Comscore Tracker

Demi Kesuksesan, Jangan Jadikan 7 Alasan Ini Sebagai Penghalang!

Sampai kapan mau mencari-cari alasan?

Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk meraih sukses. Yang menjadi pembeda adalah seberapa besar usaha yang dikerahkah oleh masing-masing orang. Ada yang bersedia susah payah demi mewujudkan mimpi. Di sisi yang berlawanan, ada pula mereka yang gemar mencari-cari alasan hingga akhirnya sulit mencapai kesuksesan.

Tapi, sampai kapan mau mencari-cari alasan? Barangkali banyak yang belum sadar semua alasan itu sebenarnya absurd. Nyatanya, seseorang bisa saja memulai sesuatu kalau dia benar-benar niat. Demi mencapai sukses yang diinginkan, jangan jadikan 7 alasan berikut ini sebagai penghalang!

1. Gak tahu harus memulai dari mana

Demi Kesuksesan, Jangan Jadikan 7 Alasan Ini Sebagai Penghalang!Unsplash.com/Hai Phung

Pertama kali memulai sesuatu, kebanyakan orang pasti merasa bingung harus memulai dari mana. Belum pengalaman serta belum familier adalah alasan yang mendasari kebingungan tersebut. Tapi menyerah bukanlah jalan keluarnya. Orang-orang hebat akan mengatasi ketidaktahuan ini tanpa menjadikannya alasan yang menghalangi diri untuk memulai. 

2. Sudah terlalu terlambat buat memulai

Demi Kesuksesan, Jangan Jadikan 7 Alasan Ini Sebagai Penghalang!Unsplash.com/Nick Karvounis

Sudah terlambat? Kata siapa? Pesimisme semacam ini cuma alasan yang dibuat-buat karena takut mengejar mimpi. Faktanya, gak ada kata terlambat dalam memulai suatu mimpi demi menjemput kesuksesan. Jangan terus-terusan berpikir usiamu sudah terlalu tua atau harusnya memulai sejak dulu. Mulailah selagi bisa, maka kamu terhindar dari sesal. 

3. Masa lalu yang kelam

Demi Kesuksesan, Jangan Jadikan 7 Alasan Ini Sebagai Penghalang!Unsplash.com/Jacqueline Day

Masa lalu biarlah berlalu. Berhenti menjadikannya sebagai jurang yang mengurungmu selamanya di sana. Sudahi beralasan kalau kamu gak bisa sukses karena kesalahan yang pernah dilakukan di masa lampau. Asal ada keinginan buat introspeksi dan berubah ke arah yang lebih baik, maka kamu selalu punya kesempatan yang sama seperti orang-orang. 

Baca Juga: Gak Hanya Mengeluh, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Pesimis Abis

4. Punya banyak kekurangan

Demi Kesuksesan, Jangan Jadikan 7 Alasan Ini Sebagai Penghalang!Unsplash.com/Jake Noren

Enggan menjemput impian lantaran kamu merasa punya banyak kekurangan? Sayang sekali kalau kamu dijebak oleh pemikiran tersebut. Di samping kekurangan yang kamu punya, lihatlah sisi positif yang sebenarnya kamu miliki. Atau biar gak melulu tersiksa dengan kekurangan, belajarlah lebih giat lagi supaya kekurangan itu menjadi suatu kelebihan. 

5. Merasa fisik kurang menunjang

Demi Kesuksesan, Jangan Jadikan 7 Alasan Ini Sebagai Penghalang!Unsplash.com/Amadeo Valar

Kamu sebaiknya gak rendah diri karena merasa fisik kurang menunjang. Apalagi kalau kamu iri kepada orang-orang yang menurutmu punya fisik yang lebih oke. Menjadikan rendah diri sebagai alasan sama saja dengan membiarkan dirimu merugi. Daripada bersikap seperti itu, fokuslah untuk merawat diri dan lebih berani buat melangkah maju. 

6. Kurang mapan secara materi

Demi Kesuksesan, Jangan Jadikan 7 Alasan Ini Sebagai Penghalang!Unsplash.com/Dmitry Schemelev

Mapan secara materi bukan modal utama untuk mencapai sesuatu. Jadi, jangan minder kalau misalnya sekarang kamu merasa belum punya ini itu. Banyak orang sukses yang memulai dari nol. Sebagian dari mereka pun bukan orang yang berkecukupan. Gak menjadikan masalah finansial sebagai penghalang, mereka bisa terus melaju dengan tekad yang besar.

7. Minim dukungan dari orang lain

Demi Kesuksesan, Jangan Jadikan 7 Alasan Ini Sebagai Penghalang!Unsplash.com/Lucas Quintana

Minimnya dukungan yang kamu dapat dari orang lain sebaiknya gak menjadi alasan yang membuatmu mundur bahkan sebelum memulai. Fokus saja pada mengapa kamu ingin memulai mimpi ini. Perlahan-lahan kamu dapat menyadari kalau yang terpenting adalah niat yang kamu genggam serta usaha demi mencapai kesuksesan. 

Saat kamu punya keinginan buat sukses, itu artinya kamu mesti siap melepaskan kebiasaan mencari-cari alasan. Mulailah mimpimu dari sekarang tanpa beralasan tentang ini itu.

Baca Juga: Optimis! Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Menyerah Dalam Hidup

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya