Comscore Tracker

5 Cara Melatih agar Kamu Bisa Mendengar Suara Hati, Penting!

Mampukah kamu mendengar dia?

Setiap manusia yang lahir di dunia ini pasti memiliki keunikan masing-masing. Manusia memang diciptakan Tuhan lebih tinggi derajatnya, daripada makhluk ciptaanNya yang lain. Salah satu keunikan manusia adalah memiliki suara hati. Pernahkah kamu mendengar sesuatu dari dalam diri saat hendak mengambil keputusan? Itu adalah suara hatimu.

Namun, seiring berjalannya waktu ternyata suara hati bisa hilang juga, lho. Maka dari itu banyak orang yang kemudian akhirnya tidak mempertimbangkan sesuatunya dengan baik. Nah, untuk melatih bagaimana suara hati bisa selalu didengar, yuk ikuti lima cara berikut ini. 

1. Jangan biasakan berbohong 

5 Cara Melatih agar Kamu Bisa Mendengar Suara Hati, Penting!ilustrasi berbohong (pixabay.com/RobinHiggins)

Tahukah kamu ternyata kebiasaan berbohong itu bisa mengecilkan suara hatimu, lho. Awalnya memang membohongi orang lain. Namun, lama-lama kamu jadi kebiasaan dan membohongi diri sendiri. Sebenarnya suara itu selalu ada, tapi kamu terus membohongi diri sendiri.

Alhasil, lama kelamaan kamu tidak akan bisa mendengar suara itu dengan jelas karena kebiasaan berbohong. Semakin kamu membohongi diri sendiri, maka suara hati juga akan ikut menghilang. Maka dari itu, biasakan untuk bersikap jujur walau harus menerima konsekuensinya. 

2. Biasakan refleksi diri sebelum tidur 

5 Cara Melatih agar Kamu Bisa Mendengar Suara Hati, Penting!ilustrasi tidur (pixabay.com/Olichel)

Saat malam tiba, biasanya kamu akan menutup hari dengan tidur dan istirahat. Namun, pernahkah kamu untuk refleksi diri sebelum tidur? Refleksi ini bisa berupa bagaimana perasaanmu di hari itu? Apa saja yang sudah kamu lakukan? Dan apa yang hendak kamu kerjakan di esok hari.

Semua hal itu bisa kamu renungkan sendiri atau melalui channel YouTube. Kamu tinggal mencari channel yang khusus membahas tentang lifestyle. Cukup taruh gawaimu, kemudian dengarkan saja. Ini akan membantu merangsang komunikasi dengan dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Kalimat Self-Talk Negatif Ini Beri Pengaruh Buruk Pada Self-Esteem

3. Berdoa

5 Cara Melatih agar Kamu Bisa Mendengar Suara Hati, Penting!Ilustrasi berdoa (pixabay.com/Pexels)

Setelah merefleksikan diri, kemudian sudah cukup mengantuk dan mendapat nilai tentang hari itu, jangan lupa untuk berdoa. Berdoa merupakan sarana untukmu bisa mencurahkan segala isi hati, rasa syukur dan keluh kesahmu. Melalui berdoa, kamu bisa mendengarkan suara hati yang sebenarnya.

Karena biasanya ketika kamu berdoa sendiri, rata-rata dilakukan dalam hati. Ketika itulah kamu bisa mendengar apa sih yang sebenarnya dirimu rasakan. Walau harus selalu bersyukur, tapi pasti ada keluh kesah yang menjadi perasaanmu yang paling dalam.

4. Cobalah untuk melakukan apa yang diperintahkan oleh suara hatimu sendiri

5 Cara Melatih agar Kamu Bisa Mendengar Suara Hati, Penting!ilustrasi kebahagiaan (pixabay.com/Free-Photos)

Suara hati semakin mengecil bisa disebabkan karena kamu sering mengabaikan apa yang dia bicarakan. Sama seperti orang lain, saat kamu tak pernah menganggap mereka, pasti mereka akan otomatis menjauh.

Ketika suara hati sudah sering mengingatkan untuk jangan melakukan sesuatu, tapi tetap kamu lakukan, di sinilah awal suara itu akan menghilang. Jadi, sesekali cobalah untuk mengikuti suara hati sendiri. Karena sebenarnya kamu sudah diberi Tuhan karunia untuk berpikir dan merasakan hal-hal yang memang seharusnya tidak dilakukan. 

5. Memilih lingkungan sekitar yang memberi energi positif 

5 Cara Melatih agar Kamu Bisa Mendengar Suara Hati, Penting!ilustrasi pertemanan (pixabay.com/StockSnap)

Kini kamu sudah tahu, rata-rata penyebab suara hati menghilang adalah karena melakukan sesuatu yang buruk. Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menempatkan diri di lingkungan yang memang positif. Jangan biasakan untuk menjerumuskan diri ke dalam pergaulan yang toksik.

Karena dengan siapa kamu bergaul akan memengaruhi hal yang ada dalam dirimu. Maka dari itu, ketika kamu sudah mampu memiliki suara hati yang dengan jelas bisa didengar, sebaiknya pilih lingkungan yang memiliki pengaruh positif. Supaya dirimu tak perlu bergejolak dengan suara hati, saat hendak bergaul dengan mereka. 

Suara hati ini penting banget untuk bisa didengar. Karena biasanya apa pun yang akan kamu lakukan, sudah bisa dirasakan oleh suara hati. Walau suara hati bisa kadang salah, namun setidaknya kamu memiliki andil dalam setiap hal yang dilakukan. Bukan karena dikendalikan oleh orang lain. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Kamu Petik jika Berada di Lingkungan Kerja yang Toksik

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya