Comscore Tracker

8 Cara jadi Orang yang Lebih Baik, Dimulai dari Diri Sendiri

Baik kepada diri sendiri lalu baik kepada orang lain

Setiap orang tentu ingin menjadi orang yang baik dan tidak ingin disebut sebagai orang yang buruk. Jika kamu memilih untuk menjadi orang baik, maka kamu perlu melakukan beberapa upaya dan disertai dengan ketulusan hati agar kebaikan tersebut dapat benar- benar terwujud.

Sebelum berbuat baik kepada orang lain, ada baiknya kamu berbuat baik kepada dirimu sendiri dulu, dan sebenarnya itulah kunci utamanya. Bagaimana kamu bisa memberikan kepada orang lain jika dirimu sendiri saja merasa buruk? 

Untuk itu, kamu bisa menyimak delapan cara untuk bisa menjadi orang yang lebih baik berikut ini yang telah direkomendasikan oleh para ahli kesehatan mental dunia. 

1. Awali setiap hari dengan pemikiran positif

8 Cara jadi Orang yang Lebih Baik, Dimulai dari Diri Sendiricontoh tulisan berisi kalimat afirmasi (unsplash.com/timmossholder)

Sebagai permulaan, cobalah untuk melakukan ini. Setelah bangun tidur, atau saat akan memulai pekerjaan, katakan beberapa kalimat positif kepada diri sendiri. Seperti, "jangan lupa tersenyum", "kamu pasti bisa menjalani hari ini", "terima kasih sudah istirahat dengan cukup semalam", atau kalimat- kalimat positif lainnya.

Dengan mengucapkan kalimat- kalimat positif seperti itu akan menuntun pikiranmu untuk lebih positif dan akan membuat dirimu lebih siap untuk menjalani apa pun yang akan terjadi selama satu hari ke depan. 

2. Mulai dengan berbuat satu kebaikan

8 Cara jadi Orang yang Lebih Baik, Dimulai dari Diri Sendiricontoh berbuat baik kepada orang lain (unsplash.com/bakutroo)

Belajar menjadi orang yang lebih baik akan lebih bermakna jika kamu benar- benar melakukan sebuah tindakan kebaikan. Misalnya saja dengan menyapa tetangga, atau dengan membuang sampah pada tempatnya. 

Satu tindakan kebaikan akan memicu keluarnya hormon endorfin dan oksitosin dan mendorong terciptanya koneksi saraf baru. Berbuat baik adalah sebuah bentuk penguatan diri sendiri. Kita cenderung terus menginginkan perasaan nyaman atau senang setelah berbuat baik, sehingga satu perbuatan baik akan menuntun kita melakukan kebaikan- kebaikan lainnya.

3. Lebih peka dan perhatian kepada orang di sekitar

8 Cara jadi Orang yang Lebih Baik, Dimulai dari Diri Sendiriilustrasi banyak orang di sekitar (unsplash.com/derstudi)

Orang- orang di sekitar kamu sangat memerlukan keberadaan dan bantuanmu, meskipun mereka tidak selalu mengatakan atau menunjukkannya kepadamu. Salah satu cara menjadi orang yang lebih baik adalah dengan menjadi mindful kepada orang di sekitar.

Beri perhatian yang lebih kepada mereka, segera sadari jika mereka sedang mengalami hal yang sulit atau jika sedang dalam masalah. Bahkan hanya dengan menyadari keberadaan mereka dan memperlakukan mereka dengan benar saja sudah cukup menunjukkan bahwa kamu telah berusaha menjadi orang yang lebih baik.

4. Lebih jujur

8 Cara jadi Orang yang Lebih Baik, Dimulai dari Diri Sendirifoto yang memuat tulisan "honest" (unsplash.com/drewbutter)

Menjadi jujur juga merupakan langkah untuk menjadi orang yang lebih baik. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, jujur bukan berarti mengatakan segala hal yang terlintas di kepalamu kepada orang lain, dan bukan berarti juga kamu tidak boleh berkata "tidak" kepada orang lain.

Jujur adalah bersikap apa adanya dirimu, dengan menjaga nilai- nilai yang ada dalam dirimu dan berpegang pada keyakinanmu. Saat kamu jujur, akan muncul perasaan aman dan terhormat, sehingga itu akan lebih memudahkanmu untuk bisa berbuat baik kepada orang lain.

Baca Juga: 9 Trik Mind Blowing Ini Bisa Buat Kamu Jadi Pribadi yang Lebih Cerdas

5. Berusahalah untuk lebih banyak mendengarkan

8 Cara jadi Orang yang Lebih Baik, Dimulai dari Diri Sendiriilustrasi mendengarkan orang lain (unsplash.com/mimithian)

Berbuat baik sebenarnya sangatlah sederhana. Cukup dengan berupaya untuk lebih mendengarkan orang lain. Namun, hal tersebut ternyata tidak semudah yang dikatakan. Butuh kemauan yang besar agar kamu benar- benar bisa menjadi pendengar yang baik.

Akan tetapi, jika kamu benar- benar mau untuk lebih banyak mendengar perkataan orang lain, maka itu akan sangat membantu mereka. Terutama jika mereka sedang mengalami hal yang sulit, cukup dengarkan dan validasi perasaan mereka maka kamu sudah melakukan sebuah kebaikan yang nyata untuk orang lain.

6. Cobalah untuk bersabar

8 Cara jadi Orang yang Lebih Baik, Dimulai dari Diri Sendirifoto tulisan tentang ego (unsplash.com/denizen)

Menjadi orang yang lebih baik tidak bisa dipisahkan dari upaya untuk bersabar. Sabar merupakan salah satu bentuk menekan ego dan tidak memaksakan kehendak untuk segala hal yang mungkin terjadi di luar kemampuanmu. 

Sabar juga merupakan bentuk sikap positif yang bisa kamu terapkan untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain. Jika ada orang yang berkata kasar atau bertindak buruk kepadamu, tidak perlu buru- buru untuk membalasnya dengan hal buruk juga.

Sebaliknya, kamu bisa merespons dengan sikap yang lebih sopan dan tenang, sehingga percakapan dan suasana yang tercipta juga menjadi lebih positif.

7. Berpikiran terbuka

8 Cara jadi Orang yang Lebih Baik, Dimulai dari Diri Sendirikumpulan kayu kecil beraneka huruf (unsplash.com/brett_jordan)

Kamu tentu menyadari bahwa di dunia ini kamu tidak hidup sendirian. Ada jutaan manusia lain yang juga hidup berdampingan denganmu dengan beraneka ragam latar belakang dan asal yang berbeda. 

Jika kamu berpikiran terbuka dan berusaha untuk memahami bahwa tidak ada manusia yang sama, maka itu akan sangat mempermudah kamu untuk bisa menjadi orang yang lebih baik. Berpikiran terbuka artinya kamu mau untuk belajar dan menyerap setiap perubahan yang terjadi di dunia ini. 

Dengan begitu kamu akan menjadi orang yang tidak mudah menghakimi saat bertemu orang lain yang membawa nilai-nilai yang berbeda denganmu. 

8. Perbanyak tersenyum

8 Cara jadi Orang yang Lebih Baik, Dimulai dari Diri Sendiriseseorang sedang tersenyum (unsplash.com/everythingcaptured)

Terakhir, satu hal yang paling mudah untuk dilakukan namun dapat memberikan dampak positif yang besar adalah perbanyak tersenyum. Jika kamu melihat orang lain tersenyum kepadamu, tentu kamu akan merasa senang, bukan? Begitu pula yang akan dirasakan oleh orang lain saat melihatmu tersenyum.

Dengan tersenyum, suasana hatimu akan menjadi lebih ceria dan orang yang melihatnya pun akan merasa ikut bahagia. Sebuah kebaikan yang sederhana namun sangat berarti bagi orang lain. 

Kebaikan memang dapat dilakukan dengan banyak cara, dari hal- hal kecil yang tidak memerlukan upaya besar hingga hal besar yang memang lebih nampak dan memerlukan upaya besar. Apa pun bentuknya, kebaikan tentu hal yang perlu kita jaga untuk membuat kehidupan di dunia ini menjadi lebih bermanfaat dan lebih bermakna. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bisa Menemukan Cara untuk Membuat Pasangan Tersenyum 

Shera Suprapto Photo Verified Writer Shera Suprapto

Informasi positif sekecil apapun layak untuk dibagikan ^-^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya