Comscore Tracker

Tips Bisnis UMKM di Tengah Pandemik? Siapkan 5 Hal Ini Ya!

Para penjual online, saatnya merapat!

IDN Times, Jakarta - Kamu punya bisnis online atau baru memulai untuk menjadi pengusaha online? Pandemik memang merubah banyak hal. Salah satunya bikin banyak orang terjun ke dunia UMKM sekedar untuk menambah pundi-pundi cuan. 

Tentunya gak mudah ya untuk memulai atau pun melanjutkan bisnis UMKM ini. Apalagi sekarang rata usaha UMKM ini dilakukan secara online, demi menghindari kontak langsung. Terus apa dong yang harus dilakukan agar usaha UMKM ini berjalan lancar? IDN Times kasih tipsnya deh buat kamu. Check this out!

1. Harus tahu tentang produk yang kamu jual

Tips Bisnis UMKM di Tengah Pandemik? Siapkan 5 Hal Ini Ya!Shutterstock/jesterpop

Sebelum menjual produk UMKM kamu keluar dan secara luas, kamu harus tahu tentang produk apa yang mau atau akan kamu jual nantinya. Pastikan kamu tahu detail mengenai produk yang akan kamu pasarkan.

Jangan lupa selain mengetahui tentang produkmu ini, kamu juga harus jago dalam mempromosikannya. Itu sebabnya product knowledge atau pengetahuan tentang produk jualanmu sangat penting. Jadi saat mengiklankan ke orang terdekat, kamu sudah paham.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengembangkan Bisnis Online

2. Ikuti apa yang lagi viral

Tips Bisnis UMKM di Tengah Pandemik? Siapkan 5 Hal Ini Ya!Shutterstock/paulaphoto

Kamu menemukan sesuatu tren yang lagi viral, lalu ingin menjadikannya produk untuk dijual? Why not? Misalnya ada tren makanan Korea, kamu bisa kok menjualnya menjadi produk andalanmu.

Gak ada yang salah untuk menjual apa yang lagi tren di masyarakat. Selama produk tersebut menjual di pasaran, kenapa gak? Tapi perlu diingat, tren itu hanya sesaat. Jadi, harus siap dengan resiko rugi jika tren viral tersebut sudah turun.

3. Jangan takut untuk jadi ‘unik

Tips Bisnis UMKM di Tengah Pandemik? Siapkan 5 Hal Ini Ya!Shutterstock/paulaphoto

Nah, kalau kamu memutuskan ikuti kemauan pasar dengan sesuatu yang viral, gak ada salahnya kamu membuat versi uniknya. Jangan takut untuk sedikit memodifikasi tren viral tersebut menjadi lebih unik.

Gak jarang lho usaha yang berasal dari coba-coba malah jadi sukses. Kamu jangan takut untuk membuat produk jualananmu ini unik dan beda dari yang ada di pasaran. Siapa tahu malah jadi tren baru, ya ‘kan?

4. Aktif secara online

Tips Bisnis UMKM di Tengah Pandemik? Siapkan 5 Hal Ini Ya!Shutterstock/paulaphoto

Jika sudah tahu tentang jualanmu, saatnya menyebarkan secara online. Di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, usaha UMKM sangat mengandalkan dunia digital, itu sebabnya kamu harus aktif secara online di media sosial. Menjual produk UMKM secara online menjadi solusi menjanjikan di tengah pandemik seperti ini. 

Kamu juga gak perlu bingung soal kuota karena Indosat Ooredoo melalui Indosat Ooredoo Business menghadirkan paket terbaru IMPreneur untuk para pelaku UMKM. Dengan Paket IMPreneur, kamu bisa menikmati kuota besar hingga 320GB, Nelpon & SMS sepuasnya ke seluruh pelanggan Indosat Ooredoo, Nelpon ke Operator lain hingga 500 menit dan kuota aplikasi yang dapat dibagikan ke seluruh karyawan dan tim bisnisnya. 

Paket IMPreneur bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Indosat Ooredoo, baik prabayar maupun pascabayar. Tersedia mulai dari paket IMPreneur FIT dengan harga Rp 50 ribu yang kuotanya bisa dibagi hingga 2 orang dan paket IMPreneur PRO dengan harga mulai dari Rp 300.000 yang  kuotanya bisa dibagi hingga 25 orang.

Menarik banget ‘kan? Kamu jadi gak usah repot memikirkan pengeluaran kuota buat kamu dan tim UMKM-mu.

5. Beriklan di media sosial

Tips Bisnis UMKM di Tengah Pandemik? Siapkan 5 Hal Ini Ya!Shutterstock/paulaphoto

Step selanjutnya adalah saatnya menggunakan media sosial untuk mengiklankan jualanmu. Media sosial memang punya efek yang besar. Dengan beriklan di media sosial, orang akan ‘tergiur’ untuk mencoba produk jualanmu. Apalagi kalau kamu jago dalam menyajikan foto-foto eye catching untuk produk yang kamu jual. 

Buat masalah kuota media sosial dan marketplace, lagi-lagi kamu gak usah khawatir karena dengan paket IMPreneur dari Indosat Ooredoo ini kamu bisa menggunakan kuotanya untuk mengakses berbagai aplikasi dan media sosial yang dapat mendukung bisnis seperti Instagram, Facebook, Whatsapp serta mengakses marketplace Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Traveloka, hingga aplikasi dompet elektronik seperti OVO, Gopay, dan Dana. 

Untuk berlangganan IMPreneur kamu dapat menghubungi account manager Indosat Ooredoo Business di info.business@indosatooredoo.com. Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi digital dalam menghadapi pandemik COVID-19 dan Paket IMPreneur ini, kamu bisa klik di sini.

Kalau sudah aman soal kuota, kamu tinggal belajar membuat feed Instagram yang kece, supaya pemasaran produk UMKM online kamu makin lancar jaya! Selamat mencoba! (CSC)

Baca Juga: Mau Survive di Tengah Pandemik, UMKM Harus Bertransformasi ke Digital

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Berita Terkini Lainnya