terkait harapan dan kenyataan.

Proses menerima memang tidak mudah, perlu waktu dalam mengupayakannya. Untuk itu, mulai saja dari sekarang membiasakan diri ikhlas terhadap apa yang telah menjadi kenyataannya. Suatu hari nanti pasti akan ada nilai kebaikannya, jika hatimu bersedia menerima dengan tulus.

2. Tidak perlu ditahan jika ingin menangis

5 Cara Merespons Kenyataan yang Tidak Sesuai Harapanilustrasi bersedih (pexels.com/Alena Darmel)

Menangis adalah reaksi dari berbagai jenis emosi, termasuk kesedihan akibat menghadapi kenyataan yang di luar harapan. Maka, tidak perlu ditahan, apabila kamu ingin menangis. Sebab, kelegaan akan kamu rasakan dan bisa menaikkan kembali suasana hati yang sedang berduka.

Menangislah di ruang yang sepi dan nyaman, supaya segala beban hati dan pikiran terurai secara perlahan. Kemudian, tergantikan dengan perasaan ikhlas dan sanggup menerima kondisi yang ada.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Kenyataan Tidak Sesuai Harapan

3. Temukan ketenangan di ruang pribadimu

5 Cara Merespons Kenyataan yang Tidak Sesuai Harapanilustrasi menyendiri (pexels.com/Pixabay)

Merespons sesuatu yang di luar harapan, tentunya kamu perlu tetap tenang. Ketenangan bisa didapatkan saat kamu berada dalam posisi sendirian dan mulai terhubung dengan diri sendiri.

Jalani aktivitas di ruang pribadimu dengan sepenuh hati. Fokuskan pikiran pada hal-hal yang bisa direnungkan untuk diambil pelajarannya. Ketika, kamu mulai tenang, percayalah bahwa keadaan akan mulai bisa kembali dikendalikan.

4. Fokus menjalani masa kini

5 Cara Merespons Kenyataan yang Tidak Sesuai Harapanilustrasi orang berjalan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Memang kenyataannya tidak sesuai harapan, tapi tetaplah berusaha memfokuskan diri pada apa yang sedang kamu hadapi. Terpuruk akan kondisi yang terjadi, membuatmu kehilangan pegangan diri.

Lebih baik, lepaskan segala belenggu yang mengikatmu, dan mulai mengatur fokus terhadap apa yang bisa dikerjakan sekarang. Dengan begitu, hidupmu tetap terkendali, sekalipun keinginan hati belum bisa terlaksana karena adanya alasan-alasan tertentu.

5. Ambil kebaikan dari kenyataan yang kurang menyenangkan hati

5 Cara Merespons Kenyataan yang Tidak Sesuai Harapanilustrasi menjadikan pengalaman masa lalu sebagai motivasi hidup (pexels.com/Pixabay)

Kenyataan yang jauh dari harapan, memang bisa membuat hati menjadi kurang senang. Akan tetapi, setiap kejadian pasti selalu ada hikmah di baliknya. Maka, cobalah temukan nilai-nilai kebaikannya, supaya hatimu kembali berbahagia.

Menyenangkan diri itu tidaklah sulit, sekalipun harus menghadapi kenyataan yang di luar harapan. Caranya yaitu, cobalah sikapi dengan mengambil pelajaran untuk bekal masa depan. Sehingga, ketika hal ini kembali terulang, hatimu sudah siap karena mempunyai bekal dari pengalaman di masa lalu.

Untukmu yang sedang menghadapi kenyataan hidup di luar harapan, tetaplah tenang dan kuasai emosi diri. Semua akan baik-baik saja, dan yakinlah bahwa harapan yang belum terwujud di masa sekarang, bukan berarti tidak bisa selamanya.

Ini hanya soal waktu dan usahamu saja, maka teruslah perbaiki diri dan tingkatkan kualitasmu lagi. Bersiap-siaplah menghadapi momen indah di masa depan dan tetaplah berkepribadian yang penuh kerendahan hati.

Baca Juga: Ilustrasi Menohok dari Ekspektasi Vs. Realita Kehidupan Masa Kini

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya