Comscore Tracker

Bikin Betah, 10 Ide Dekorasi Kamar Asrama Estetik dan Nyaman 

Tinggal di tempat baru sebuah tantangan

Mungkin kamu baru saja akan menikmati waktu baru di asrama setelah memulai tahun ajaran di kampus? Tidak hanya di luar negeri, di dalam negeri sendiri pun ada beberapa kampus yang mengharuskan para mahasiswanya untuk tinggal di asrama. Bisa jadi juga karena kamu mengambil kampus yang jauh dari tempat tinggal asalmu. Berada di asrama sendiri sering kali kamu harus berada dalam satu ruangan bersama orang lain.

Ada banyak hal yang harus disesuaikan dengan sesama penghuni kamar asrama. Kamu juga mungkin memiliki kebingungan menempatkan barang-barang milikmu hingga dekorasi yang tidak bisa secara leluasa kamu terapkan layaknya di kamarmu sendiri. Di sisi lain, kamu juga pasti ingin membuat kamar asrama tetap nyaman. Berikut ini ada beberapa ide yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar asrama lebih nyaman sekaligus estetik!

1. Buat area kamarmu lebih personal

Bikin Betah, 10 Ide Dekorasi Kamar Asrama Estetik dan Nyaman inspirasi dekorasi kamar asrama (homesandgardens.com)

Kamu bisa mulai dengan membuat area kamar asramamu menjadi lebih mencerminkan dirimu. Tips satu ini bisa membuat kamu seakan berada di rumah.  Cara paling mudah adalah dengan menyimpan benda-benda milikmu di dalam rak penyimpanan. Di sini kamu bisa meletakkan benda-benda koleksi dari hobimu. menata rak dengan ornamen, hingga memiliki benda-benda seperti instrumen, lukisan, atau pemutar kaset, koleksi dekorasi lain membuat suasana asrama menjadi lebih homey.

2. Pilih tema warna menenangkan di kamar asrama

Bikin Betah, 10 Ide Dekorasi Kamar Asrama Estetik dan Nyaman inspirasi dekorasi kamar asrama (instagram.com/www_elenaheim_com)

Selanjutnya, kamu bisa membuat kamar asrama menjadi lebih menyenangkan dengan memilih warna-warna menenangkan. Warna menenangkan ini bisa juga dipilih berdasarkan warna favoritmu. Warna yang ketika kamu melihatnya kamu merasa lebih bahagia dan nyaman. Terapkan warna tersebut pada bed cover, karpet tempat bersantai bersama teman-teman asrama lain, hingga kain gorden juga pernak-pernik dekoratif lainnya di kamar.

3. Dekorasi area khusus untuk belajar

Bikin Betah, 10 Ide Dekorasi Kamar Asrama Estetik dan Nyaman inspirasi dekorasi kamar asrama (instagram.com/shoppeamberinteriors)

Bagian dekorasi yang tidak boleh kamu lupakan di kamar asrama adalah desk atau area meja belajar. Pastikan kamu memiliki area belajar yang benar-benar nyaman agar tujuan utama kamu menempati asrama untuk menuntut pendidikan ini lancar. Memiliki area belajar yang tertata rapi dengan dekorasi sesuai kebutuhan dan juga kamu senangi bisa meningkatkan produktifitas kamu, loh.

Tak hanya soal rak penyimpanan buku dan peralatan belajar yang memadai. Pastikan tempat dudukmu juga nyaman dengan bantal, kemudian dapatkan juga pencahayaan yang pas dari lampu belajar. Tambahkan lilin aromaterapi yang menambah suasana lebih tenang.

4. Rangkai dekorasi tempat tidur senyaman mungkin

Bikin Betah, 10 Ide Dekorasi Kamar Asrama Estetik dan Nyaman inspirasi dekorasi kamar asrama (instagram.com/www_elenaheim_com)

Agar kamu tetap nyaman saat berada di asrama, kamu harus memastikan kualitas tidurmu juga tetap baik ketika berada di asrama. Kamu bisa memulainya dari membuat kasur tempatmu tidur dengan dekorasi senyaman mungkin. Selain kasur, pilihlah seprei, bed cover, hingga bantal-bantal yang tidak hanya nyaman untuk ditiduri namun diberi dekorasi yang menarik. Sementara tempat tidur sendiri menjadi item furnitur paling besar dan utama di kamar. Jangan takut memberi banyak warna dan corak, mulai dari floral, gingham, polkadot, dan lainnya untuk penampilan bed set yang lebih atraktif.

5. Pastikan furnitur tetap fungsional, praktis, namun juga dekoratif

Bikin Betah, 10 Ide Dekorasi Kamar Asrama Estetik dan Nyaman inspirasi dekorasi kamar asrama (homesandgardens.com)

Berbeda dengan kamarmu sendiri, di kamar asrama ruang yang kamu miliki mungkin lebih kecil dan terbatas. Terlebih jika kamu memang harus berbagi tempat dengan teman satu kamar asrama lainnya. Maka dekorasi yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah tetap jaga perabotan yang kamu pilih menarik, indah, namun juga praktis dan fungsional secara bersamaan.

Kamu bisa memilih meja untuk belajar yang mungkin memiliki desain lebih mewah untuk sentuhan elegan. Namun, pilih juga yang memiliki banyak storage di satu furnitur tersebut. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak tempat lainnya untuk menambah furnitur lagi.

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Kamar dengan Tempat Tidur Kayu, Bisa Menghemat Budget

6. Manfaatkan banyak sudut di kamar asrama untuk tempat penyimpanan tambahan

Bikin Betah, 10 Ide Dekorasi Kamar Asrama Estetik dan Nyaman inspirasi dekorasi kamar asrama (instagram.com/shoppeamberinteriors)

Ruang terbatas di kamar asrama, bisa kamu siasati dengan beri banyak storage tambahan di dalam kamar. Mulai dari laci dan lemari-lemari kecil yang bisa jadi unsur dekoratif. Juga manfaatkan setiap sudut dalam area kamar asrama sebagai tempat penyimpanan. Misalnya untuk bedframe diganti dengan rak dekoratif ini. Kamu juga bisa memanfaatkan banyak storage yang bisa digantung di dinding agar tidak lebih memakan tempat.

7. Dekorasi kamar asrama dengan beberapa tanaman dalam item dekoratif

Bikin Betah, 10 Ide Dekorasi Kamar Asrama Estetik dan Nyaman inspirasi dekorasi kamar asrama (homesandgardens.com)

Jangan lewatkan juga mendekorasi kamar asramamu ini dengan beberapa tanaman hijau asli. Beri banyak kesan alami dan warna-warna alam asli yang menyegarkan kamar asrama. Kamu juga bisa memilih elemen dekoratif untuk menyimpan tanaman-tanaman ini. Seperti di dalam pot-pot keramik dekoratif, keranjang beranyaman, hingga menggunakan tali panjang untuk digantung dari langit-langit kamar. Dijamin, kamu juga bisa merasakan udara asrama kamarmu menjadi lebih segar.

8. Jangan biarkan dinding kosong beri banyak dekorasi

Bikin Betah, 10 Ide Dekorasi Kamar Asrama Estetik dan Nyaman inspirasi dekorasi kamar asrama (instagram.com/www_elenaheim_com)

Terakhir, janga biarkan dindingmu kosong. Buat suasananya lebih hangat dengan memberi banyak benda dekoratif untuk menghiasnya. Mulai dari foto-foto random, juga benda-benda estetik, karya seni dll. Sesuaikan saja pemilihan benda dekoratifnya dengan keseluruhan tema area kamar asrama tempatmu. Buat dinding kamar seperti kanvas yang harus kamu isi dengan karya seni yang indah. Ini akan memberi kesan lebih atraktif untuk kamar yang sekaligus bisa menunjukkan bagaimana kepribadian unikmu secara tersirat.

Harus tinggal di kamar asrama bukan berarti kamu tidak akan bisa memberi kenyamanan yang bikin betah seperti di rumah sendiri. Agar proses belajar kamu juga tidak terganggu selama tinggal asrama, menciptakan kamar asrama yang nyaman dan kamu senangi untuk ditinggali ini menjadi penting. Selamat mencoba menerapkannya!

Baca Juga: 6 Tips Kamar Kecil agar Terlihat Lebih Lega, Mainkan Warna dan Motif!

Nadhifa Salsabila K Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila K

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya