Comscore Tracker

7 Cara Tepat Supaya Lebih Mudah Memaafkan Diri Sendiri

Maafkan aku ya, diriku

Semua orang pernah melakukan kesalahan, termasuk diri sendiri. Terkadang kesalahan orang lain lebih mudah dimaafkan, daripada kesalahan yang diperbuat oleh diri sendiri. Banyak orang merasa kesulitan untuk memaafkan diri sendiri, karena merasa seharusnya memiliki kendali sepenuhnya atas keputusan atau kesalahan yang dilakukan. Dilansir mindbodygreen.com dan healthline.com, inilah 7 cara yang bisa kamu coba supaya lebih mudah untuk memaafkan diri sendiri.

1. Pahamilah bahwa masa lalu, tetaplah masa lalu

7 Cara Tepat Supaya Lebih Mudah Memaafkan Diri Sendiriunsplash/@smartphotocourses

Masa lalu itu akan tetap menjadi masa lalu, meskipun dampaknya kamu rasakan sampai saat ini bahkan di masa mendatang. Masa lalu mungkin bisa diubah, namun tidak dengan cara yang sama persis.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memahami bahwa masa lalu itu tetaplah masa lalu. Semenyesal apa pun kamu saat ini, tidak akan mampu mengubah apa yang telah terjadi. Jika kamu berhasil menerima masa lalu, maka kamu akan lebih terbuka dengan penerimaan lainnya.

2. Lepaskan emosimu supaya lebih lega!

7 Cara Tepat Supaya Lebih Mudah Memaafkan Diri Sendiripixabay/1388843

Jika kamu merasa tertekan dan terbebani dengan segala penyesalan dan energi buruk yang kamu rasakan, coba untuk melepaskannya. Akuilah emosimu, bahwa kamu merasa kesal, dan keluarkan penyesalan itu.

Hal yang perlu kamu ingat adalah keluarkan dengan cara yang positif tanpa merugikan dirimu sendiri maupun orang lain. Kamu boleh menyalurkannya dengan melakukan olahraga atau menulis di jurnal. Menulis di jurnal, akan membuatmu lebih mudah untuk mengekspresikan diri!

3. Jangan berfokus pada penyesalan, namun ambil pelajaran dan selesaikan!

7 Cara Tepat Supaya Lebih Mudah Memaafkan Diri Sendiriunsplash/@olav_ahrens

Kamu boleh saja menyesal atas kesalahan yang kamu lakukan. Akan tetapi lebih baik jika kamu fokus untuk mengambil pembelajaran dari kesalahanmu. Setelah itu fokuslah untuk mencari solusi atas hal tersebut, supaya tidak terulang lagi di masa depan. Contohnya adalah ketika kamu gagal menjadi ketua BEM di kampusmu karena kurang persiapan, maka untuk kedepannya kamu perlu mempersiapkan semua kebutuhanmu dengan tepat. Solusinya, kamu bisa mencoba posisi lain atau mencoba lagi periode mendatang.

Jika kesalahanmu menyebabkan orang lain terganggu, maka cobalah untuk meminta maaf. Permohonan maaf memang tidak dapat mengembalikan keadaan atau mengulang masa lalu. Akan tetapi dengan meminta maaf, kamu menunjukkan adanya penyesalan atas kesalahanmu. Tindakanmu ini juga membuat perasaan orang lain menjadi lebih nyaman, setelah kesal denganmu.

Baca Juga: 6 Aktivitas Ini Bukti Kamu Mencintai Diri Sendiri, Bukan Rebahan!

4. Meskipun gagal, kamu telah berusaha melakukan yang terbaik

7 Cara Tepat Supaya Lebih Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/Jeswin Thomas

Yakinkan pada dirimu sendiri bahwa apa yang kamu lakukan adalah upaya yang terbaik. Meskipun hasilnya gagal, setidaknya kamu telah mengerahkan semua tenaga dan sumber daya yang kamu miliki untuk mencapainya.

Ini akan membuatmu lebih mudah memaafkan diri sendiri, mengingat ada hal di luar kontrolmu. Selain usaha, ada juga takdir dan keberuntungan, dimana hal ini tidak bisa kamu kendalikan. 

5. Praktikan strategi self-love!

7 Cara Tepat Supaya Lebih Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/ Andrea Piacquadio

Self love adalah dimana kamu menghargai, mencintai dan memahami dirimu sendiri dengan segala kelebihan, kekuatan dan kelemahanmu. Cobalah untuk mempraktikkan strategi self love supaya kamu lebih mudah memaafkan dirimu. Katakan pada dirimu sendiri bahwa semua orang pernah melakukan kesalahan, baik itu kesalahan ringan serta kesalahan berat.

Kamu tahu jika salah dalam mengambil keputusan dan berdampak buruk, membuatmu merasa tidak enak hati. Ketika kamu menyadari dan mencoba bangkit dari kesalahanmu, itu merupakan langkah yang baik. Setidaknya, kamu tidak terjebak di kesalahan itu untuk selamanya. Berikan penghargaan pada dirimu sendiri, bahwa kamu telah berani mengatasinya meskipun berat.

6. Berhentilah memutar 'memori' masa lalumu di masa kini

7 Cara Tepat Supaya Lebih Mudah Memaafkan Diri Sendiripexels/fillipe gomes

Dampak yang dirasakan setelah seseorang melakukan kesalahan adalah memutar kembali memori itu di masa kini. Kegagalan di masa lalu, membuatmu menjadi kurang percaya diri dan kurang yakin untuk mencobanya lagi. Kamu akan berpikir, "Ah kenapa aku mencoba lagi? aku akan gagal lagi" atau "Aku orang yang payah, sebaiknya aku tidak mencobanya".

Berhentilah memutarnya! Gagal di masa lalu, bukan berarti kamu akan gagal lagi kali ini. Lagipula, kamu telah mengidentifikasi apa faktor yang membuatmu gagal, dan belajar dari pengalaman tersebut. Berpikirlah secara positif, dan berikan kesempatan untuk dirimu sendiri. Ambil nafas dalam-dalam, kemudian keluarkan. Singkirkan pikiran negatif tersebut, dan mulailah mengambil lembaran baru seakan kamu mencobanya pertama kali!

7. Datangilah psikolog, jika kamu merasa tidak mampu mengatasinya sendirian

7 Cara Tepat Supaya Lebih Mudah Memaafkan Diri Sendiripexel/gustavo fring

Kamu merasa kesulitan untuk memaafkan dirimu sendiri? Kamu bisa mencoba untuk mendatangi para profesional, seperti psikolog. Mereka akan membantumu untuk mengungkap apa kesalahanmu, dan faktor apa yang membuatmu tidak mampu memaafkan diri sendiri. Para psikolog tersebut akan menggunakan beberapa 'teknik' yang membantumu untuk merasa nyaman dan juga lega. Kamu juga akan mendapatkan cara-cara baru dalam menyelesaikan masalahmu.

Memaafkan diri sendiri itu memang lebih berat, dibandingkan memaafkan kesalahan orang lain. Akan tetapi kamu perlu memaafkan dirimu sendiri, supaya mampu memperbaiki kesalahanmu. Yuk, maafkan diri sendiri!

Baca Juga: 5 Pengingat Paling Ampuh Agar Kamu Selalu Jujur pada Diri Sendiri

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya