Comscore Tracker

Gak Ada Kata Terlambat untuk Lakukan 5 Hal Ini saat Mau Perbaiki Diri

Yuk, mulai dari sekarang!

Waktu akan selalu membawa perubahan, tak terkecuali pada sikap dan pola pikir seseorang yang biasanya terus mengarah pada hal positif. Demi terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri, orang pun kerap melakukan berbagai upaya perubahan yang sering kali gak luput dari halangan dan ujian.

Sayangnya, halangan terbesar justru datang dari diri sendiri, seperti munculnya keraguan sikap karena menganggap sudah terlambat untuk berubah. Padahal, gak pernah ada kata terlambat untuk memperbaiki diri, termasuk lima hal berikut ini.

1. Jadi pemula untuk terus belajar hal baru

Gak Ada Kata Terlambat untuk Lakukan 5 Hal Ini saat Mau Perbaiki Diriilustrasi perempuan muda (Pexels.com/Sam Lion)

Salah satu upaya meningkatkan kualitas diri adalah dengan banyak belajar berbagai macam hal. Keinginan untuk belajar hal baru harus terus dipupuk agar semangat memperbaiki diri tidak kalah oleh rasa cepat puas yang justru berpotensi membuat langkah perbaikan diri terhenti. 

Anggaplah diri sebagai pemula saat berhadapan dengan hal baru yang ingin dipelajari. Dengan menanamkan prinsip ini, kita jadi mudah menyerap wawasan baru dan gak jadi sok tahu. Banyak bertanya akan jadi cara ninja yang dapat membantu mempercepat proses belajar kita.

2. Selalu berusaha menghargai orang lain dan diri sendiri

Gak Ada Kata Terlambat untuk Lakukan 5 Hal Ini saat Mau Perbaiki Diriilustrasi perempuan muda (Unsplash.com/Fernanda Méndez)

Memperbaiki diri dengan meningkatkan kualitas pribadi gak hanya tentang penguasaan ilmu pengetahuan dan wawasan. Terkadang, perilaku kita juga harus diperbaiki agar sejalan dengan tujuan baik yang ingin dicapai. Salah satunya adalah menanamkan sikap menghargai, baik pada orang lain maupun diri sendiri.

Ketika kita mampu menghargai orang lain, akan ada balasan serupa dari mereka hingga muncul sikap saling menghargai dan toleransi yang tinggi. Demi memulai hal baik ini, jangan lupa untuk menghargai diri sendiri, ya. Pasalnya, self-worth juga jadi kunci penting untuk mewujudkan self-love.

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Orang Lain, Dimulai dari Hal Sederhana

3. Melihat segala sesuatu dari sudut pandang baru

Gak Ada Kata Terlambat untuk Lakukan 5 Hal Ini saat Mau Perbaiki Diriilustrasi berpikir (Pexels.com/Anastasiya Vragova)

Cara kita melihat dunia dan permasalahannya akan mampu jadi cerminan kualitas diri. Saat hanya melihat dari satu sudut pandang, dunia akan tampak sempit dan serba kecil karena sudah membatasi diri dan gak membiarkan pola pikir kita berkembang secara lebih luas dan utuh.

Saat terbentur masalah, kita akan mudah kebingungan jika satu cara tak lagi bisa diandalkan. Namun, saat mau mencoba melihat dengan sudut pandang baru yang lebih luas, solusi yang dicari akan terasa makin mudah didapat. Hal ini disebabkan proses berpikir kita yang mulai berkembang lewat cara-cara baru yang lebih kreatif.

4. Mau meminta dan menerima maaf

Gak Ada Kata Terlambat untuk Lakukan 5 Hal Ini saat Mau Perbaiki Diriilustrasi pertemanan (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidup dalam lingkungan sosial yang beragam membuat kita gak luput dari kesalahan atas sikap dan sifat yang ditunjukkan. Kalau sudah begini, meminta maaf adalah cara terbaik untuk memperbaiki diri dan terhindar dari kesalahan serupa di lain hari.

Gak perlu gengsi untuk meminta maaf jika memang salah. Justru dengan mengakui kesalahan, kita malah perlihatkan kebesaran jiwa. Namun, jangan biarkan permintaan maaf orang lain gak bersambut, ya. Menerima maaf orang juga jadi bukti peningkatan kualitas diri, lho.

5. Berhenti berpura-pura dan mulai jadi diri sendiri

Gak Ada Kata Terlambat untuk Lakukan 5 Hal Ini saat Mau Perbaiki Diriilustrasi bahagia (Unsplash.com/Austin Distel)

Dalam memainkan peran sosial, terkadang kita kerap terjebak dalam kepura-puraan. Entah itu demi menyembunyikan wajah asli entah untuk menyenangkan orang lain, kita justru semakin jauh dari jati diri yang sebenarnya dan terseret arus menjadi seperti yang lingkungan kehendaki.

Saat menyadari ini salah, gak terlambat, kok, untuk menghentikan "kepalsuan" tersebut. Segera ambil sikap untuk berhenti berpura-pura dan mulai jadi diri sendiri. Andai banyak yang gak suka, itu hak mereka dan kita gak perlu mengubah diri demi sebuah penerimaan sosial yang terkadang gak cukup berharga untuk diperjuangkan.

 

Cara memperbaiki diri sebenarnya cukup mudah, hanya saja proses berpikir kita saja yang terkadang cenderung rumit. Namun, jangan pernah merasa terlambat saat ingin memperbaiki diri, terutama jika berkaitan dengan kelima hal tadi. Mulai saja lakukan dari sekarang, perlahan hasil baik akan datang jika kita tetap konsisten.

Baca Juga: 5 Tips Memperbaiki Komunikasi dengan Pasangan, Jangan Disepelekan!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya