Comscore Tracker

Pernah Menyesal Bertemu Orang? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Gak semua memiliki kesan baik

Bertemu seseorang yang baru kita kenal merupakan hal yang memiliki dua dampak bagi kehidupan kita. Dampak baik dan dampak buruk. Pengertian dari dampak baik adalah di saat kita menemukan hal yang menarik dan positif di saat kita bertemu dengan seseorang tersebut. Sehingga membuat kita merasa bersyukur telah dipertemukan dengannya.

Namun tak jarang dari kita juga merasakan dampak buruk dari pertemuan dengan seseorang yang baru kita kenal. Bahkan karena terlalu dalam dampak negatif tersebut ada pada diri kita, mungkin saja pada akhirnya kita menyesal dan berusaha untuk menjauh darinya. Kira-kira apa ya penyebabnya? Berikut ini adalah jawabannya!

1. Terlalu dalam disakiti

Pernah Menyesal Bertemu Orang? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaMenatap kearah yang berbeda (Unsplash.com/charliefoster)

Entah itu sebagai teman ataupun pasangan, seseorang yang telah pergi meninggalkan kita pastinya memiliki kesan yang sulit dilupakan. Hanya saja kesan tersebut tidak selalu baik untuk kita. Seperti halnya dengan ketika kamu memiliki seorang mantan yang sudah menyakiti kamu terlalu dalam, apakah kamu mampu mengingat kesan baiknya?

Di saat kita disakiti terlalu dalam oleh seseorang, yang kita ingat bukan hal baik yang pernah ia lakukan kepada kita. Tetapi segala hal buruk yang pernah kita rasakanlah yang mendominasi kenangan dari orang tersebut. Maka tak heran apabila rasa sakit itu membuat kita menyesal telah bertemu dengannya bahkan dalam waktu yang singkat.

2. Membuat kita terjebak di dalam kondisi yang tidak nyaman

Pernah Menyesal Bertemu Orang? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaMenyendiri di bawah hujan (Unsplash.com/ArtamHoomat)

Apakah kamu pernah berada dalam satu kondisi dimana kamu ingin lepas dari sebuah hal, namun kamu terhalang oleh orang-orang di sekelilingmu? Jika kamu pernah merasakannya, pasti kamu akan sangat sulit untuk melupakan sebuah ‘kesialan' itu setidaknya dalam waktu yang tidak terlalu singkat di dalam pikiranmu.

Tapi buat kalian yang belum paham. Maksud dari terjebak dalam kondisi yang tidak nyaman ini adalah kondisi dimana kita tidak suka berada dalam kejadian tersebut, namun seseorang terus saja menahan kita atau bahkan mengakibatkan ketidaknyamanan itu. Salah satu contohnya adalah bullying, yang membuat kita menjadi trauma.

Baca Juga: 10 Tips Mengendalikan Ego, Pahami agar Kamu Gak Menyesal

3. Kita dimanfaatkan

Pernah Menyesal Bertemu Orang? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaMengobrol bareng (Unsplash.com/AndreaTummons)

Pernah dimanfaatkan oleh seseorang? Kira-kira apa nih yang ingin kamu katakan kepada seseorang yang telah memanfaatkan kamu demi tujuannya? Pasti karena terlalu jengkelnya, bisa jadi kamu akan malas untuk meladeninya dan lebih ingin melupakannya daripada mengingat masa-masa yang tak menyenangkan itu.

Kita dalam hidup ini gak boleh loh memanfaatkan seseorang semata-mata hanya demi tujuan yang kita inginkan. Sebab, perasaan seseorang jika sudah disakiti akan sangat sulit untuk disembuhkan. Terlebih, orang-orang yang suka memanfaatkan ini sama sekali tidak peduli dengan usaha yang kita perbuat. Jadi jengkel sendiri, kan!

4. Seseorang membuat kita menjadi pribadi yang buruk

Pernah Menyesal Bertemu Orang? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaMentap pecahan cermin (Unsplash.com/fareshamouche)

Tak ada kesan baik yang akan kita berikan kepada seseorang yang membuat kita berubah menjadi sosok pribadi yang buruk daripada sebelumnya. Pertemuan dengan seseorang yang dapat mengubah kita seperti ini adalah bencana. Oleh karena itu, kita selalu diajarkan untuk memilih teman yang baik daripada kita terjerumus.

Dan buat kamu yang pernah mengalami hal ini, kamu harus tahu bahwa kamu tak sepenuhnya salah. Kamu hanya terjebak dan kurang mampu mengendalikan diri. Selebihnya kamu harus mulai belajar untuk menempatkan diri pada hal-hal yang lebih baik daripada ini. Karena itu adalah langkah yang baik untuk kamu.

5. Pertemuan dengannya menyisakan pertanyaan

Pernah Menyesal Bertemu Orang? Mungkin 5 Hal Ini PenyebabnyaMenolak bicara (Unsplash.com/obiefernandez)

Pertemuan apa sih yang biasanya menyisakan pertanyaan di dalam benak kamu? Mungkin kamu bingung, tetapi pertemuan yang menyisakan pertanyaan itu benar adanya dan sangat gak nyaman untuk kita. Mengapa, karena dari pertemuan itu kita menjadi mudah goyah dan mulai mempertanyakan hal-hal yang gak kita bayangkan.

Contohnya dengan seseorang yang membuat kita terhasut dengan kata-katanya. Mereka berusaha membuat kita percaya kepadanya tetapi apa yang dikatakannya tidak sesuai dengan apa yang kita percayai. Sehingga kita selalu terbayang-bayang akan apa yang mereka katakan.

Kita tidak boleh takut untuk bertemu oleh orang-orang yang baru kita temui. Tak masalah jika mereka mungkin memiliki niat yang buruk di dalam hatinya. Hanya saja kamu harus lebih pintar untuk menghindar di saat hal-hal buruk mulai ia perlihatkan kepada kamu.

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Based on my perspective

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya