Comscore Tracker

5 Cara Membaca Buku Efektif agar Paham Banyak Informasi

Tips membaca efektif

Menurut sebuah penelitian, sebenarnya orang-orang itu sudah tahu cara membaca yang baik dan benar. Cuman terkadang kebanyakan dari mereka sering lupa sama informasi yang ada di dalam buku bacaan mereka. Jadinya, apa yang mereka baca terasa kurang efektif.

Oleh karena itu, biar kamu bisa baca buku secara efektif. Terdapat beberapa cara yang mungkin bisa meningkatkan kemampuan membacamu. Supaya kamu bisa menerima setiap informasi dan pengetahuan yang ada dalam buku bacaan. Berikut lima tips membaca buku dengan efektif.

1. Memilih buku yang tepat 

5 Cara Membaca Buku Efektif agar Paham Banyak Informasiilustrasi membaca (pexels.com/ Lisa Fotios)

Tips membaca buku dengan efektif harus dimulai dari melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Persiapannya bisa dimulai dari menentukan hal apa yang ingin kamu baca, jenis bukunya, berapa banyak jumlah halamannya, hingga isi dari topiknya.

Hal tersebut tentunya bersifat sangat personal dan mungkin berbeda-beda bagi masing-masing orang. Jadi pastikan kembali, apakah buku bacaan kamu sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan inginkan. Kalau perlu, kamu juga bisa membaca review-nya terlebih dahulu.

2. Mengatur pola pikir dengan benar

5 Cara Membaca Buku Efektif agar Paham Banyak Informasiilustrasi membaca (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebelum mulai membaca buku, kamu harus menetapkan pola pikir dengan benar agar terhindar dari membaca pasif. Jika sebelumnya kamu pernah membaca buku, namun setelahnya tidak ingat atau tidak paham apa yang sedang kamu baca, itulah yang disebut dengan membaca pasif.

Hal terpenting dari kegiatan membaca buku yaitu memahami apa yang dapat diambil dari buku tersebut untuk kehidupan sehari-hari. Dan cara terbaik untuk bisa memahami isi buku adalah dengan aktif dalam membaca dan sadar akan apa yang kamu baca.

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Bikin Resolusi Membaca Buku Lebih Banyak

3. Mulai dengan metode skimming 

5 Cara Membaca Buku Efektif agar Paham Banyak Informasiilustrasi membaca (pexels.com/Christina Morillo)

Skimming adalah metode yang digunakan untuk memahami cepat teks tanpa benar-benar membaca semua isinya. Kamu bisa mulai dari menelusuri daftar isi, membaca judul-judul setiap bab dan sub-babnya, membaca sinopsisnya, hingga mencoba membuka beberapa halaman.

Ini akan benar-benar membantu kamu untuk dapat memahami kerangka buku dan setiap isinya. Salah satu manfaat dari melakukan metode skimming ini adalah kamu bisa mendapatkan gambaran umum mengenai isi buku tersebut dan bagaimana kira-kira alurnya.

4. Baca semua bagian isi buku 

5 Cara Membaca Buku Efektif agar Paham Banyak Informasiilustrasi membaca (pexels.com/Min An)

Tips selanjutnya tentunya yang paling penting adalah membaca semua bagian isi buku. Dan perlu diingat untuk selalu membacanya dengan aktif bukan pasif. Membaca dengan aktif berarti kamu harus fokus dengan semua isi bacaannya. Usahakan untuk tidak multitasking atau membacanya sambil melakukan hal lain.

Jika kamu merasa kesulitan untuk fokus dan konsisten dalam membaca. Kamu bisa memasang atau mengatur timer dan mengambil jeda istirahat setiap beberapa menit sekali. Agar mata tidak mudah lelah. Selain itu, sebaiknya kamu membaca buku dengan perlahan agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

5. Membuat notes dan menandai bagian penting 

5 Cara Membaca Buku Efektif agar Paham Banyak Informasiilustrasi menulis (pexels.com/cottonbro studio)

Hal terakhir supaya bisa membaca buku dengan efektif adalah mengambil jeda untuk menulis notes, atau menandai bagian-bagian yang dirasa penting. Jika kamu membaca buku berbentuk digital, dapat dengan mudah untuk menambahkan highlight atau bookmarks.

Mengapa menulis notes atau meng-highlight itu penting? Karena jika kamu tidak melakukannya akan sulit bagimu untuk mengingat isi buku secara keseluruhan. Dengan adanya notes, kamu jadi punya panduan serta pengingat untuk bagian-bagian yang penting.

Semoga cara ini sangat bermanfaat dan kebiasaan membaca kamu jadi lebih produktif. Jika kamu merasa kesulitan, bisa memulai dengan mempraktikkannya satu per satu tanpa perlu buru-buru.

Baca Juga: 5 Tips Membaca Buku Nonfiksi, Gak Bakal Bikin Ngantuk! 

Rendy Firmansyah Photo Verified Writer Rendy Firmansyah

Seorang mahasiswa yang mencoba menekuni bidang kepenulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya