Comscore Tracker

Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Lengkap dengan Artinya

Doa iftitah ini sering dibaca oleh Rasulullah SAW, lho!

Doa iftitah merupakan doa yang dibaca setelah takbiratul ihram dalam salat. Doa yang dibaca setelah takbiratul ihram tersebut, termasuk dalam doa yang sunnah. Selain itu, doa iftitah memiliki banyak referensi bacaan. Mulai dari yang pendek hingga yang panjang.

Salah satunya doa iftitah allahumma baid baini. Melansir dari muslim.or.id, doa iftitah tersebut biasa dibaca Rasulullah SAW dalam salat fardu. Berdasarkan penjelasan Ibnu Hajar dalam Fathul Baari (2/183), doa iftitah allahumma baid baini adalah doa yang paling shahih diantara doa iftiftah lainnya.

Yuk, kita simak bacaan latin doa iftitah allahumma baid baini dan artinya!

Baca Juga: 11 Keutamaan Salat Fardu dan Amalannya Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Doa iftitah allahumma baid baini dan artinya

Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Lengkap dengan ArtinyaIlustrasi takbiratul ihram (pexels.com/MichaelBurrows)

Allahumma Baa'id baiynii wa baiyna khothooyay kamaa baa'adta baiynal masyriqi wal maghribi, Allahumma naqqinii minal khothooya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad dannasi, Allahummaghsil khothooyaya bilmaa i wats tsalji wal barodi

Artinya:

"Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin.” (HR.Bukhari 2/182, Muslim 2/98)

Itulah doa iftitah allahumma baid baini yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW dalam salatnya. Cukup mudah dihafalkan, bukan? Yuk, amalkan agar salat kita semakin mirip dengan rasul kita.

Baca Juga: Doa Rukuk Salat Fardu: Tata Cara, Bacaan Latin, dan Artinya

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya