Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Kenyamanan Hidup

Tergantung dari pola pikir dan tindakanmu

Jika ditanya, pasti semua orang menginginkan kenyamanan hidup. Memang tidak dapat dimungkiri bahwa kenyamanan hidup berpengaruh besar terhadap kebahagiaan.

Meskipun begitu, sebagian besar dari kita sayangnya terjebak pada pemahaman yang keliru. Kamu mendefinisikan kenyamanan hidup sama dengan kemewahan, padahal inti kenyamanan bukan di situ. Lima hal berikut harus kamu ketahui untuk lebih memahami tentang kenyamanan hidup.

1. Kenyamanan hidup terletak pada pola pikirmu 

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Kenyamanan Hidupilustrasi perempuan muda (pexels.com/Koolshooters)

Pada kenyataannya pola pikir memegang kendali atas kehidupan yang kita jalani. Memiliki pola pikir yang serba gegabah, hidup terasa tak tentu arah. Namun, sebaliknya saat kamu memiliki pola pikir yang tenang dan terkontrol.

Ini erat kaitanya dengan kenyamanan hidup. Kamu harus bisa mengontrol pikiranmu sendiri agar tenang dan tidak mudah gegabah. Seseorang yang pikirannya terkontrol mampu mengatur hidupnya agar lebih tertata.

2. Hidup yang nyaman tidak harus mewah 

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Kenyamanan Hidupilustrasi perempuan muda (pexels.com/Reem Mansour)

Kemewahan banyak meracuni pikiran orang. Mereka beranggapan gaya hidup tersebut akan mendatangkan kenyamanan, padahal belum tentu itu benar. Bisa jadi yang terjadi justru sebaliknya.

Ada hal penting yang harus kamu ingat: hidup nyaman tidak harus mewah. Namun, bagaimana kamu menyesuaikan kemampuan dengan gaya hidup yang ada, bukan hanya mengutamakan gengsi demi menuruti standar orang lain.

Baca Juga: 5 sebab Resepsi Sederhana Justru Beri 'Kemewahan' Hidup

3. Kenyamanan hidup juga bisa berasal dari hal-hal sederhana 

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Kenyamanan Hidupilustrasi perempuan muda (pexels.com/Ralitsa Racheva)

Untuk memperoleh kenyamanan hidup tidak perlu neko-neko. Kamu tidak harus memaksakan diri bergaya mewah ataupun menuruti standar orang lain. Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri.

Tanpa disadari, kenyamanan hidup ternyata bisa berasal dari hal-hal sederhana. Kehidupan yang bersahaja pun ternyata bisa mendatangkan kenyamanan. Bahkan, kenyamanan yang kamu rasakan akan bertahan lama.

4. Menjadi pribadi yang berkarakter baik, kamu akan memperoleh kenyamanan hidup 

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Kenyamanan Hidupilustrasi perempuan muda (pexels.com/Mikhail Nilov)

Ucapan dan tindakan menentukan perlakuan orang-orang sekitar terhadapmu. Apakah kamu menjadi orang yang berkarakter baik atau justru sebaliknya. Semua ada risiko yang harus ditanggung.

Menjadi pribadi yang berkarakter baik, kamu akan memperoleh kenyamanan hidup. Orang-orang menaruh rasa hormat dan memperlakukanmu dengan baik. Bahkan, kamu hampir tidak memiliki musuh di mana pun berada.

5. Kenyamanan hidup juga tergantung dari caramu berinteraksi dengan orang-orang sekitar 

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Kenyamanan Hidupilustrasi perempuan muda (pexels.com/Elina Fairytale)

Menjadi makhluk sosial, mustahil kita tidak berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Entah bertegur sapa atau basa-basi, kamu pasti pernah melakukannya. Cara berinteraksi dengan orang-orang sekitar inilah yang perlu diperhatikan.

Usahakan kamu selalu mengedepankan sopan santun. Cara berinteraksi yang sesuai dengan etika membuat orang-orang nyaman dan respek kepadamu. Secara tidak langsung, kamu pun memperoleh kenyamanan hidup dari hal tersebut.

 

Jika ditanya, semua orang pasti mendamba kenyamanan hidup. Namun, yang jelas, kenyamanan bukan diukur dari kemewahan. Kenyamanan hidup ditentukan dari pola pikir ataupun caramu bersikap kepada lingkungan sekitar.

Baca Juga: 5 Alasan Berani jadi Diri Sendiri Memberikan Kenyamanan di Hati

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya