Comscore Tracker

Doa Ketika Wukuf di Arafah, Wajib Dibaca agar Ibadah Hajimu Lengkap!

#IDNTimesLife Perhatikan dengan benar

Wukuf di Arafah merupakan rukun haji yang utama. Oleh karena itu, seseorang yang melaksanakan haji, wajib melakukan wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah.

Bahkan, dalam sebuah hadis, dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Haji adalah wukuf di Arafah.” Namun, sebelum melaksanakan wukuf di Arafah, mari simak doa  ketika wukuf yang wajib diamalkan pada ulasan berikut ini.

1. Hadis tentang berdoa ketika wukuf di Arafah

Doa Ketika Wukuf di Arafah, Wajib Dibaca agar Ibadah Hajimu Lengkap!Ilustrasi berdoa (IDN Times/Rizka Yulita)

Ketika wukuf di Arafah, dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan doa kepada Allah SWT. Bahkan, Imam Alghazali dalam kitab Ihya’ Ulumiddin, menyarankan agar kesibukan utama pada hari Arafah dan ketika wukuf di Arafah adalah doa.

Hal ini karena pada hari Arafah, doa sangat dekat untuk dikabulkan oleh Allah. Hadis tersebut berbunyi:

وليكن اهم اشتغاله في يوم عرفة الدعاء

“Hendaklah kesibukan utama pada hari Arafah adalah berdoa.”

2. Doa ketika wukuf di Arafah

Doa Ketika Wukuf di Arafah, Wajib Dibaca agar Ibadah Hajimu Lengkap!Ilustrasi berdoa (IDN Times/Anjani Eka Lestari)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika ingin menjalankan wukuf, ada baiknya bila kamu memperbanyak bacaan doa. Berikut ini adalah salah satu doa yang wajib dibaca saat menjalankan ibadah wukuf:

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِي نَقُولُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُولُ ، اللَّهُمَّ لَكَ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي وَإِلَيْكَ مَآبِي وَلَكَ رَبِّ تُرَاثِي ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسَةِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ الْأَمْرِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِيءُ بِهِ الرِّيحُ

Allahumma lakal hamdu kalladzi naqulu wa khairom mimma naqulu, allahumma sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati wa ilaika ma-abi wa laka rabbi turatsi, allahumma inni a’uzu bika min ‘azabil qobri wa waswasatis shodri wa syatatil amri, allahumma inni a’uzu bika min syarrima taji-u bihir rihu.

Baca Juga: Doa Menggunting Rambut Bayi saat Akikah, Penuh Berkah buat si Kecil

3. Arti doa wukuf di Arafah

Doa Ketika Wukuf di Arafah, Wajib Dibaca agar Ibadah Hajimu Lengkap!Ilustrasi berdoa (IDN Times/Fikriyah Nurshafa)

Berikut ini arti dari bacaan doa wukuf di Arafah:

"Ya Allah, segala puji untuk-Mu, seperti apa yang Engkau firmankan dan yang baik dari apa-apa yang kami ucapkan. Ya Allah, bagi-Mu salatku, ibadahku, hidupku dan matiku dan kepada-Mu tempat kembaliku dan kepada-Mu lah pemeliharaan apa yang aku tinggalkan. Ya Alah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan keragu-raguan dalam hati serta kesulitan segala urusan. Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang dihembuskan oleh dingin."

Itulah doa ketika wukuf di Arafah yang patut kamu baca ketika sedang menjalankan ibadah haji. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bacaan dan Arti Doa Sa'i, Rukun Ibadah Haji dan Umrah

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya