Comscore Tracker

5 Keseruan Khas Bulan Ramadan yang Bikin Kamu Selalu Antusias

Selalu memberikan kesan tersendiri bagi umat Islam

Bulan Ramadan telah tiba. Kini umat Islam kembali menjalankan kewajiban menunaikan ibadah puasa satu bulan lamanya. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri mengingat harus berpuasa sambil tetap melakukan rutinitas sehari-hari.

Namun, ada yang seru dari datangnya Ramadan, yaitu munculnya berbagai ciri khas yang tidak pernah gagal membuat antusias. Apa saja keseruan yang dimaksud? Berikut rangkumannya!

1. Berburu takjil

5 Keseruan Khas Bulan Ramadan yang Bikin Kamu Selalu Antusiasilustrasi street food (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Salah satu hal yang mewarnai datangnya Bulan Suci Ramadan adalah menjamurnya penjual takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Kamu tentu dapat menemukan pedagang tersebut di mana-mana, terutama di pinggir jalan.

Berderet lapak yang menjual beraneka ragam kudapan tersebut sangat menarik untuk dikunjungi. Hasilnya, terciptalah sebuah kegiatan seru berburu takjil untuk buka puasa. Namun, jangan khilaf dan mencicipi sebelum azan Magrib berkumandang, ya!

2. Buah kurma di mana-mana

5 Keseruan Khas Bulan Ramadan yang Bikin Kamu Selalu Antusiasilustrasi buah kurma (pexels.com/Mark Stebnicki)

Kamu bisa mengetahui bahwa Bulan Ramadan akan tiba sebentar lagi ketika mulai mudah menemukan buah kurma dijajakan di mana-mana. Buah yang satu ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Karena hanya ditemukan setahun sekali, kamu pun antusias untuk turut membeli buah kurma. Mengonsumsi buah ini saat berbuka puasa membuatmu merasa lengkap dan bahagia.

Baca Juga: 7 Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus untuk Stok Bulan Puasa

3. Ngabuburit

5 Keseruan Khas Bulan Ramadan yang Bikin Kamu Selalu Antusiasilustrasi seseorang sedang membaca Al Quran (pexels.com/Abdullah Ghatasheh)

Kegiatan ini tentu merupakan ciri khas Bulan Suci Ramadan. Ngabuburit dengan berbagai aktivitas seperti mendengarkan kajian, membaca Al Quran, atau sekadar mengobrol santai dengan anggota keluarga adalah hal yang sayang untuk dilewatkan.

Oleh sebab itu, kamu akan meluangkan waktu untuk melakukan ngabuburit sesering mungkin. Ini menjadi kegiatan yang selalu dinantikan setiap tahunnya.

4. Salah Tarawih di masjid

5 Keseruan Khas Bulan Ramadan yang Bikin Kamu Selalu Antusiasilustrasi beribadah di masjid (pexels.com/vjapratama)

Salat Tarawih adalah ibadah yang hanya ada di Bulan Ramadan. Akibat pandemik COVID-19 yang melanda seluruh dunia, umat Islam sempat dilarang untuk salat berjamaah di masjid demi menghindari penularan virus tersebut.

Sekarang ketika kondisi sudah mulai membaik, salat di masjid sudah mulai diperbolehkan kembali, termasuk salat Tarawih. Banyak yang sudah menantikan momen ini, termasuk kamu, bukan begitu?

5. Undangan buka bersama dari berbagai grup

5 Keseruan Khas Bulan Ramadan yang Bikin Kamu Selalu Antusiasilustrasi makan bersama (pexels.com/PNW Production)

Satu lagi yang tidak kalah bikin antusias, yaitu adanya undangan buka bersama dari berbagai grup. Mulai dari grup teman-teman SD hingga rekan kerja, semua antusias mengadakan acara ini.

Akibatnya, kamu jadi kewalahan untuk meladeni seluruh undangan yang ada. Meskipun begitu, hal tersebut membuat hati senang karena bisa sekaligus dijadikan sebagai ajang reuni dengan kawan-kawan yang sudah lama tidak berjumpa.

Kesempatan dapat bertemu kembali dengan Bulan Ramadan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Boleh antusias dengan berbagai kegiatan seru, tetapi ingat untuk selalu mengutamakan ibadah, ya!

Baca Juga: 5 Hal Unik Ramadan yang Hanya Ada di Indonesia

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya