Comscore Tracker

6 Cara Menghilangkan Stres Sepulang Kerja, Bikin Tidur Lebih Nyenyak!

Lepaskan seluruh beban agar bisa beristirahat dengan tenang

Bekerja merupakan bagian dari hidup yang sangat penting karena melalui kegiatan inilah seseorang bisa mendapatkan uang untuk membiayai kebutuhannya. Meskipun begitu, tentu pekerjaan tidak selalu berjalan mulus. Terkadang ada hal-hal yang menghambat, sehingga menimbulkan stres.

Pikiran yang kacau akibat beban kerja tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat berdampak buruk untuk banyak aspek kehidupan. Oleh sebab itu, atasi stres yang mendera dengan melakukan beberapa cara berikut ini sepulang kerja.

1. Mampir makan di luar

6 Cara Menghilangkan Stres Sepulang Kerja, Bikin Tidur Lebih Nyenyak!ilustrasi orang yang sedang makan (pexels.com/Kampus Production)

Ketika harimu di tempat kerja tidak berakhir sesuai harapan, maka wajar untuk merasa stres. Namun, jangan biarkan ini berlarut-larut hingga membawanya ke rumah karena bisa mengganggu waktu istirahatmu.

Jika kamu stres karena pekerjaan, atasi dengan cara yang asyik seperti makan di luar sepulang kerja. Ini akan terasa sangat seru, terlebih kalau bisa menikmati makanan favorit. Stres berkurang dan pulang dengan hati senang.

2. Bertemu dengan teman

6 Cara Menghilangkan Stres Sepulang Kerja, Bikin Tidur Lebih Nyenyak!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Laura Tancredi)

Ketika ada hal yang mengganggu pikiranmu terkait dengan pekerjaan, tentu ini dapat membuat tidak nyaman. Bila tidak segera diselesaikan, waktu istirahat di rumah akan tersita untuk memikirkan hal-hal tersebut.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menemui teman sepulang kerja. Ini bertujuan agar kamu bisa mencurahkan segala keluh kesah, sehingga beban berkurang. Kalau pikiran sudah lebih rileks, kamu bisa pulang dan menikmati waktu berharga di rumah dengan tenang.

Baca Juga: 8 Tips Aman Pulang Kerja di Malam Hari, Simpan Nomor Darurat Polisi!

3. Mandi air hangat

6 Cara Menghilangkan Stres Sepulang Kerja, Bikin Tidur Lebih Nyenyak!ilustrasi bersantai (pexels.com/Taryn Elliott)

Salah satu kegiatan sederhana tetapi efektif untuk meredakan stres adalah mandi air hangat. Aktivitas ini dapat menyebabkan tubuh terasa nyaman, sehingga pikiran juga menjadi lebih rileks.

Oleh sebab itu, mandilah dengan air hangat sepulang kerja, terlebih ketika mengalami hari yang kurang menyenangkan. Dijamin, kamu akan merasa lebih baik dan tenang, sehingga tidak lagi merasa stres.

4. Journaling

6 Cara Menghilangkan Stres Sepulang Kerja, Bikin Tidur Lebih Nyenyak!ilustrasi menulis buku harian (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Terkadang sebuah hari harus berakhir dengan buruk akibat pekerjaan yang tidak berjalan lancar. Akibatnya, suasana hati berubah menjadi buruk dan pikiran pun mulai mengalami stres yang cukup mengganggu.

Bila sudah begini, kamu harus segera melepas seluruh beban yang ada agar menjadi lebih rileks. Journaling bisa dijadikan pilihan tepat untuk mengekspresikan perasaanmu. Tuliskan apa saja yang ingin kamu ungkapkan sebebas mungkin. Dengan begini, beban pikiran bisa berkurang dan stres pun hilang.

5. Menghabiskan waktu bersama keluarga

6 Cara Menghilangkan Stres Sepulang Kerja, Bikin Tidur Lebih Nyenyak!ilustrasi keluarga kecil (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Setelah berkutat dengan pekerjaan seharian, rasanya tidak ada hal lain yang ingin dilakukan selain bertemu dengan keluarga. Tidak heran, orang-orang terkasih selalu mampu untuk menghapus semua perasaan penat yang mendera, sehingga hati menjadi bahagia kembali.

Oleh karena itu, berkumpul dengan keluarga merupakan sebuah obat yang mujarab untuk mengatasi stres karena pekerjaan. Suasana hatimu akan membaik dan siap untuk menghadapi hari yang baru.

6. Merenung dan bersyukur

6 Cara Menghilangkan Stres Sepulang Kerja, Bikin Tidur Lebih Nyenyak!ilustrasi seseorang yang sedang merenung (pexels.com/Alex Green)

Kalau kamu sedang stres akibat pekerjaan atau apapun, saatnya untuk merenung. Memang tidak dimungkiri bahwa kamu tengah mengalami hari yang buruk. Namun, pikirkan lagi bahwa ini sebenarnya hanyalah bagian dari perjalananmu. Kamu pun juga memiliki waktu-waktu terbaik, tetapi mungkin hari ini bukan saat yang tepat.

Ketika kamu berhasil merenungkan hal tersebut, maka akan timbul rasa syukur yang mendalam. Kamu pun akan mampu untuk melepas seluruh keburukan yang dirasa dan pergi tidur dengan hati yang penuh dengan kedamaian.

Stres akibat pekerjaan memang terkadang tidak bisa dihindari. Namun, kamu tidak perlu khawatir berlebihan karena melalui beberapa cara di atas, stres dapat diredam, sehingga pikiran jadi lebih tenang. Kamu pun bisa tidur dengan nyenyak dan memulai hari dengan semangat baru.

Baca Juga: Apapun Profesinya, Ini 5 Aktivitas Milenial Sepulang Kerja

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya