Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Kehidupan Sosial untuk Introvert Tanpa Merasa Lelah

#IDNTimesLife Yang penting adalah kenyamananmu

Banyak yang mengira introvert adalah sosok yang penyendiri. Namun, seorang introvert juga bisa memiliki kehidupan sosial yang baik. Kehidupan sosial ini perlu dijaga agar tidak membuatnya kelelahan. Sebab, energi orang introvert diisi ketika sedang sendirian.

Yuk, simak tips berikut ini untuk para introvert yang ingin tetap menjaga kehidupan sosialnya agar seimbang namun tidak kelelahan secara mental!

1. Hargailah batasan diri yang kamu miliki!

5 Tips Menjaga Kehidupan Sosial untuk Introvert Tanpa Merasa LelahIDN Times/Febriyanti Revitasari

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Kamu yang introvert, tidak perlu berusaha mengimbangi temanmu yang ekstrovert. Terimalah dirimu apa adanya.

Dilansir dari Mind Body Green, Jonathan Marshall, Leadership Professor, menyampaikan bahwa kamu bisa mengurangi kesulitan dan penderitaanmu saat bisa menerima diri apa adanya. Ketahuilah batasan itu sehingga kamu bisa memahami dirimu lagi!

2. Menyeleksi orang yang ingin kamu habiskan waktu bersama

5 Tips Menjaga Kehidupan Sosial untuk Introvert Tanpa Merasa Lelahunsplash.com/tonikoraza

Kamu sebaiknya menyeleksi kepada siapa energimu ingin diberikan sehingga tetap nyaman melakukan kegiatan bersama orang lain. Dengan lebih selektif, kamu bisa tetap menjaga persahabatan yang lebih berkualitas dengan orang di sekitar

Baca Juga: Ini 4 Hal yang Bikin Si Introvert Merasa Lega

3. Melakukan interaksi sosial melalui platform digital

5 Tips Menjaga Kehidupan Sosial untuk Introvert Tanpa Merasa LelahPexels.com/Kaboompics .com

Dilansir Mind Body Green, Perpetua Neo, Psikolog Klinis, mengatakan bahwa seberapa pun melelahkannya teknologi, itu adalah bagian hidup yang bisa membuatmu terhubung dengan orang lain tanpa bertemu langsung.

Interaksi tanpa harus bertemu dengan banyak orang, membuatmu lebih bersemangat dan tetap memiliki energi untuk bertemu orang lain. Sepakat, kan?

4. Bersosialisasi dalam kegiatan yang kamu suka

5 Tips Menjaga Kehidupan Sosial untuk Introvert Tanpa Merasa Lelahpexels.com/andrea piacquadio

Saat berada di kondisi yang kurang nyaman, orang yang introvert sering terlihat malu dan grogi. Dilansir Upjourney, GinaMarie Guarino, Konselor Kesehatan Mental Berlisensi asal New York, memberi saran agar menjaga hubungan sosial dengan melakukan aktivitas yang disukai.

Misalnya, bergabung dalam komunitas gamers atau komunitas pencinta buku. Dengan begitu, diharapkan kamu nyaman menjadi diri sendiri.

5. Meminta teman yang ekstrovert untuk menemani

5 Tips Menjaga Kehidupan Sosial untuk Introvert Tanpa Merasa Lelahpexels.com/Zainul Yasni

Ketika terpaksa pergi ke tempat yang ramai dan membuatmu kurang nyaman, kamu bisa mengajak teman yang ekstrovert untuk menemani. Dilansir Upjourney, Caleb Backe, Ahli Kesehatan dan Kebugaran asal New York, menyarankan hal ini.

Dengan demikian, temanmu bisa membantumu dalam bersosialisasi dengan orang lain. Kamu pun tidak sendirian ketika harus menghadapi situasi seperti itu.

Kamu yang introvert bisa menggunaan tips tadi untuk menjaga kehidupan sosial tanpa melelahkan mentalmu. Introvert bukan berarti penyendiri dan kamu bisa menyeimbangkan kehidupan sosial dengan caramu sendiri.

Baca Juga: Jangan Salah Paham, Ini 7 Mitos yang Salah tentang Orang Introvert

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya