Comscore Tracker

5 Bentuk Apresiasi Diri yang Bisa Dilakukan, Gak Semuanya Butuh Uang

Kamu bisa berterima kasih pada diri sendiri  

Tentu kita pernah memberikan apresiasi kepada orang lain. Entah itu pujian, memberi hadiah, maupun sebaris ucapan selamat atau terima kasih. Apresiasi yang kita berikan kepada orang lain menunjukkan bahwa kita adalah sosok yang respek dan menghargai antarsesama. Namun demikian, sudahkah kita memberikan apresiasi pada diri sendiri?

Tidak dapat dimungkiri jika hal itu masih sering diabaikan. Kita sangat peduli dengan orang lain, tapi cenderung melupakan diri sendiri. Padahal memberikan apresiasi pada diri sendiri itu penting dilakukan, lho. Lantas, apa sajakah bentuk apresiasi yang bisa dilakukan pada diri sendiri? Berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Me time

5 Bentuk Apresiasi Diri yang Bisa Dilakukan, Gak Semuanya Butuh Uangilustrasi membaca novel (pexels.com/George Milton)

Siapa, sih, yang tidak bosan dengan rentetan pekerjaan yang tidak ada habisnya? Semua orang pasti ingin segera terbebas dari beban pekerjaan. Entah itu terkait pekerjaan rumah maupun pekerjaan di kantor. Satu sudah berhasil dituntaskan ternyata muncul lagi sederet pekerjaan lain yang menunggu untuk segera dikerjakan.

Pekerjaan yang tak ada habisnya tentu menjadi keletihan tersendiri. Menghadapi situasi tersebut, kamu harus bisa mengapresiasi diri atas kerja keras yang telah dilakukan, salah satunya dengan me time. Tidak harus bepergian jauh atau menghabiskan banyak uang, kamu dapat menikmati waktu sejenak di rumah dengan minum teh, menonton film kesukaan, maupun kegiatan ringan lainnya.

2. Meluangkan waktu untuk hobi

5 Bentuk Apresiasi Diri yang Bisa Dilakukan, Gak Semuanya Butuh Uangilustrasi berkemah (pexels.com/Uriel Mont)

Setiap orang pasti memiliki hobi yang menjadi ketertarikannya. Ada tipe orang yang menyukai hal-hal ringan dan sederhana seperti membaca novel ataupun menonton film. Sebagian lagi memiliki ketertarikan dengan aktivitas yang ekstrem dan memacu adrenalin seperti mendaki gunung.

Namun tahukah kamu? Meluangkan waktu untuk hobi merupakan salah satu bentuk sederhana yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi diri, lho. Dengan melakukan hobi yang disukai, maka kamu dapat bersantai sejenak dari padatnya pekerjaan sehingga pikiran kembali fresh.

Baca Juga: 5 Manfaat Self Reward yang Sesungguhnya, Jangan Salah Paham

3. Self reward

5 Bentuk Apresiasi Diri yang Bisa Dilakukan, Gak Semuanya Butuh Uangilustrasi menenteng tas belanja (pexels.com/Tim Douglas)

Mengikuti arus pekerjaan memang tidak ada habisnya. Kalau diibaratkan seperti kata pepatah, mati satu tumbuh seribu. Menyelesaikan satu tanggungan tidak berarti membuat kamu terbebas. Masih ada sederet beban kerja lainnya yang menunggu untuk segera dituntaskan.

Menghadapi kondisi yang demikian, tentu kamu harus bisa memberikan apresiasi pada diri sendiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghargai diri sendiri yaitu dengan self reward. Sesekali kamu dapat menuruti keinginan diri seperti membeli barang yang diinginkan atau pergi berlibur ke tempat tertentu untuk menghilangkan kejenuhan.

4. Memaafkan kesalahan diri sendiri

5 Bentuk Apresiasi Diri yang Bisa Dilakukan, Gak Semuanya Butuh Uangilustrasi tersenyum (pexels.com/Chermiti Mohamed)

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Entah itu kesalahan yang menyangkut hal-hal sepele maupun kesalahan terkait urusan yang serius. Baik itu kesalahan yang melibatkan dirinya sendiri maupun kesalahan yang melibatkan banyak orang.

Namun demikian, kamu juga tidak boleh larut dalam kesalahan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi diri yaitu dengan memaafkan apa yang sudah terjadi. Apa yang sudah berlalu tidak akan pernah bisa diputar kembali. Satu-satunya yang dapat kamu lakukan adalah memperbaiki diri agar tidak terjebak kesalahan yang sama.

5. Berterima kasih pada diri sendiri

5 Bentuk Apresiasi Diri yang Bisa Dilakukan, Gak Semuanya Butuh Uangilustrasi perempuan rambut coklat (pexels.com/Tristan Le)

Tentu kamu pernah mengucapkan kalimat terima kasih. Biasanya ini diucapkan setelah mendapat pertolongan dari orang lain. Ucapan terima kasih merupakan hal sederhana yang dapat dilakukan untuk memberikan apresiasi antar sesama.

Namun demikian, sudahkah kamu mengucapkan terima kasih pada diri sendiri. Mungkin terdengar sepele, tetapi mengucapkan terima kasih pada diri sendiri merupakan salah satu bentuk apresiasi diri yang penting dilakukan, lho. Bagaimana pun juga kerja kerasmu patut dihargai.

Tentu kita pernah memberikan apresiasi terhadap orang lain. Meskipun begitu, jangan sampai kamu melupakan apresiasi terhadap diri sendiri ya. Jika kamu masih bingung bagaimana cara memberikan apresiasi terhadap diri sendiri, lakukan lima hal di atas. 

Baca Juga: 5 Alasan Self Reward Itu Penting, Kerja Kerasmu Patut Diapresiasi!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya