Comscore Tracker

5 Perjalanan Karier Chef Gordon Ramsay, dari Lapangan Hingga ke Dapur

Perjuangan menjadi koki handal

Gordon Ramsay, bagi penikmat acara reality show memasak pasti mengenal sosok pria satu ini. Khususnya negara Amerika dan Inggris, chef satu ini malang melintang dalam banyak stasiun televisi. Acara yang membawanya melambung tinggi adalah MasterChef dan Hell's Kitchen. Dimana dia berperingai galak seperti chef Juna kalau dalam versi Indonesia.

Sebagai chef terkenal tentu tak serta merta berhasil begitu saja. Kegagalan dan perjuangan Gordon Ramsay telah membentuknya sukses hingga sekarang. Berikut adalah perjalanan Gordon Ramsay sebagai chef peraih belasan bintang michelin.

1. Sempat jadi pemain lapangan namun berakhir di dapur

5 Perjalanan Karier Chef Gordon Ramsay, dari Lapangan Hingga ke Dapurgoal.com

Gordon Ramsay lahir di Glasgow, Skotlandia pada tanggal 8 November 1966. Namun pada usia 5 tahun, Gordon Ramsay dan keluarga pindah ke Stratford-upon-Avon, Inggris. Di tempat barunya, Gordon Ramsay menekuni dunia sepak bola.

Kecintaannya pada sepak bola ditunjukkan lewat keseriusannya hingga masuk klub yang bergengsi. Gordon Ramsay masuk klub tim muda Oxford United dan Liga Skotlandia Glasgow Rangers pada umur 15 tahun.

Namun naas cedera lutut yang dialaminya membuat Gordon Ramsay harus mengubur angannya. Gordon Ramsay memutuskan untuk memulai hidupnya kembali dengan kembali menempuh pendidikan. Gordon masuk dalam dunia pendidikan menekuni manajemen hotel. 

2. Kesungguhan dalam memasak

5 Perjalanan Karier Chef Gordon Ramsay, dari Lapangan Hingga ke Dapurinstagram.com/gordongram

Sudah masuk dalam dunia manajemen hotel membuat Gordon Ramsay semakin bersemangat masuk dalam dunia masak. Bahkan Gordon Ramsay magang di Harvey's London dengan Marco Pierre White dan bekerja di bawah Albert Roux di Le Gavroche. Tak berhenti di situ, pada tahun 1990-an Gordon Ramsay melakukan perjalanan ke Paris dan bekerja lagi di bawah Joel Robuchon dan Guy Savoy di Perancis.

Hingga puncaknya Gordon Ramsay kembali ke Inggris menjadi kepala koki Aubergine. Dimana Gordon Ramsay berhasil mendapatkan 2/3 bintang dari Michelin Guide. Bahkan pada tahun 1995, Gorodon Ramsay mendapatkan award untuk bisnis hotel dan restoran sebagai Newcomer of the Year di Catey Awards

3. Restoran Gorodon Ramsay tersebar di berbagai belahan dunia

5 Perjalanan Karier Chef Gordon Ramsay, dari Lapangan Hingga ke Dapurtelegraph.co.uk

Saat masih di Aubergine ada masalah keuangan yang goyah sehingga Gordon Ramsay memutuskan untuk membuka restorannya sendiri. Pada tahun 1998 di London, Restoran Gordon Ramsay resmi dibuka dan tak perlu waktu lama. Dalam waktu tiga tahun saja akhirnya mendapatkan 3 bintang dari Michelin Guide.

Tak berhenti di situ, Gordon Ramsay membuka beberapa restoran di beberapa tempat. Dia membuka restoran Petrus yang mendapatkan Michelin Guide pada bulan ketujuh. Pada tahun 2001 Gordon Ramsay juga membuka restoran Gordon Ramsay kedua dan mendapatkan Michelin Guide pada tahun kedua walaupun harus tutup pada tahun 2013. Tak lupa di luar negeri, Gordon Ramsay melebarkan sayapnya lewat Verre di Dubai.

Ada banyak restoran yang pernah didirikan Gordon Ramsay walaupun beberapa harus gulung tikar untuk sebab tertentu. Diantara restoran tersebut adalah Savoy Grill, Boxwood Café, Maze, La Noisette, Gordon Ramsay di London dan New York City serta Gordon Ramsay au Trianon di Versailles. Walaupun ada juga di Jepang, Australia, dan Afrika Selatan.

Baca Juga: Terkenal Galak, 9 Potret Hangat Chef Seleb Gordon Ramsay & Keluarga

4. Terjun menjadi selebriti chef

5 Perjalanan Karier Chef Gordon Ramsay, dari Lapangan Hingga ke Dapurinstagram.com/gordongram

Tak hanya berbisnis restoran, Gordon Ramsay juga memiliki acara televisinya sendiri. Pertama kali masuk dalam layar televisi pada tahun 1996 menjadi juri untuk MasterChef. Dilanjut dalam acara Kitchen Nightmares, mengubah restoran gagal menjadi menguntungkan. Lalu lanjut dalam acara Hell's Kitchen, Hotel Hell, The F-Word, Rohay cohosted. Serta film dokumenter yaitu Boiling Point, Beyond Boiling Point, Gordon on Cocaine dan Gordon Ramsay: Uncharted.

Selain televisi, Gordon Ramsay juga membuat buku yang best seller. Paling tidak ada 20 buku yang diterbitkan. Diantara bukunya adalah Passion for Flavour (1996), Humble Pie (2006) dan Gordon Ramsay’s Playing with Fire (2007).

5. Kehidupan pribadi

5 Perjalanan Karier Chef Gordon Ramsay, dari Lapangan Hingga ke Dapurinstagram.com/gordongram

Pada tahun 1996, Gordon Ramsay memutuskan untuk menikah dengan seorang guru yang bernama Cayetana Elizabeth "Tana" Hutcheson. Kini mereka memiliki 5 anak dimana yang terakhir lahir pada tanggal 4 April 2019. Anak sulungnya terlihat mewarisi bakat ayahnya dalam bidang masak. Dimana pernah dalam satu acara masak di stasiun televisi CBBC dan ITV.

Perjalanan panjang ternyata telah dilewati oleh koki yang terkenal galak ini hingga sukses seperti sekarang. Walaupun gagal menjadi pesepakbola dan bolak balik menutup restorannya, Gordon Ramsay tetap bisa bertahan hingga kini.

Baca Juga: Ini 10 Tips Masak ala Gordon Ramsay Biar Lebih Efisien dan Gampang

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You