Comscore Tracker

6 Keuntungan Memiliki Teman Kuliah dari Jurusan yang Berbeda

Selama memberi pengaruh positif, jangan takut untuk bergaul

Saat kuliah, kamu tidak akan bertemu dengan orang-orang dari satu jurusan saja. Bisa jadi ada kuliah bersama yang diikuti oleh teman-teman dari fakultas lain. Atau mungkin, kamu juga bisa berkenalan ketika berada di kepanitiaan atau organisasi yang sama.

Ternyata, berteman dengan orang-orang yang berbeda jurusan juga bisa memberi keuntungan untuk kamu, lho. Hal-hal berikut inilah yang sekiranya bisa kamu dapatkan dengan memiliki banyak koneksi pertemanan semasa perkuliahan.

1. Bisa memahami kehidupan mahasiswa jurusan lain

6 Keuntungan Memiliki Teman Kuliah dari Jurusan yang Berbedasharing antar teman kuliah (pexels.com/CHristina Morilllo)

Mungkin selama kuliah, kita lebih sering bertemu teman-teman dari satu jurusan juga. Kalau begini, kurang lebih cerita kalian sehari-hari akan serupa. Namun pernah gak, sih, kamu penasaran tentang kehidupan mahasiswa dari jurusan lainnya?

Nah, kalau kamu punya teman dari jurusan lain, kamu bisa menanyakan bagaimana kegiatan mereka sehari-hari. Kisah pengalaman ini akan sulit kamu peroleh jika hanya bergaul dengan teman dari satu jurusan saja.

2. Memperoleh informasi terkait acara di fakultas lain

6 Keuntungan Memiliki Teman Kuliah dari Jurusan yang Berbedailustrasi menginformasikan acara jurusan masing-masing (pexels.com/Canva Studio)

Setiap jurusan di perkuliahan bisa merancang acara kemahasiswaan masing-masing. Acaranya pun beragam, mulai dari lomba akademis, pertunjukkan seni hingga pertandingan olahraga. Tak jarang kegiatan itu bisa diikuti oleh mahasiswa dari jurusan lain juga.

Makanya, kamu juga bisa meminta informasi dari teman yang berbeda jurusan itu. Informasi dari mahasiswa jurusan terkait bisa diperoleh lebih cepat dari informasi ke awam. Pemberitahuannya pun terdengar lebih meyakinkan jika berasal dari mahasiswa di jurusan itu sendiri.

Baca Juga: 5 Waktu Terbaik untuk Menulis Artikel buat Kamu yang Masih Kuliah

3. Berdiskusi sesuai keilmuan masing-masing

6 Keuntungan Memiliki Teman Kuliah dari Jurusan yang Berbedaberdiskusi dengan teman dari jurusan lain (unsplash.com/Alexis Brown)

Selama kuliah, kamu mungkin hanya fokus mempelajari sepotong bidang ilmu. Padahal ilmu pengetahuan itu tidak selalu terkotak-kotak sesuai jurusan masing-masing. Banyak juga ilmu lintas jurusan yang sebenarnya masih berkaitan.

Nah yang tidak kalah menarik, kamu bisa mendapat lebih banyak wawasan dari teman-teman lain dari jurusan berbeda. Momen diskusi akan lebih berbobot dan menyenangkan ketika kita bisa memahami suatu masalah dari berbagai sudut pandang.

4. Menjadi perantara dalam urusan jodoh

6 Keuntungan Memiliki Teman Kuliah dari Jurusan yang Berbedamenjodohkan teman dari jurusan lain (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak ada yang bisa meramalkan dengan pasti kapan dan di mana kita akan bertemu jodoh sejati kita. Siapa tahu, salah satu kenalanmu di jurusan lain akan menjadi pasangan hidupmu kelak.

Jadi tidak ada salahnya kok untuk berteman dengan banyak orang dari jurusan yang berbeda. Mungkin juga mereka bisa "mengenalkan" kamu kepada temannya yang lain. Kamu pun jadi tidak terlalu kaku saat berkenalan pertama kali dengan calon gebetan.

5. Belajar beradaptasi dengan berbagai karakter orang lain

6 Keuntungan Memiliki Teman Kuliah dari Jurusan yang BerbedaRagam kepribadian orang lain (pixabay.com/StockSnap)

Setiap orang punya karakter masing-masing, yang terbilang unik. Jangankan teman dari jurusan berbeda, kamu juga pasti pernah menemui teman sejurusan dengan watak dan kebiasaan yang berbeda denganmu.

Berteman dengan banyak orang akan membuatmu menjadi lebih fleksibel dalam bersosialisasi. Kamu juga bisa mengambil hal-hal positif dari temanmu itu dan menerapkannya dalam perilaku sehari-hari.

6. Saling berbagi informasi terkait karir dan pendidikan lanjut

6 Keuntungan Memiliki Teman Kuliah dari Jurusan yang Berbedamebbagikan informasi kepada teman (pexels.com/fauxels)

Sama seperti jodoh, kita tidak bisa memprediksi bagaimana karir kita ke depannya. Mendapat nilai tertinggi saat di kuliah pun bukan jaminan pasti bahwa kamu akan sukses dalam dunia pekerjaan.

Pertemanan yang luas adalah salah satu aset kamu dalam menemukan pekerjaan. Siapa tahu, salah satu temanmu dari fakultas lain bisa mempermudah kamu dalam mencari pekerjaan kelak. 

Terutama buat kamu, para mahasiswa yang baru menginjakkan kaki ke dunia perkuliahan, jangan takut untuk menjalin pertemanan, ya. Selain memiliki prestasi akademis yang membanggakan, kamu juga harus memiliki hubungan pertemanan yang sehat dan suportif. 

Baca Juga: 5 Tips Membangun Mood Belajar dan Mengerjakan Tugas Kuliah, Efektif!

Leonaldo Lukito Photo Verified Writer Leonaldo Lukito

Interested in Health and Medicine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya