Comscore Tracker

Hari Paskah, Hari Perayaan Kebangkitan Yesus bagi Umat Kristiani

#IDNTimesLife Sebentar lagi hari Paskah, nih!

Hari Paskah adalah salah satu hari raya umat Kristiani selain Natal. Dalam kitab suci, Paskah merupakan perayaan kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah di salib, yang menjadi salah satu peristiwa paling sakral dalam hidup Yesus.

Umat Kristen merayakan hari kebangkitan ini setiap tahun pada Minggu pertama setelah bulan purnama sesudah titik balik musim semi. Untuk mengetahui hari Paskah lebih lanjut, yuk simak pemaparan di bawah ini!

1. Makna hari Paskah untuk umat Kristiani

Hari Paskah, Hari Perayaan Kebangkitan Yesus bagi Umat Kristianipexels.com/nappy

Melansir Christianity, Paskah adalah makna kemenangan dan harapan bagi umat Kristiani. Yesus berhasil mengalahkan maut dan bangkit kembali, setelah melalui penderitaan di kayu salib.

Kebangkitan Yesus ini  menunjukkan bahwa kehidupan manusia akan kekal, melampaui dosa dan maut. Barang siapa yang percaya kepada-Nya pun akan memeroleh hidup yang kekal ini. 

Paskah pun menjadi konfirmasi penuh atas semua ajaran Yesus. Ia membuktikan bahwa dirinya anak Allah dan datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa dan maut.

2. Rangkaian acara Paskah untuk umat Kristiani

Hari Paskah, Hari Perayaan Kebangkitan Yesus bagi Umat KristianiIlustrasi kegiatan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Kabupaten Tulungagung di Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (10/4/2020).

Perayaan Paskah umat kristiani ditandai dengan sebuah rangkaian dari Pra Paskah hingga Paskah. Masa Pra Paskah dibuka dengan perayaan Rabu Abu, dilanjutkan dengan aksi puasa dan pantang selama 40 hari.

Selanjutnya, rangkaian Paskah ditandai dengan pekan suci, yakni lima hari ibadah atau misa umat kristiani. Lima hari ini mencakup Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci atau Malam Paskah, dan Minggu Paskah.

Baca Juga: Jelang Paskah, Warga Sibolga Berharap Pengamanan Gereja Diperketat

3. Hari paskah tahun ini jatuh pada tanggal 4 April 2021

Hari Paskah, Hari Perayaan Kebangkitan Yesus bagi Umat KristianiGereja Katedral Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Tahun ini, Hari Paskah jatuh pada tanggal 4 April 2021. Seperti Paskah tahun lalu, Paskah 2021 masih dilakukan secara online lewat live streaming di sejumlah gereja,  untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Kabar baiknya, beberapa gereja sudah memperbolehkan perayaan offline terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat. Coba cek di gereja terdekatmu, apakah kamu bisa mendaftar untuk gereja secara offline?

Baca Juga: 10 Cara Menghias Telur Paskah, Bisa Dibikin Kayak Donat dan Burger 

Topic:

  • Pinka Wima
  • Bella Almira Siregar

Berita Terkini Lainnya