Comscore Tracker

5 Tanda Ini Buktikan Kepribadianmu yang Semakin Bijak dan Berkembang

Mana yang kamu alami, nih?

Setiap manusia selalu menjumpai proses demi proses dalam hari-harinya. Setiap manusia juga pasti mengalami beragam pengalaman yang bisa dijadikan bekal dalam kehidupan. 

Seringnya, proses dan pengalaman itulah yang kerap membantu diri ini untuk terus bertumbuh dan memiliki dorongan untuk jadi lebih baik dari sebelumnya. Pasalnya, hidup ini adalah pembelajaran, melalui fase kebahagiaan, kesedihan, bahkan sekalipun air mata.

Artinya, setiap lika-liku kehidupan yang telah kita lalui adalah jembatan bagi kita dalam membentuk kepribadian yang lebih matang, seperti beberapa karakter berikut yang lahir dari pengalaman. Yuk simak ulasannya!

1. Kamu merasa menjadi versi terbaik dari dirimu pada saat ini dibandingkan dengan sebelumnya

5 Tanda Ini Buktikan Kepribadianmu yang Semakin Bijak dan Berkembangilustrasi refleksi diri (pexels.com/Muhammad Erdiyansyah Putra)

Sebuah perkembangan selalu menghadirkan perubahan. Pun demikian, ketika kepribadianmu semakin berkembang, maka akan ada hal yang berbeda dari dirimu; perubahan dari versi yang dulu menjadi versi saat ini.

Saat kamu mulai bertumbuh, maka kamu akan meninggalkan segala keburukan di masa lalu dan segala kesalahan yang pernah dilakukan. Dengan demikian, kamu akan mulai berbenah diri sedikit demi sedikit. Pada akhirnya, versi terbaik dari dirimu yang seutuhnya mulai tercipta.

2. Kamu tidak membiarkan dirimu hidup tanpa arah yang jelas

5 Tanda Ini Buktikan Kepribadianmu yang Semakin Bijak dan Berkembangilustrasi wanita menulis goal hidupnya (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Kepribadian dalam diri seseorang yang semakin berkembang salah satunya ditandai dengan tidak menyia-nyiakan waktu dalam hidupnya. Artinya, mereka yang berkembang adalah yang memiliki kejelasan visi sebagai arah dalam menjalani kehidupannya.

Sebab tanpa tujuan yang jelas, maka hidupmu akan terombang-ambing sehingga mudah dibawa ke mana saja oleh arus kehidupan. Padahal memiliki sasaran yang jelas dalam hidup ini akan membawamu pada masa depan yang lebih baik, selama kamu berusaha keras mewujudkan keinginan tersebut.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Punya Kepribadian Sensitif, Emosi Sering Naik Turun

3. Kamu tidak segan lagi untuk membatasi diri pada lingkungan yang punya pengaruh buruk

5 Tanda Ini Buktikan Kepribadianmu yang Semakin Bijak dan Berkembangilustrasi pertemanan yang sehat (pexels.com/Pixabay)

Salah satu tanda kepribadianmu yang semakin berkembang adalah kamu mampu membatasi diri pada hal-hal yang bersifat negatif, salah satunya pada lingkungan yang toxic. Hal itu ditandai dengan keberanian dan ketegasanmu dalam menghalau pengaruh buruk masuk ke dalam dirimu.

Pasalnya, kamu tidak ingin lagi kesalahan di masa lalu terulang. Sehingga membatasi diri menjadi keharusan agar kamu tidak terjerumus ke dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya.

4. Kamu mampu memahami suatu hal maupun orang lain dengan lebih mendalam

5 Tanda Ini Buktikan Kepribadianmu yang Semakin Bijak dan Berkembangilustrasi perempuan bijak (pexels.com/Nguyễn Lâm)

Setiap proses dalam hidup selalu memberikan makna mendalam. Salah satunya dampak terhadap pola pikir dan perilaku seseorang yang semakin berkembang. Pasalnya, hidup selalu memiliki cara sendiri untuk dapat mendewasakan setiap manusia.

Imbasnya, kamu tidak hanya akan memandang segala hal dalam hidup ini hanya dari satu sisi saja ataupun dari luarnya semata. Kamu akan lebih memahami dan penuh pertimbangan dalam berpikir maupun berperilaku. Hal inilah yang dinamakan dengan perilaku bijak.

5. Kamu menerima diri seutuhnya sekalipun dengan pengalaman pahit di masa lalu

5 Tanda Ini Buktikan Kepribadianmu yang Semakin Bijak dan Berkembangilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/THIS IS ZUN)

Setiap manusia tentu tidak lepas dari peranan masa lalu dalam pembentukan karakternya di masa sekarang. Salah satu ciri karakter kamu semakin berkembang adalah dengan berdamai pada diri sendiri untuk segala kekeliruan di masa sebelumnya. 

Hal itu tentu bukan perkara yang mudah. Namun percayalah, setiap dari kita pasti akan berjumpa pada titik masing-masing di mana kita telah mencapai pada penerimaan diri yang seutuhnya, asalkan kita terus berusaha untuk mengurangi penghakiman pada diri sendiri.

Sejatinya, tidak ada kehidupan yang sempurna. Namun, akan tetap ada kebahagiaan selama kamu mau bertumbuh untuk terus menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Meskipun tantangan hidup akan terus kamu jumpai, tetap yakinkan dirimu bahwa hal itu adalah syarat yang harus dilalui oleh orang-orang yang punya keinginan untuk terus tumbuh dan berkembang. Semangat!

Baca Juga: 5 Ciri Kepribadian HSP (Highly Sensitive Person), Kamu Termasuk?

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya