Comscore Tracker

Lakukan Tips Ini agar Hidupmu Makin Konsisten dalam Menjalani Sesuatu

Hilangkan rasa malasmu dan mulai produktif yuk! 

Konsisten merupakan suatu proses yang panjang di mana jika kamu sudah mulai konsisten dalam melakukan sesuatu, kamu tidak perlu berusaha lebih keras lagi untuk melakukan hal tersebut. Namun jika kamu tidak melakukan hal yang sudah kamu tekuni, maka hal itu justru akan terasa aneh.

Memang sangat berat ketika memulainya. Maka dari itu, cobalah dari tahap yang sederhana terlebih dahulu lalu ke tahap yang lebih berat. Jika kamu ingin memulai mengerjakan suatu hal secara konsisten kamu bisa mencoba beberapa tips berikut. Penasaran? Yuk scroll terus ke bawah!

1. Buatlah suatu rencana 

Lakukan Tips Ini agar Hidupmu Makin Konsisten dalam Menjalani Sesuatuilustrasi menulis notes (unsplash.com/Marten Bjork)

Mulai buat rencana untuk suatu tujuan yang ingin kamu capai, kamu ingin memiliki tujuan seperti apa, dan apa kebiasaan yang bisa mendekatkanmu ke tujuan tersebut. Semisal kamu ingin lulus ujian di bulan depan, maka mulai buat rencana belajar seperti seminggu lima kali untuk mempelajari materi ujian tersebut dengan durasi dua jam setiap harinya.

Mulai buat sedetail mungkin hingga kamu menemukan sebuah pertanyaan dan tentukan kapan waktu yang tepat untuk bisa mulai melakukan kebiasaan tersebut. Lokasi dan jadwal juga merupakan suatu hal yang perlu kamu perhatikan. Kemudian kegiatan seperti apa yang ingin kamu kemas agar hal tersebut bisa membuatmu menjadi terbiasa.

2. Buat catatan kebiasaan dan lakukanlah pemantauan serta evaluasi  

Lakukan Tips Ini agar Hidupmu Makin Konsisten dalam Menjalani Sesuatuilustrasi menempelkan notes (unsplash.com/Kelly Sikkema)

Kamu juga bisa memulai untuk membuat suatu catatan dengan terus memantau kegiatanmu secara rutin. Hal ini bisa membantu kamu untuk tetap konsisten dalam melakukan hal tersebut. Kamu bisa mencatat kegiatanmu menggunakan sticky note ataupun dengan mencatatnya di buku harianmu.

Kemudian lakukan evaluasi dari kegiatan yang telah kamu lakukan. Apakah sudah sesuai dengan target jangka pendek kamu atau belum. Apabila belum, kamu bisa lakukan evaluasi menggunakan cara yang lebih efektif untuk mengatasinya.

Baca Juga: 5 Alasan Konsisten Menekuni Suatu Bidang, Bikin Kamu Ahli di Dalamnya

3. Buatlah secara bertahap 

Lakukan Tips Ini agar Hidupmu Makin Konsisten dalam Menjalani Sesuatuilustrasi seseorang sedang menulis (unsplash.com/Thought Catalog)

Melakukan hal secara bertahap merupakan kunci dalam meningkatkan rasa konsisten dalam dirimu. Jangan terlalu ambisius di awal karena hal itu akan membuatmu tidak sehat dan akan menjadikanmu shock hingga malas untuk melanjutkannya.

Membangun suatu rasa konsisten itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka buatlah secara bertahap. Misalnya kamu mencoba untuk konsisten dalam berolahraga dengan melakukan jogging setiap Senin dan Kamis, maka bulan selanjutnya kamu bisa melakukannya menjadi setiap Senin, Kamis, dan Minggu. Buat hal ini menjadi hal yang lebih sederhana terlebih dahulu lalu tingkatkan menjadi kebiasaan yang lebih sering.

4. Sebisa mungkin hindari rasa malas 

Lakukan Tips Ini agar Hidupmu Makin Konsisten dalam Menjalani Sesuatuilustrasi seseorang sedang tidur (unsplash.com/elizabeth lies)

Konsisten merupakan kegiatan untuk melakukan suatu hal terus-menerus. Maka jika tidak ada halangan tapi kamu sulit untuk melakukannya, artinya kamu sedang dilanda rasa malas. Hal ini yang perlu kamu paksakan dan lawan yaitu rasa malas dalam dirimu itu sendiri.

Musuh terbesar kamu sebenarnya adalah dirimu sendiri. Maka dari itu, cobalah untuk bangkit dan lawan rasa malas itu mulai dari hal yang paling sederhana terlebih dahulu seperti membersihkan tempat tidurmu atau sekadar membaca buku.

5. Sadari dan terima jika kamu bisa saja gagal, tapi jangan pernah menyerah 

Lakukan Tips Ini agar Hidupmu Makin Konsisten dalam Menjalani Sesuatuilustrasi mengacungkan jempol (unsplash.com/Rowen Smith)

Kamu harus mulai menyadari dan menerima jika kamu bisa saja gagal, tapi kamu harus tetap berjuang dan tidak boleh menyerah. Jika hari ini kamu tidak bisa melakukan kebiasaan itu, kamu bisa terus mencobanya esok hari dan berhenti untuk menjadi pesimis.

Jangan pernah menyerah untuk melanjutkannya dan jangan pernah berhenti ketika kamu gagal. Patah semangat adalah hal yang perlu kamu hindari karena itu hanya akan membuatmu terhindar dari keberhasilan dan gagal bukan berarti membuatmu untuk berhenti mencoba.

Terdapat berbagai cara yang efektif yang bisa kamu coba untuk meningkatkan rasa konsisten dalam dirimu. Tetap semangat karena konsisten pada sesuatu itu memang tidak mudah, namun masih tetap bisa dijalani. Coba sebutkan dan share tips yang sudah kamu lakukan untuk tetap konsisten yuk!

Baca Juga: Hindari 5 Hal Ini Kalau Kamu Ingin Konsisten Mencapai Tujuan

Oktavia Isanur Maghfiroh Photo Verified Writer Oktavia Isanur Maghfiroh

just do it! // find me @oktaviaa2510

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya