Comscore Tracker

Penting, 5 Sebab Kamu Harus Punya Standar Kesuksesanmu Sendiri 

Jangan sampai pesimis melihat hidupmu sendiri

Predikat sukses sering kali disematkan pada mereka yang kaya raya dan berpendidikan setinggi mungkin. Tidak salah, karena dua hal itu juga bagian dari kesuksesan. Namun kesuksesan bukan hanya tentang dua hal tersebut.

Pemahaman ini penting agar kamu tak terjebak dalam definisi sempit kesuksesan lalu pesimis melihat hidupmu sendiri. Kamu harus merumuskan standar kesuksesanmu sendiri agar:

1. Gak gampang terintimidasi oleh pencapaian orang lain 

Penting, 5 Sebab Kamu Harus Punya Standar Kesuksesanmu Sendiri Unsplash.com/ismadragon

Terintimidasi oleh pencapaian orang lain ditandai dengan munculnya berbagai perasaan negatif. Seperti rasa tidak aman, gusar, cemas, dan tertekan setiap melihat orang yang berhasil meraih sesuatu.

Bila tidak segera diatasi, perasaan-perasaan tersebut akan menggiringmu ke dua kemungkinan. Menjadi pasif dan pesimis dengan hidup sendiri atau justru mengembangkan sikap agresif dengan menyerang orang lain yang kamu nilai lebih sukses daripada kamu.

2. Selalu bisa ikut berbahagia atas pencapaian orang lain 

Penting, 5 Sebab Kamu Harus Punya Standar Kesuksesanmu Sendiri Unsplash.com/windows

Jika kamu sudah terintimidasi dengan pencapaian orang lain, tidak mungkin kamu akan bisa ikut berbahagia atas pencapaiannya. Bukannya ikut berbahagia, kamu justru menjadi seorang pendengki.

Sebaliknya jika perasaanmu positif, otomatis kebahagiaan orang lain juga menjadi kebahagiaanmu. Kamu tidak merasa terancam karena kamu punya standar kesuksesanmu sendiri dan sadar betul ini bukanlah sebuah kompetisi di mana jika dia berhasil berarti kamu gagal.

Baca Juga: Gampang Puas Usai Raih Kesuksesan Sesaat? Ini Lho 5 Kerugiannya!

3. Selalu punya optimisme terlepas dari titik mana pun kamu berangkat 

Penting, 5 Sebab Kamu Harus Punya Standar Kesuksesanmu Sendiri Unsplash.com/atlas_green

Bahkan jika kamu memulai perjalananmu dari titik yang lebih jauh, bukan berarti kamu tak akan pernah sampai ke tujuanmu. Bahwa ada orang-orang yang memulai perjalanan dari titik yang lebih dekat dengan tujuan mereka, kamu tidak merasa perlu memusingkannya.

Sebab jelas, tujuan mereka bukanlah tujuanmu. Bila pun kebetulan tujuan kalian sama atau setidaknya beririsan, itu juga bukan masalah. Sangat mungkin untuk kalian memilih rute dan kendaraan yang berbeda.

Pun selalu ada yang terjadi di tengah perjalanan di luar kendali kalian. Kamu hanya akan fokus mempersiapkan perjalananmu sendiri dan melihat perjalanan orang lain sebagai penyemangat tambahan.

4. Tahu betul apa yang kamu inginkan dalam hidupmu dan kenapa menginginkannya 

Penting, 5 Sebab Kamu Harus Punya Standar Kesuksesanmu Sendiri Unsplash.com/mrrights

Apa yang penting bagi orang lain belum tentu penting bagimu. Atau penting juga, tetapi ada hal-hal yang ternyata bagimu lebih penting daripada itu.

Standar kesuksesan tak ubahnya keping-keping dalam permainan puzzle. Jika memang bukan kepingan yang cocok untukmu, kamu tidak akan pernah bisa menyatu dengannya. Bahkan saat akhirnya kamu bisa mencapai apa yang dicapai orang lain, itu justru hanya akan menyadarkanmu bahwa memang bukan itu yang kamu butuhkan dalam hidupmu.

Ujung-ujungnya, hidupmu akan terasa kosong karena kamu telah mengejar sesuatu yang tak perlu dikejar dan justru mengabaikan yang paling berarti untukmu. Dan saat kamu sampai pada kesadaran ini, waktumu barangkali tak banyak lagi.

5. Puas dengan hidupmu 

Penting, 5 Sebab Kamu Harus Punya Standar Kesuksesanmu Sendiri Unsplash.com/aloragriffiths

Puas dengan hidupmu tak berarti tidak ada yang kurang atau masih perlu diperbaiki dalam hidupmu. Puas dengan hidupmu berarti kamu bisa benar-benar menghargai semua yang telah ada dalam hidupmu, sekecil apa pun itu.

Kamu mengapresiasi dirimu sendiri dan semua hal yang membuatmu bisa melangkah sampai sejauh ini. Bahwa kamu masih punya tugas membuat hidupmu menjadi lebih baik lagi, tentu saja.

Semua orang juga punya tugas yang sama. Ini pekerjaan yang tak akan pernah selesai kecuali oleh kematian. Namun tak lantas kamu perlu mengecilkan begitu banyak anugerah dalam hidupmu.

Melihat orang lain dan keberhasilan mereka sama sekali bukan masalah. Toh, kamu memang tidak bisa menutup mata dari kenyataan. Namun pastikan kamu hanya memandangnya sebagai tambahan inspirasi selagi kamu terus memperbaiki standar kesuksesanmu sendiri dan gigih bergerak ke sana.

Baca Juga: 5 Alasan Rutin Berolahraga Bisa Bermanfaat untuk Kesuksesan Karier

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya