Comscore Tracker

5 Tips Menemukan Sisi Positif dalam Karaktermu yang Emosian

#IDNTimesLife Jangan sampai kemarahan mengendalikanmu

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Seringkali, kamu sulit untuk mengendalikan kemarahanmu karena kamu memiliki sifat yang emosian. Tapi, jangan sampai kamu terlalu termakan emosi hingga lupa untuk menemukan hal positif dalam hidupmu.

Yuk, simak tips ini agar kamu tetap dalam menemukan sisi positif meski kamu emosi. Apa saja sih?

1. Fokus pada hal-hal positif, meskipun kecil

5 Tips Menemukan Sisi Positif dalam Karaktermu yang EmosianPexels.com/Eneida Nieves

Seberapa pun kecil hal positif yang bisa kamu temukan, fokuslah pada hal itu saja. Dilansir Psycom, kamu dapat menggunakan waktumu untuk mengevaluasi kelebihanmu dan memilirkan hal yang positif dan jangan terbawa emosi.

2. Melatih rasa syukurmu

5 Tips Menemukan Sisi Positif dalam Karaktermu yang Emosianpexels.com

Dilansir Positivepsychology, Elaine Mead, Konselor, menjelaskan bahwa rasa syukur akan berdampak luar biasa kepada penerima dan pemberinya. Dengan kamu memberi tahu seseorang menghargai mereka, kamu pasti akan perbedaan dalam memandang dan menanggapi emosi negatif yang dirasakan.

3. Kelilingi dirimu dengan orang yang positif

5 Tips Menemukan Sisi Positif dalam Karaktermu yang Emosianunsplash.com/wildlittlethingsphoto

Kalau kamu dikelilingi orang dengan emosi negatif, kamu akan terbawa dan jadi sering marah-marah. Cobalah kurangi waktumu dengan orang yang negatif dan habiskan lebih banyak waktu dengan orang yang positif sehingga ia perlahan mengubah sikapmu yang emosian.

Baca Juga: 5 Tips Bergaya Hidup Sederhana tapi Tetap Mencukupi Segala Kebutuhanmu

4. Pikirkan hanya apa yang terjadi sekarang

5 Tips Menemukan Sisi Positif dalam Karaktermu yang Emosianfreepik.com/bearfotos

Saat kamu emosi, seringkali kamu fokus pada masa lalu dan gak ingin terjadi di masa depan. Dilansir Life In Charge, kalau kamu memikirkan hal yang belum terjadi dan sudah berlalu akan menambah kecemasanmu. Hiduplah pada saat ini agar gak terus khawatir.

5. Tunjukkan sisi terbaik dirimu

5 Tips Menemukan Sisi Positif dalam Karaktermu yang Emosianpexels/MoosePhotos

Dilansir Positivepsychology.com, Mead mengatakan untuk fokus pada kemungkinan dari versi terbaik dirimu. Cobalah untuk berkomunikasi dengan dirimu sendiri dan refleksikan bagaimana versi terbaik dirimu. Lakukan afirmasi positif pada dirimu ini seminggu sekali sehingga bisa menaikkan moodmu.

Hal-hal ini bisa kamu lakukan untuk menemukan hal-hal positif untuk karaktermu yang emosian. Jangan sampai emosi itu mengendalikan dirimu, ya!

Baca Juga: Jalanan Bikin Kesal? 5 Tips Ampuh Meredam Emosi Saat Berkendara

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya