Comscore Tracker

50 Ucapan Pernikahan Katolik, Menyentuh dan Penuh Makna

Gak cuma sekadar ucapan selamat, tapi juga berbalut doa

Pernikahan menyatukan dua insan dalam sebuah ikatan sakral. Butuh komitmen tinggi dalam menjalani hubungan jangka panjang tersebut.

Sebagai tamu undangan, alangkah baiknya jika kita memberikan dukungan berupa ucapan selamat. Namun, gak cuma sebatas ucapan selamat, kamu juga bisa menyisipkan kalimat doa dan harapan bagi kedua mempelai.

Nah, berikut ini adalah 50 ucapan pernikahan Katolik yang penuh makna dan menyentuh. Ada apa saja? Yuk, langsung scroll ke bawah!

1. Ucapan pernikahan Katolik formal

50 Ucapan Pernikahan Katolik, Menyentuh dan Penuh Maknailustrasi pernikahan (Pixabay.com/StockSnap)

Semisal ada rekan kerjamu yang menikah, tapi kamu gak terlalu dekat dengannya, kamu bisa menggunakan ucapan-ucapan bernada formal berikut. Meskipun formal, kesannya gak kaku, kok!

  1. Semoga Tuhan memberkati kamu dan pasangan!
  2. Selamat menikah. Semoga kamu dan pasangan mendapatkan cinta dan kebahagiaan seumur hidup!
  3. Selamat menikah dan berbahagia. Semoga kalian menjadi pasangan yang senantiasa diberikan rahmat dan kasih Tuhan.
  4. Happy Wedding! Semoga hari pernikahan ini menjadi awal dari hidup yang panjang dan bahagia bersama selamanya.
  5. Happy Wedding! Semoga cinta dan kebahagian di hari pernikahan ini akan terus bersinar selamanya.
  6. Selamat berbahagia, ya! Semoga Tuhan selalu membimbing dan mengasihi kalian dengan rahmat-Nya sehingga menjadi keluarga yang penuh taat di jalan-Nya.
  7. Selamat menempuh hidup baru. Semoga Tuhan memberkati dan memberikan keturunan yang beriman sehingga mampu menjadi keluarga yang sejahtera.
  8. Semoga selalu berjalan bersama dalam cinta yang bahagia sambil percaya atas rahmat Tuhan yang membimbing kalian dari atas.
  9. Dengan pernikahan ini, semoga Tuhan selalu memberimu semua berkah hidup dan kegembiraan.
  10. Selamat menempuh hidup baru! Saya harap, kalian menjadi keluarga yang berbahagia dan selalu diberkati oleh Tuhan.
  11. Selamat menikah, saya kirimkan doa untuk cinta dan kebahagiaan tanpa akhir kepada kalian!
  12. Selamat atas pernikahan kalian hari ini! Saya harap, kalian menikmati kegembiraan dan kebahagiaan yang layak kalian berdua dapatkan!
  13. Happy Wedding! Hari ini, kamu akan memulai petualangan baru dalam hidup dengan pasanganmu.
  14. Selamat berbahagia. Pernikahan adalah gerbang menuju kehidupan penuh misteri. Selami, arungi, lintasi, dan jalani dengan optimistis dan penuh rasa syukur kepada Tuhan.
  15. Selamat menempuh hidup baru. Bersukacitalah dalam cinta kalian satu sama lain! Tuhan memberkati kalian sekarang dan selamanya.

2. Ucapan pernikahan Katolik yang simpel, tapi berkesan

50 Ucapan Pernikahan Katolik, Menyentuh dan Penuh Maknailustrasi mempelai laki-laki dan perempuan (Unsplash.com/Євгенія Височина)

Ucapan pernikahan Katolik yang simpel di bawah ini pas buat yang gak bisa basa-basi, tapi pengin ngucapin kata-kata yang berkesan. Ada apa saja?

  1. Selamat menikah! Doa terbaik untuk kalian!
  2. Semoga pernikahanmu bahagia dan bertahan selamanya, ya!
  3. Selamat untuk pernikahan yang panjang dan bahagia!
  4. Semoga pernikahanmu selalu diberkati, ya!
  5. Selamat menikah, semoga Tuhan selalu menyertai pernikahan kalian!
  6. Selamat menempuh bahtera rumah tangga. Semoga pernikahanmu sekuat imanmu!
  7. Semoga cinta yang kalian mulai hari ini bisa tumbuh lebih kuat saat tua bersama nantinya!
  8. Selamat untuk pernikahan kalian, cinta adalah berkah terbesar!
  9. Dari cinta Tuhan, semua cinta mengalir. Selamat pengantin baru!
  10. Semoga Tuhan memberkati kalian hari ini dan nanti!

Baca Juga: Ucapan Janji Pernikahan Katolik dan Maknanya

3. Ucapan pernikahan Katolik untuk sahabat

50 Ucapan Pernikahan Katolik, Menyentuh dan Penuh Maknailustrasi mengucapkan selamat kepada sahabat yang menikah (Unsplash.com/Jeremy Budiman)

Gimana kalau si bestie yang menikah? Gak perlu bingung karena kamu bisa menyampaikan kalimat-kalimat berikut kepada sahabat tercintamu. Dia pasti bakal senang mendengarnya!

  1. Congratulations on your wedding, Bestie! Semoga kasih dan rahmat Tuhan selalu mengiringi perjalanan rumah tangga kalian kini dan nanti.
  2. Puji Tuhan, lengkap sudah sosok yang selama ini kamu cari, Sahabatku. Semoga Tuhan selalu menguatkan kalian dalam suka maupun duka. Selamat menikah!
  3. Happy Wedding! Semoga menjadi suami dan istri yang selalu berada di jalan keselamatan dan diberkati oleh suka cita-Nya.
  4. Happy Wedding, Sob! Semoga menjadi suami yang berbakti kepada keluarganya.
  5. Kukirimkan doa terbaikku untukmu. Semoga menjadi keluarga bahagia dan harmonis dalam kasih-Nya. Tuhan memberkati. Amin.
  6. Selamat menempuh bahtera rumah tangga baru untuk sahabatku yang luar biasa dengan pasangan barunya!
  7. Selamat menempuh fase baru dalam kehidupan sahabatku. Berjanjilah untuk hidup bersama dan menjadi pasangan yang saling setia seumur hidup.
  8. Selamat menikah, ya! Semoga menjadi keluarga yang langgeng dan Tuhan selalu mengiringi setiap langkah kalian dalam mewujudkan kehidupan pernikahan impian.
  9. Happy Wedding, Sobat! Semoga Tuhan senantiasa memimpin dan menjaga rumah tangga barumu.
  10. Selamat menempuh hidup baru, Bro! Semoga menjadi pasangan yang saling menguatkan dalam rahmat Tuhan dan tidak tercerai berai hingga maut yang memisahkan.
  11. Kuucapkan selamat paling hangat atas pernikahan sahabatku. Selamat menikah, semoga kalian bisa bersikap baik satu sama lain, ya!
  12. Satu pesanku untuk kamu: Nikmati hari, nikmati hidup, dan nikmati satu sama lain.
  13. Selamat buat pernikahannya, Bestie! Semoga cepat diberi momongan, ya!
  14. Selamat mengarungi kehidupan baru temanku! Semoga kalian bisa selalu tertawa bersama, ya!
  15. Ini bukanlah puncak, melainkan awal kisah cintamu, bersatu dan terikat dalam cinta Tuhan. Selamat, Sahabat!

4. Ayat-ayat Alkitab tentang pernikahan

50 Ucapan Pernikahan Katolik, Menyentuh dan Penuh Maknailustrasi rosario dan Alkitab (Pexels.com/Pixabay)

Di samping ucapan selamat, kamu juga boleh banget menyisipkan sejumlah ayat dari Alkitab. Sesuai tema suasananya, kamu bisa memilih ayat-ayat Alkitab tentang pernikahan yang menurutmu paling cocok. Contohnya adalah yang berikut ini:

  1. "Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu, 'Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.' Sebab itu, seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya sehingga keduanya menjadi satu daging." (Kejadian 2:22–24).
  2. "Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan." (Kolose 3:14).
  3. "Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia." (Matius 19:6).
  4. "Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah." (Kolose 3:15).
  5. "Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab, persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau, bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?" (Korintus 6:14).
  6. "Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera." (Efesus 4:2–3).
  7. "Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya." (Efesus 5:25).
  8. "Hai suami-suami, kasihilah istrimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia." (Kolose 3:19).
  9. "Hai istri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh." (Efesus 5:22–23).
  10. "Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati suaminya." (Efesus 5:33).

Itulah 50 ucapan pernikahan Katolik yang penuh makna dan menyentuh. Kamu bisa memakai ucapan-ucapan di atas apabila ada sanak saudaramu yang menjalani pernikahan.

Baca Juga: 20 Ide Ucapan Pernikahan untuk Mantan Pacar dalam Bahasa Inggris

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya