Comscore Tracker

5 Tipe Orang yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Ribet, Hindari! 

Mulai playing victim sampai tukang gosip 

Siapa, sih, yang mau dan bersedia dalam menjalani hidup ribet? Setiap dari kita pasti akan berusaha menghindarinya. Jangan sampai, deh, hidup dikelilingi oleh masalah. Bahkan sekadar membayangkannya saja sudah membuatmu pusing tujuh keliling.

Namun demikian, kehidupan yang ribet dan penuh masalah ini juga bisa diakibatkan oleh circle-mu, lho. Kamu akrab dengan sejumlah orang yang memiliki sifat maupun sikap yang buruk. Kira-kira orang seperti apa sajakah itu? Berikut ini merupakan lima tipe orang yang bisa bikin hidup jadi semakin ribet.

1. Tipe orang kepo 

5 Tipe Orang yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Ribet, Hindari! ilustrasi mengobrol (pexels.com/Tim Douglas)

Keberadaan orang-orang kepo pasti sudah tidak asing lagi di lingkungan sekitar. Bak seorang wartawan, mereka tak ingin ketinggalan secuil pun informasi dari orang-orang di sekelilingnya. Bahkan informasi yang sebenarnya tidak penting sekalipun.

Berada dalam circle pertemanan orang kepo tanpa disadari bisa menjadi penyebab mengapa hidupmu semakin ribet. Sebab mereka akan selalu mencari tahu semua yang terjadi pada dirimu, termasuk terus mengorek permasalahan pribadi.

2. Tipe orang perfeksionis

5 Tipe Orang yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Ribet, Hindari! ilustrasi perempuan karier (pexels.com/RODNAE Production)

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan standar kesempurnaan. Ini bisa membuatmu terus berbenah diri menjadi individu yang lebih baik ke depannya. Namun demikian, hal itu juga ada batasannya, lho. Jangan sampai kamu malah terkurung menjadi orang yang terlalu perfeksionis.

Berteman dengan tipe orang yang terobsesi dengan konsep perfect nyatanya termasuk salah satu penyebab yang bisa bikin hidupmu ribet, lho. Obsesinya yang tinggi terhadap kesempurnaan bisa saja menghambatmu dalam berkreativitas. Setiap langkah yang kamu ambil selalu dikomentari.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sedang Overthinking, Sering Terlalu Perfeksionis 

3. Tipe orang negative thinking 

5 Tipe Orang yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Ribet, Hindari! ilustrasi mengobrol (pexels.com/Fauxels)

Secara garis besar, cara orang dalam berpikir bisa dibedakan menjadi dua. Ada sebagian orang yang selalu memiliki pemikiran positif atau positive thinking. Sedangkan sebagian lainnya cenderung memiliki pemikiran negatif atau negative thinking.

Bertahan dalam circle orang-orang yang selalu berpikiran negatif bisa membuat hidupmu semakin ribet, lho. Hal-hal kecil yang kamu lakukan selalu dinilai buruk oleh mereka. Terlebih lagi jika apa yang kamu lakukan sangat berbanding dengan keinginan mereka.

4. Tipe orang playing victim 

5 Tipe Orang yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Ribet, Hindari! ilustrasi bersedih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan sosok playing victim? Bahkan di lingkungan sekitar, ini bukan sesuatu yang aneh lagi. Sosok dengan perilaku playing victim punya segala cara untuk menyelamatkan dirinya dari situasi terburuk, bahkan lari dari kesalahan yang diperbuat.

Mereka yang hobi playing victim termasuk dalam salah satu tipe orang yang bisa bikin hidupmu makin ribet. Dekat dengan mereka, bukan tidak mungkin kamu akan dijadikan sasaran kambing hitam atas apa yang telah diperbuat

5. Tipe orang tukang gosip 

5 Tipe Orang yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Ribet, Hindari! ilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Duduk bersama sambil membicarakan orang lain bagi sebagian orang sangat menyenangkan. Entah apa yang dibicarakan benar atau tidak, dipikir belakangan. Yang penting asyik ngobrol bergosip dulu.

Berteman dengan tipe penggosip rupanya harus diwaspadai. Tingkah polahnya bisa jadi membuat hidupmu semakin ribet. Apalagi jika mereka mengumbar permasalahan privasimu dalam sebuah obrolan sehingga semakin menyebar luas.

Hidup yang semakin ribet bisa jadi akibat kesalahan kita dalam memilih teman bergaul. Jika kamu bertemu dengan lima tipe orang di atas, sebisa mungkin hindari, ya.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Toksik yang Bikin Kamu Punya Banyak Musuh

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya