Comscore Tracker

5 Cara Bersikap Menghadapi Orang yang Senang Gosipin Kamu

Balaslah dengan kebaikan!

Janganlah membalas keburukan dengan sebuah keburukan juga. Namanya juga manusia, tidak ada yang bisa menjadi sempurna walaupun segunung kebaikan telah dilakukan. Hanya dengan satu kesalahan semua kebaikan yang pernah dilakukan bisa sirna dalam sekejap. Sindiran, cemoohan, hingga menjadi bahan gibah sering dilakukan orang-orang yang tidak suka dengan diri kita.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika menjadi bahan sindiran hingga gibahan atau gosip orang lain? Simak di bawah ini.

1. Cuek dan teruslah berbuat baik

5 Cara Bersikap Menghadapi Orang yang Senang Gosipin Kamuunsplash.com/naptimedoe

Sikap pertama yang harus kamu lakukan adalah cuek. Jangan pernah pedulikan apa yang orang bicarakan tentangmu. Jangan mudah terpancing dan tersulut emosi. Orang lain akan menilai bagaimana sikapmu saat menjadi bahan gibahan mereka. Bersikaplah tenang dan teruslah berbuat baik.

Menghabiskan waktu memikirkan mereka yang tidak menyukaimu hanya membuang waktu. Lanjutkan saja kehidupan dengan terus berbuat baik dan lakukan hal-hal produktif.

2. Introspeksi dirimu

5 Cara Bersikap Menghadapi Orang yang Senang Gosipin Kamuunsplash.com/luka_malic_

Ketika orang lain berani menggosipkanmu, pasti ada mengapa mereka melakukan hal tersebut. Bersikaplah dewasa dan bijaksana. Membalas keburukan dengan keburukan bukanlah solusi. Coba kembali tanyakan kepada dirimu dan bercerminlah. Apa saja yang salah dengan dirimu.

Jika kamu tidak menemukan kesalahanmu, jangan ambil pusing. Teruslah introspeksi dirimu, karena dengan begitu kamu akan sadar bahwa kamu bukanlah orang yang sempurna.

Baca Juga: 5 Alasan Berhenti Bergosip Bisa Bikin Kamu Bahagia

3. Berikan senyum terbaik dan sikap paling ramah terhadap orang yang suka menggosipkanmu

5 Cara Bersikap Menghadapi Orang yang Senang Gosipin Kamuunsplash.com/gabriellehenderson

Berikan senyuman setiap kali kamu bertemu dengan orang-orang yang senang menggosipkanmu. Bersikaplah sebaik mungkin dan berikan senyuman terbahagiamu menghadapi orang-orang yang tidak bahagia tersebut. Tunjukkan bahwa kamu baik-baik saja dan tetap menjadi pribadi yang positif walaupun terus-terusan digibah.

Secara tidak langsung orang-orang yang akan menggosipkanmu lama-lama akan malu sendiri dengan kelakuan mereka.

4. Berkarya dan berprestasi

5 Cara Bersikap Menghadapi Orang yang Senang Gosipin Kamuunsplash.com/ronnysison

Daripada kamu pusing memikirkan menjadi sempurna dan ingin terhindar dari bahan gosip, lebih baik kamu berkarya dan produktif dengan caramu sendiri. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang bisa dibanggakan dan dihormati. Tampar orang-orang yang senang menggosipkanmu dengan karya-karya dan prestasimu. Semua itu sudah cukup untuk menyumpal mulut orang-orang yang senang menggosipkanmu.

5. Jangan pernah balas bergosip

5 Cara Bersikap Menghadapi Orang yang Senang Gosipin Kamuunsplash.com/priscilladupreez

Dalam kehidupan, kadang yang namanya karma juga bisa berlaku. Salah satunya keburukan yang pernah kamu lakukan terhadap orang lain mungkin kelak akan berbalik menimpamu. Kamu tidak mau digosipkan? Jangan pernah menggosipkan orang lain.

Karena sulit menafsirkan apa yang ada di dalam pikiran setiap manusia, bisa saja hari ini mereka baik terhadapmu dan sangat mungkin kebaikan itu akan menjadi kejahatan yang sangat pedih. Jangan menginginkan kebaikan jika kamu tidak pernah melakukan kebaikan.

Jangan terlalu memusingkan apa yang orang lain pikirkan terhadapmu. Tugasmu hanyalah melanjutkan hidup ini sambil berpegang pada prinsip, tebarkan kebaikan dan tuai hasilnya.

Baca Juga: Kurangi Yuk, Segera Lakukan 6 Hal Ini Bila Kamu Senang Bergosip! 

M. Farid Hermawan Photo Community Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You